Mengupas Detail Renault Zoe, Mobil Listrik Terlaris di Eropa
19
May
2021
0 Comment Share Likes 37 View

Di saat Tesla digandrungi gila-gilaan di Amerika, Eropa punya andalannya sendiri, yakni merek asal Prancis, Renault Zoe. Sama-sama mobil yang menawarkan konsep ramah lingkungan bertenaga listrik, lalu apakah yang menarik dari Renault Zoe yang kabarnya merupakan mobil terlaris di Eropa ini?

 

Spesifikasi Penting Renault Zoe

 

sumber

 

Renault Zoe merupakan mobil dengan konsep GT Coupe yang berkesan hatchback dua pintu. Kelihatannya memang begitu, padahal mobil ini dilengkapi dengan empat pintu dengan bagian pintu belakang yang memang tersamarkan.

Salah satu senjata Renault untuk menguasai pasar mobil listrik di Indonesia ini dilengkapi dengan dua pilihan motor listrik yang bisa  disesuaikan dengan kebutuhan. Ada R110 yang dilengkapi dengan tenaga 108 dk dan torsi 225 Nm. Ada juga  R135 dengan tenaga 135 dk dan torsi 245 Nm. Sumber tenaga Renault Zoe sendiri adalah baterai 52 kWh yang diklaim mampu menyediakan listrik untuk melaju hingga jarak 394,2 km.

Soal kenyamanan mengendarainya, rasanya mobil listrik secara general tidak perlu dipertanyakan lagi, ya! Seperti mobil listrik lainnya, kekuatan dan daya yang dihasilkan tersebut  membantu Renault Zoe untuk memiliki karakter torsi yang instan, akselerasi cepat, dan halus. Selain itu, mobil ini juga dilengkapi dengan B-Mode yang berguna memaksimalkan pengereman regeneratif dan tidak lupa fitur E-Shifter untuk membantu perpindahan mode maju atau mundur lebih praktis.

 

Dilengkapi Dengan Teknologi

 

 

sumber

 

Sayang rasanya jika mobil listrik tidak dilengkapi dengan berbagai teknologi yang mumpuni. Tenang saja, Renault Zoe sebagai mobil Eropa juga nggak ketinggalan zaman. Untuk penggunaan di dalam mobil, lihat saja panel instrumen berlayar TFT dengan ukuran 10  Inch  yang dilengkapi dengan layar head unit 9,3 Inch. Layar ini bukan diisi dengan sistem biasa, namun yang sudah kompatibel untuk mendukung konektivitas Apple CarPlay dan Android Auto. Bayangkan mobil yang praktis dan terkoneksi jadi lebih nyaman digunakan!

Tingkat kepraktisannya juga nggak perlu diragukan. Untuk parkir saja, Renault Zoe juga sudah ditambahkan fitur Easy Park Assist. Jadi, memarkir kendaraan akan lebih mudah dan praktis. Perkara parkir bukan lagi masalah. 

 

Komitmen Ramah Lingkungan

 

sumber

 

Komitmen Renault untuk memastikan produksinya yang satu ini lebih ramah lingkungan juga bukan sebatas pada fungsinya yang digerakkan oleh listrik secara penuh. Komitmen ini didukung oleh peningkatan jumlah riset yang mereka lakukan untuk mengurangi emisi yang dilakukan dalam proses pembuatan atau penggunaan Renault Zoe, lho!

Lihat saja bahan yang digunakan di jok, dashboard cover, dan dasar konsol utama yang ternyata dibuat 100% dari limbah sisa pembuatan seatbelts. Serat daur ulang ini diproses dengan cara yang tradisional, yaitu menggunakan metode carding yang menguraikan serat tanpa perlu peleburan atau pemrosesan kimiawi, sebelum akhirnya mengolahnya sebagai bahan dasar.

Keistimewaan lainnya, ide yang ditawarkan Renault Zoe ini bukan hanya mencontohkan proses pengolahan daur ulang yang dilakukan untuk sampah secara general, tapi juga dari industri mobil dengan proses daur ulang loop pendek. Kain yang digunakan juga mengandung serat PET dari botol plastik daur ulang.

 

Makin nggak ada alasan buat nggak cinta sama mobil Renault Zoe yang memiliki daya angkut 5 bangku penumpang ini, kan? Kalau di Eropa mobil ini bisa dijual seharga Rp 500 jutaan, di Indonesia ada yang tahu berapa?

SAMPAIKAN KOMENTAR