Mengenal Lebih Dekat Restomod, Saat Mobil Klasik Bertemu Dengan Modifikasi dan Teknologi Modern
29
Jun
2021
0 Comment Share Likes 119 View

Bagi sebagian orang, memiliki mobil klasik tidak hanya sekedar investasi, namun juga sebuah usaha, ada cerita di balik mempertahankan sebuah story. Kalau sudah ngomong soal story behind the car, biasanya tiap mobil memang memiliki kisahnya masing-masing, mulai dari warisan turun temurun hingga perjuangan belinya pakai duit sendiri. 

Namun, tidak selamanya mobil klasik memiliki kondisi yang terus sempurna. Musuh terberat mobil klasik biasanya tidak jauh-jauh dari karat, teknologi jadul, elektrikal hingga sparepart yang biasanya sudah di bilang “Rare”. Maka lahirlah istilah restomod. Buat car enthusiast, istilah restomod mungkin sudah tidak asing lagi ya, Bro.

 

Kenalan Lebih Dekat Istilah Restomod

 

sumber

 

Yap, restomod merupakan singkatan dari restorasi modifikasi. Secara definisi, restomod adalah usaha untuk merestorasi mobil klasik namun dimodifikasi dengan suku cadang dan teknologi modern. Mungkin secara estetika, ketika lo melihat kendaraan yang di-restomod akan kelihatan sama saja, sampai lo melihat ke bawah kap mesin, bagian interior, atau mencoba mengendarainya. 

Usaha pemilik mobil-mobil klasik itu tidak hanya ingin membangun kembali ke kondisi awalnya, namun juga memodifikasi sesuai dengan style yang diinginkan. Ubahan restomod biasanya terjadi di bagian mesin, kenyamanan, dan tampilan. Sepertinya sudah bukan jadi rahasia lagi kalau kenyamanan mobil akan semakin menurun seiring berjalannya usia. Artinya, semakin tua sebuah mobil biasanya makin gak nyaman dikendarai. Mengendarai mobil klasik pasti ada saja keluhan di bagian suspensi, power steering, jok yang kaku, dan sejenisnya. Makanya restomod hadir buat menyelesaikan masalah-masalah yang menyangkut kenyamanan berkendara sampai hingga membuat tampilan kembali luar biasa.

 

Apa Bedanya Konsep Restomod dan Restorasi?

 

sumber

 

 

Walaupun sama-sama mengandung kata “restorasi”, nyatanya konsep restomod jelas beda dengan konsep restorasi secara sendiri. Restomod adalah kombinasi dari sesuatu yang lama dan yang baru, di mana mobil klasik direstorasi dan dimodifikasi pakai komponen serta teknologi modern. Tujuannya adalah untuk memberikan kenyamanan dan performa layaknya mobil baru namun tetap mempertahankan gaya klasik mobil. Sementara konsep restorasi sendiri adalah perbaikan pada mobil klasik dengan setia pada part dan komponen mobil agar sedekat mungkin seperti ketika pertama kali keluar dari pabrik. 

Sebuah mobil dianggap sudah direstorasi kalau menggunakan suku cadang pengganti, namun harus tetap setia dengan spesifikasi aslinya. Katakanlah lo sudah menemukan mobil Toyota Starlet 1993 tapi tidak ada mesinnya. Padahal mobil Starlet itu kondisinya cakep banget dengan semua partnya masih asli. Semakin jauh part yang lo gunakan untuk restorasi dari bawaan mobil aslinya, maka semakin jauh juga proyek restorasi dikatakan berhasil. 

Agar proyek restorasi berhasil, lo tetap butuh mesin baru, tapi tentu saja mesin mobil Toyota Agya gak akan bisa diterima dong. Biar tetap dihitung sebagai proyek restorasi, lo perlu menemukan mesin yang sama dengan aslinya, yaitu mesin dengan kode 4E-FE 1331cc. 

Kalau gak bisa menemukan mesin yang sama, alternatifnya mungkin bisa saja cari mesin 4E-FTE 1331c, tapi jatuhnya udah bukan restorasi lagi, tapi restomod karena 4E-FTE itu mesin untuk Starlet GT Turbo. Terlepas dari apa saja fitur yang bakal diubah pada saat restomod, tujuan utamanya adalah tetap memodifikasi mobil klasik tanpa mengubah tampilan eksterior secara signifikan. 

