Mengulik EBISU 'Drift Playground'
05
Dec
2019
0 Comment Share Likes 788 View

Ebisu Sirkuit, bagi para drifter atau penggemar otomotif tentunya sudah tidak asing mendengar nama Ebisu Sircuit yang berletak di Sawamatsukura, Nihonmatsu-shi, Fukushima Prefecture, Japan. Di Ebisu sirkuit menyediakan beberapa fasilitas dari mulai sirkuit yang di bagi menurut pengklasifikasian, panjualan mobil mobil drifting beserta part partnya, dan garasi guna menyimpan mobil mobil drift kita jika kita tinggal di jepang.

Beberapa orang beranggapan bahwa Sirkuit Ebisu dekat dengan Tokyo, tetapi ini tidak sepenuhnya benar. Pada kenyataannya kita harus menempuh sekitar tiga setengah jam perjalanan ke utara dari tokyo untuk sampai ke Ebisu sirkuit bahkan kadang-kadang bisa memakan waktu hingga 4 jam jika kita berkendara santai atau terjebak kemacetan. Anda bisa menuju ke Fukushima lebih cepat dengan kereta, tetapi anda tidak bisa langsung menuju Ebisu sirkuit dengan kereta api, karena dari stasiun kereta jalanan menuju Ebisu lumayan menentang dan lumayan jauh.

Kompleks Ebisu Sirkuit memiliki 7 trek individual ditambah 2 sirkuit Skidpad. Berikut nama nama sirkuit yang ada di komplek Ebisu, Nishi pada bagian Barat, Kita pada bagian Utara, Higashi pada bagian  Timur, Minami pada bagian  Selatan, serta Drift Land, Kursus Sekolah, jalur pegunungan atau biasa di sebut The Touge dan 'KuruKuru Land' yang merupakan skidpad. Sirkuit yang paling terkenal adalah jalur Minami di bagian Selatan yang digunakan untuk D1 dan acara drifting lokal maupun internasional lainnya. Sirkuit Higashi di bagian Timur memiliki track lurus utama sepanjang 420 meter dengan 20 garasi paddock di lantai dasar dan biasa digunakan untuk trackday atau balap grip. Dirancang  dan dibangun oleh Drifter Nobushige Kumakubo, Sirkuit Ebisu adalah salah satu sirkuit berbasis drifting yang di dunia. Namun, di Nobushige juga mengadakan event balapan serta acara olahraga motor lainnya termasuk Endurance Races, FJ1600 Races dan pada tahun-tahun sebelumnya. Kompleks ini juga memiliki taman Safari fasilitas Sirkuit Ebisu sebenarnya 'digabungkan' dengan Taman Safari Tohoku, jadi komplek sirkuit Ebisu ini benar-benar taman hiburan untuk otomotif dan kebun binatang, di beberapa tempat sekitaran komplek Ebisu sirkuit kita dapat menemukan beberapa mobil wisata dengan livery hewan hewan.

Ebisu sirkuit tidak seperti sirkuit normal di mana Anda hanya bisa memakainya ketika ada acara atau hari tertentu. Di sirkuit Ebisu adalah kebalikannya! Kecuali jika ada acara khusus yang diadakan hari itu. Kita juga dapat membeli tiket masuk kapanpun kita mau (pengecualian pada track tertentu). Aturan di sirkuit ini? Ya seperti kebanyakan sirkuit lokal pada umumnya Kenakan helm dan sarung tangan, dan jangan menjadi idiot. Saat kita membeli tiket untuk masuk atau memakai sirkuit Ebisu kita akan di beri kartu yang dimana di kartu itu di tuliskan "Silakan laporkan ke resepsionis jika Anda mengalami kecelakaan". Jadi ya sirkuit ebisu ini mirip mirip lah dengan nurburgring.

Kita bisa datang ke Sirkuit Ebisu setiap hari untuk liburan bertema otomotif, menikmati pemandangan Sirkuit Ebisu, atau hanya mennton acara yang sedang berlangsung di Ebisu. Tetapi jika kita ingin mencoba menjadi pembalap, kita benar-benar perlu pergi ke sana untuk mencoba lintasan Ebisu sirkuit Sebagai seorang pengemudi, salah satu acara drift terkenal di jepang yang diselengarakan di Ebisu adalah Drift Matsuri triannual dan D1GP di Minami adalah salah satu acara drift paling popular yang yang di rekomendasikan oleh beberapa petrolhead.

Untuk akomodasi di sekitaran sirkuit Ebisu, kita tidak perlu memasang tenda untuk bermalam, tetapi kita juga tidak bisa terlalu memilih untuk akomodaasi yang tersedia ketika datang ke Ebisu. Jangan berharap untuk menemukan hotel mewah bintang 5 di dekatnya. Ini juga berlaku ketika acara besar sedang berlangsung, jadi pastikan untuk memesan jauh jauh hari sebelum event berlangsung.

Selama acara Drift, Matsuri dan Drift Heaven berlangsung Power Vehicle membuka pondok mereka dan melakukan pemesanan dalam jumlah banyak dan tentunya akan susah untuk menemukan akomodasi yang nyaman. Cara terbaik adalah anda tetap di kota Nihonmatsu, yang berjarak 15 menit berkendara dari Ebisu. Atau, jika Anda tidak terlalu mementingkan kenyamanan atau budget yang pas pasan, ada Dake Onsen, kota kecil dengan resor pemandian air panas yang hanya berjarak sepuluh menit dari sirkuit Ebisu. Terakhir jika anda mempunyai budget yang cukup plus menginginkan suasana berbeda ada kota Fukushima, yang berjarak sekitar setengah jam perjalanan dari sirkuit Ebisu.

Jadi bagi kalian para petrolhead khususnya yang sangat mengidolakan olahraga drifting sangatlah wajib mengunjungi Ebisu Sirkuit. Raungan mesin mesin jahat dengan power yang berlimpah, kepulan asap yang mampu membuat anda susah bernafas , dan mobil mobil RWD yang meliuk liuk berdansa diatas sirkuit yang membuat anda bedrecak kagum, Ini adalah surga bagi kalian.

SAMPAIKAN KOMENTAR