Mengenal Toyota GT ONE
29
Jan
2020
0 Comment Share Likes 633 View

Toyota GT-One dengan kode model TS020 adalah mobil balap yang awalnya dikembangkan untuk aturan grand touring GT1, tetapi kemudian beradaptasi menjadi mobil prototype untuk LMGTP Le Mans pada tahun 1998 dan 1999. Setelah era Grup C berakhir sekitar tahun 1994, Toyota memutuskan untuk mengubah rencananya dalam balap mobil sport dengan pindah ke kelas GT. Beralih ke Eropa, Toyota yang berbasis di Cologne, Jerman, dengan nama Toyota Team Eropa (TTE) dan menggembangkan mobil GT baru. Dengan mengambil jarak selama satu tahun, TTE dapat melihat dan menerka apa yang bisa dikembangkan lebih baik untuk kompetisi kelas GT. Pada tahun 1997, Mercedes-Benz CLK GTR dan Porsche 911 GT1 adalah mobil dominan di kelas GT, mereka yang mengeksploitasi celah dalam aturan yang berlaku pada saat itu. Setiap mobil adalah legal supercar yang khusus di buat dan hanya segelintir mobil produksi yang dapat dibuat untuk mengikuti homologasi. TTE menyadari bahwa  sebenarnya hanya perlu membangun satu mobil produksi massal untuk bisa memenuhi peraturan homologasi, sehingga TTE membuat Toyota GT One TTE adalah mobil yang tidak akan pernah benar-benar dijual umum (hanya untuk memenuhi persyaratan bahwa mobil kelas GT harus ada versi road legalnya), dan khusus di gunakan pada ajang balap. TTE mulai merancang dan memproduksi sasis berbahan serat karbon dan bodywork yang mempunyai aerodinamika sangat bagus, sementara Toyota memasok mesin R36V 3.6 L Turbo V8 yang sangat powerfull, awalnya mesin ini mereka gunakan pada mobil Grup C.

TTE juga mengembangkan dua mobil road legal untuk seri GT-One, beberapa persyaratan di perlukan agar mobil balap tersebut memenuhi syarat sebagai Grand Tourer yang berbasis dari mobil biasa. GT-One road legal ini dicat merah dan dilengkapi dengan interior dasar. Satu unit GT-One dimasukkan ke salah satu museum di Jepang, dan yang satunya dipajang di Toyota Motorsport GmbH, Cologne, Jerman. Interior dengan stir kanan dengan Jendela yang tidak bisa terbuka, seluruh panel tombol berada di belakang setir mobil jalan super cepat ini, dengan shifter transmisi enam percepatan , dilengkapi juga dengan pemantik rokok tetapi tidak ada asbak seperti mobil mewah pada jamanya. Namun masih ada sesuatu yang menarik yaitu interior kulit berwarna coklat yang melapisi seluruh bagian dalam mobil. Itu semua di atas adalah bagian interior dari GT-One. Untuk masuk kedalam kabi diperlukan effort yang ccukup karena body samping yang agak naik dan sisi lebar pada body samping yang berbahan serat karbon. tetapi setidaknya kalian bisa mengagumi saluran udara yang sangat besar di bagian samping guna mengoptimalkan pendinginan di dalam mesain.

Toyota GT-One menggunakan mesin V-8 twin-turbo berkapasitas 3,6 liter yang sama dari versi GT-One balap, mesin ini merupakan versi terbaru dari mesin yang di gunakan Toyota dalam balap Grup C pada awal 1990-an. Ruang mesin yang rumit berada di bagian belakang pengemudi dan tidak terlihat jauh berbeda dari versi GT-One balap. Tidak ada lembar spesifikasi lengkap untuk mobil versi road legal ini, tetapi untuk spek pada versi balapnya kalian bisa melihat mobil ini menggunakan mesin V8 Twin Turbo Garrett mid engine berpenggerak roda belakang yang di padukan dengan transmisi TTE six-speed sequential dan dengan kopling Sachs quad-plate carbon, pada bagian kaki kaki mobil ini menggunakan suspensi bertipe Double wishbone dan pushrod di padukan dengan pelek berdiameter 18 inch besutan dari Speedline forged yang berbahan magnesium dan pada sistem pengereman menggunakan Carbon ventilated discs serta AP Racing six-pot calipers. Beberapa sumber mengatakan bahwa Toyota GT-One versi road legal ini dapat menghasilkan lebih dari 600Hp dengan berat mobil yang hanya 903 kilogram, tentu saja mobil ini mendapatkan pembatasan limiter untuk output dayanya.

Dua GT-One yang dirakit oleh TTE di Jerman, adalah aset bagi dunia balap dan Toyota sendiri tentunya. Toyota sendiri tidak berpikir mobil khusus ini pernah di jadikan mobil road legal dan juga tidak pernah diproduksi secara masal. Karena spesifikasi dari dimensi mobil ini pun kurang layak untuk di pakai di jalanan. Jika kalian menginginkan mobil ini lupakan ergonomi pada interiornya dan Toyota GT-One ini begitu rendah sehingga hanya setengah dari ukuran MVP jaman sekarang, dan mobil ini pun ground clereance nya sangat pendek. Melihat sisi depan dari mobil ini mengadaptasi dari sirip deepan mobil F1 yang dimana bentuk body meruncing ke depan tanpa ada bumper konvensional, lalu pada bagian belakang terdapat wing yang sangat besar guna mengakomodir aerodinamika mobil ini.

So bagi kalian yang sangat menyukai ajang balap Le-Mans atau sering bermain Grand Turismo pasti tidak asing dengan mobil ini kan?

SAMPAIKAN KOMENTAR