Mengenal R/C Adventure, Bukan Hobby Kaleng Kaleng?
13
Feb
2020
0 Comment Share Likes 268 View

Bagi penikmat RC diseluruh dunia, tentunya sudah tidak asing dengan RC ber genre adventure, tantangan untuk menaklukkan medan yang sulit adalah hal yang sangat di gemari oleh para pecinta RC adventure. RC adventure sendiri adalah miniatur yang lengkap seperti mobil aslinya dengan ban besar, ground clearance yang tinggi, rangka, lampu, winch, hingga interior lengkap dan sistem suspensi yang mnyerupai aslinya. Mainan kelas hobi ini juga memiliki sistem penggerak four wheel drive (4X4), di kombinasikan dengan motor listrik yang kuat sekaligus dengan durability yang sangat tangguh. Membangun kendaraan RC sendiri membutuhkan referensi dari mobil aslinya juga seperti aksesoris aksesoris yang terpasang pada body mobil RC, bahkan terkadang sampai memiliki suara semirip mungkin dengan mobil aslinya, tingkat detailing pun tak luput dari para penghobby RC adventure ini. Beberapa hal yang perlu kalian ketahui untuk memulai mengeluti RC adventure akan kita bahas di bawah.

Yang pertama untuk kalian perhatikan adalah dana. Ya karena ini bukan hobby yang murah maka siapkan dana cukup untuk membeli seperangkat mainan RC ini mulai dari unit RCnya, remote control, batre, hingga aksesoris pendukung. Beberapa brand RC terkadang sudah memberikan paketan yang di butuhkan untuk bermain RC adventure yang biasa di sebut RTR. Untuk RTR sendiri biasanya sudah dirakit dan dilengkapi piranti elektronik seperti (motor, ESC dan servo) yang sudah ada dari pihak pabrikan, tetapi biasanya masih perlu membeli baterai serta charger secara terpisah. Sedangkan bagi kalian yang menginginkan perakitan dan RC yang sesuai dengan keinginan kalian bisa memilih versi Kit. Untuk versi kit sendiri terdiri dari berbagai part terpisah yang harus dirangkai menurut manual book yang tertera di paketnyadan tentunya memerlukan peralatan / tools yang memadai. Selain itu versi kit juga membutuhkan komponen elektronik yang dapat di beli sesuai dengan kebutuhan. Kebanyakan dari mereka yang baru dalam hobi RC adventure ini memilih versi RTR, karena lebih murah dan masih bisa di upgrade untuk beberapa partnya.

Untuk selanjutnya apa saja yang di perlukan untuk membuat satu buah RC adventure? Komponen utama sebuah RC adventure adalah

  • Chassis dan Body: Kebanyakan frame atau chassis dari RC ini terbuat dari stainless stell maupun almunium disertai beberapa bagian plastik. Untuk bagian body biasanya terdiri dari satu bagian dan dapat di cat sesuai keinginan pemilik. Soft body ini biasanya terbuat dari bahan lexan dan hard body yang terbuat dari plastik tebal dengan tingkat detailing yang variatif.
  • Ban, Velg, dan Drivetrain: Ban untuk RC Adventure biasaanya terbuat dari karet lunak yang memiliki profil serta tapak yang mirip dengan ban asli, pada ban tertentu juga ada yang dilengkapi dengan tire insert foam atau semacam busa sebagai pengganti udara. Velg nya sendiri ada yang terbuat dari plastik dan metal dengan berbagai varian, bahkan beberapa ada yang sudah menganut velg beadlock. Banyak RC adventure yang menggunakan transmisi, drivelines, u-joints dan differentials untuk mengerahkan tenaga ke roda. Seluruh komponen tersebut boleh dibilang replika dari kendaraan asli karena sistem kerjanya juga sama dengan aslinya.

  • Motor, servo, dan ESC : RC yang beredar sekarang ini lebih banyak menggunakan motor listrik daripada bahan bakar/mesin. Jika digabung dengan baterai LiPo yang tepat motor tersebut secara performa dapat melebihi RC mesin, secara umum motor yang di gunakan untuk RC adventure biasanya waterproof. ESC sendiri merupakan komponen yang cukup vital, karena alat inilah yang akan menangkap signal radio dari Receiver remote untuk menggerakkan dan menyesuaikan kecepatan motor melalui trigger pada remote. ESC yang bagus dapat diprogram ulang sesuai keinginan, seperti pengereman, akselerasi, kecepatan serta berbagai fungsi custom. Lalu ada Servo, servo adalah sistem aktuator yang digunakan untuk menggerakkan roda agar dapat berbelok. Servo sendiri secara umum dikontrol melalui setir yang terdapat pada remote. Fungsi lain dari servo pada RC adventure juga dapat digunakan untuk winch, dan transmisi links.
  • Baterai: Teknologi baterai saat ini telah merubah dunia RC, terlebih dengan tersedianya baterai tipe Lithium-Ion Polymer (LiPo). Baterai ini dapat dengan cepat di charge ulang, menghasilkan tenaga yang melimpah, relatif lebih ringan dan dapat bertahan lebih lama dibandingkan tipe lain.
  • Remote dan Receiver : Jantung dari sebuah RC adalah remote. Benda tersebut dapat digunakan dengan satu ataupun dua tangan dan mengirim perintah steering serta throttle melalui gelombang radio sehingga dapat digunakan pada jarak yang lumayan jauh dan tidak bertabrakan dengan signal remote pengguna lain. Semakin tinggi harga, semakin banyak fitur serta kelebihan yang dimiliki oleh remote tersebut.

RC adventure kelas hobi ini bukan seperti RC yang seharga 500 ribuan. Untuk RTR yang entry level dengan skala 1:10 harga terendah dipasaran adalah 2 juta rupiah. Untuk yang berjenis scx10 harganya mulai dari 5 juta rupiah. RC4WD Gelande dan Trail Finder sekitar 7-8 juta rupiah. Itu belum terhitung untuk upgrade parts. Bukan pemandangan yang aneh bila harga RC kelas kompetisi bisa menembus harga mulai 9 juta rupiah bahkan lebih. Satu hal yang patut di ketahiu bahwa RC adventure ini tergolong sangat awet jika dirawat dengan tepat dan ini juga merupakan investasi tentunya.

SAMPAIKAN KOMENTAR