 

Adhi KZ dan Toyota Starlet

Banyak banget pemilik mobil klasik yang akhirnya memutuskan untuk restomod kendaraannya karena ingin mempertahankan story behind the car, Bro. Salah satunya adalah Adhi KZ dengan Toyota Starlet 1993 warisan orang tuanya. Kalo lo pernah nonton video Driven by Passion Season 2 dengan judul Legacy Resurrect - Toyota Starlet by Adhi KZ, di situ dijelaskan alasannya ingin mempertahankan mobil  yang memiliki sejarah dan cerita panjang tidak hanya untuk dirinya, tapi juga keluarganya.

Respati Adhi a.k.a Adhi KZ memiliki impresi yang tinggi terhadap Toyota Starlet sejak kecil. Toyota Starlet adalah mobil pertama yang dibeli oleh mendiang ayahnya dalam kondisi baru. Saking cintanya dengan Starlet, dua tahun kemudian sang Ayah membeli satu unit mobil dengan tipe yang sama, hanya berbeda warna. Tidak berhenti di situ, bahkan ketika Starlet tersebut rusak akibat kecelakaan, dibelilah sebuah mobil pengganti yaitu Toyota Starlet kapsul keluaran tahun 1993 dalam kondisi baru. Mobil inilah yang hingga saat ini dipertahankan oleh Adhi KZ karena merasa bahwa setiap kali dia mengendarainya akan mengingatkan pada satu per satu kenangan manis masa kecil.

 

sumber

 

Seiring berjalannya waktu, Honda Starlet kapsul tahun 1993 ini diberi nama KS yang diambil dari dua huruf plat nomor bawaan. Adhi berusaha mempertahankan plat nomor tersebut hingga kini karena angka tersebut adalah tanggal pernikahan orang tuanya dan dua huruf di belakang adalah inisial dari Ayah dan Ibunya. Baginya, restomod Toyota Starlet ini selain karena ini mempertahankan cerita warisan, namun juga menjadi ajang untuk menyalurkan passionnya sebagai car enthusiast.

 

Penampilan Starlet Kapsul 1993 yang Apa Adanya Tapi Tetap Punya Selera

 

sumber

 

Awalnya, Toyota Starlet yang diturunkan tersebut berwarna merah maroon. Namun, di tangan Adhi KZ, hatchback penuh memori itu kini berubah menjadi warna biru. Bukan tanpa alasan, karena Adhi pernah mengganti panel per panel mobilnya setelah mengalami kecelakaan, sehingga pernah pada suatu masa, mobil tersebut berwarna belang. Untuk melakukan restomod seperti ini biaya yang dikeluarkan tentu tidak sedikit.

 

sumber

 

Meskipun terlihat banyak yang diubah komponen dan part dari Toyota Starlet kapsul ini, pada akhirnya lo seperti melihat Starlet versi asli tapi dengan beberapa upgrade part. Tidak ada ubahan heboh pada tampilannya, yap benar-benar menggambarkan definisi restomod sesungguhnya.

Pria kelahiran Jakarta ini telah berhasil mengganti empat panel pintu, kaca mobil, karet kaca, fender, lampu beserta braketnya dengan komponen new old stock (NOS). Sementara untuk kap mesin didapatkan dari copotan mobil lain dengan kondisi terbaik. Adhi juga memutuskan untuk mengganti jantung pacu bawaan Starlet dengan Toyota Tercel kapasitas 1.500 cc dengan 4 silinder.

 

sumber

 

Sementara untuk bagian kaki-kaki diganti dengan part miliki Toyota Starlet EP82 GT. Agar terlihat seperti baru, semua komponen kaki-kaki dilakukan powder coating serta buat dilakukan zinc plating. Suspensi mobil dipercayakan ke merek HnR khusus untuk Starlet. Suspensinya menggunakan TRD EP851 di bagian depan dan belakang memakai Kayaba. Peleknya dipilih Enkei RCT5 R15 yang dibalut ban Yokohama Advan Fleva ukuran 195/50. 

Tidak banyak ubahan yang Adhi lakukan pada bagian interior mobil. Dia masih mempercayakan dengan interior bawaan mobil. Namun, jok bawaan Starlet dipensiunkan dan diganti dengan Recaro Expert Mobility karena dia berhasil mendapatkan base frame Recaro dari Starlet EP82GT.

 

sumber

 

Lanjut di bagian eksterior, Starlet biru mungil ini telah berganti wajah dengan EP82 Si dengan ciri di bagian grill depan terdapat tulisan Starlet. Untuk bagian belakang, Adhi mengadopsi gaya Starlet pasar eropa yang menggunakan lampu kabut. Dudukan plat nomor pun dibikin ala UK yang diimpor langsung dari sana.

 

Tertarik buat nyoba restomod juga? Coba kasih tahu di kolom komentar mobil apa yang mau lo restomod, Bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR