Menguak Sisi Gelap Dibalik Sejarah Balap NASCAR
29
May
2018
0 Comment Share Likes 3159 View

Pada sekitar tahun 1920-an, pemerintah Amerika Serikat sempat melarang peredaran minuman keras. Akibatnya, pengusaha maupun distributor mulai memutar otak dan mencari akal agar minuman keras yang sudah diproduksi tetap bisa didistribusikan ke tempat yang membutuhkan stok minuman keras. Akhirnya, mereka menggunakan mobil yang telah dimodifikasi untuk menyelundupkan minuman keras. Mobil-mobil tersebud dibuat lebih kencang dibandingkan standarnya agar mobil bisa tetap stabil ketika terpaksa harus kabur dari kejaran polisi.

Adanya persaingan pada distribusi minuman keras membuat antar pengusaha saling mengklaim bahwa mobilnya merupakan mobil paling cepat dengan pengemudi yang paling handal. Hal tersebut akhirnya membentuk persaingan tersendiri. Namun, aktivitas ini berhenti setelah pada tahun 1933, pemerintah negeri Paman Sam mengubah peraturan distribusi minuman kerasnya.

Menguak Sisi Gelap Dibalik Sejarah Balap NASCAR

Image source: https://www.sportsblog.com/

Kisah diatas adalah sebuah kisah yang benar-benar terjadi di Amerika Serikat sekaligus menjadi asal muasal balap NASCAR diselenggarakan. Mobil yang sebelumnya digunakan sebagai alat transportasi distribusi minuman keras sudah terlanjur dimodifikasi habis-habisan. Maka, daripada mobil tersebut tidak dipakai, akhirnya dibuatlah sebuah acara balapan kecil berhadiah uang.

Acara balapan tersebut berlangsung di Wilkes County, North Carolina. Meskipun baru balapan kecil, namun ternyata sudah berhasil mengundang penonton. Hal ini menarik perhatian Bill France yang berencana membuatkan ajang balapan resmi pada tahun 1947. Bill France kemudian mendatangi pihak American Automobile Association atau AAA untuk mendapatkan dukungan finansial.

Menguak Sisi Gelap Dibalik Sejarah Balap NASCAR

Image source: https://www.usatoday.com/

Namun, AAA ternyata tidak berpihak pada Bill France. Akhirnya Bill France membuat aturan balapan sendiri termasuk mengenai sponsor dan hadiah. Balapan kemudian diberi nama National Championship Stock Car Circuit atau NCSCC yang pada tahun 1947 pemenangnya akan mendapat uang sebesar USD 1000 dan juga sebuah piala. Balapan ini pertama kali dilaksanakan pada bulan Januari 1947 dan berakhir di bulan Desember 1947 dengan 40 seri. Saat itu, pemenangnya adalah Fonty Flock yang telah menjuarai 7 kali balapan dari 24 seri yang diikutinya.

Format balapan NASCAR baru dibentuk setahun setelah NCSCC diselenggarakan. Sebenarnya nama NASCAR adalah sebuah singkatan dari National Association for Stock Car Auto Racing yang didirikan oleh Bill France. Balap NASCAR masih eksis hingga sekarang dalam naungan Brian France yang merupakan cucu dari Bill France.

Saat pertama dibangun, NASCAR terdiri atas tiga kelas yaitu kelas Modifikasi, kelas Roadster, dan kelas Strictly Stock. Kelas Modifikasi dan Roadster dipandang lebih menarik bagi fans, namun karena fans tidak setuju, maka kelas Roadster dicoret. Kelas modifikasi sekarang dikenal sebagai Whelen Modified Tour. Sedangkan Kelas Strictly Stock merupakan kelas dimana mobil sedan keluaran setelah perang dunia kedua diperlombakan. NASCAR musim 1948 ini memperlombakan sebanyak 52 lomba di trek tanah. Balapan pertama berlangsung di Daytona Beach tanggal 15 Februari 1948.

Menguak Sisi Gelap Dibalik Sejarah Balap NASCAR

Image source: http://adventurecaravans.com/

Yang unik dari balap NASCAR adalah pembalap boleh membeli mobil dari perusahaan NASCAR. NASCAR akan membuatkan mobil balap sesuai dengan keinginan dan spesifikasi yang diharapkan oleh pembalap. Tentu saja mobil tersebut dirancang dengan bahan dan cara yang terbaik.

NASCAR juga pernah mencatatkan diri sebagai salah satu olahraga yang paling banyak ditonton di televisi Amerika Serikat setelah National Football League. Di luar Amerika, bahkan NASCAR juga ditayangkan ke lebih dari 150 negara. Bahkan, penghasilan NASCAR dari sponsorship melebihi ajang balap lain yang sangat terkenal seperti Formula 1 dan juga MotoGP.

Cover image source: https://www.pinterest.com/

SAMPAIKAN KOMENTAR