Mengenal Lebih Dalam Hill Descent Control
14
Apr
2020
0 Comment Share Likes 535 View

 
Dewasa ini beragam mobil telah dibenamkan fitur fitur mutakhir didalamnya. Tidak hanya fitur entertainment saja, tapi beragam fitur yang berhubungan dengan keselamatan pun ikut dibenamkan didalamnya. Hal tersebut bukanlah sebagai bentuk apresiasi terhadap perkembangan teknologi, tapi dengan adanya fitur fitur mutakhir, tentunya menjadi nilai jual tersendiri.
 
Saat ini tidak hanya Anti Lock Braking System saja yang membantu pengereman mobil. Tapi kini ada fitur yang memudahkan kita sebagai pengemudi untuk tetap berada di kecepatan yang pas ketika sedang melewati jalan dengan kontur menurun. Fitur tersebut dinamakan fitur Hill Descent Control.
 
 
HDC adalah sebuah fitur yang membantu pengemudi saat membawa mobil menuruni bukit yang curam. Fitur HDC ini umumnya bisa di aktifkan secara manual dengan menekan tombol yang biasanya berada di sekitar konsol tengah atau tuas transmisi. Nah, lambang fitur HDC adalah sebuah mobil yang sedang melewati turunan.
 
 
Tujuan utama dari Hill Descent Control adalah untuk mempertahankan kecepatan mobil yang masuk akal dan aman ketika tengah dalam keadaan menuruni bukit. Nah, dengan begitu Anda dapat menuruni bukit dengan aman. Menariknya, fitur canggih ini tidak bekerja sendirian. Namun ada beberapa peran dari fitur yang ada di dalam mobil seperti Traction Control (TC), Anti-lock Braking System (ABS), serta wheel speed sensor yang bertugas untuk mengetahui kecepatan putar ban apakah sesuai dengan sudut turunan di tempat mobil berada. 
 
 
Cara kerjanya adalah ketika kontur dan permukaan jalan berbukit itu berbeda antara sisi kiri dan kanan, Hill Descent Control ini akan selalu berkomunikasi dengan perangkat ABS dan Active Stability Program agar mendapatkan genggaman yang ideal untuk mobil tersebut sehingga tidak kehilangan traksi atau membuat mobil Anda menjadi tergelincir. Dengan Hill Descent Control, tugas sang pengendara menjadi lebih mudah. Pengendara hanya perlu mengendalikan setir sesuai dengan arah yang dikehendaki karena tekanan pedal gas dan rem secara otomatis diatur komputer mobil. Komputer akan mengatur keempat ban agar tetap mencengkeram jalan dengan baik. 
 
 
Selain itu yang lebih menariknya lagi, kecepatan mobil ketika menggunakan HDC tersebut bisa disesuaikan dan dibatasi pada kecepatan rendah, untuk menghindari ban slip dan mengurangi kecenderungan untuk lepas kendali. Sistem kerja Hill Descent Control memiliki kecepatan sampai 20 km/jam. Sementara jarak tempuhnya adalah sejauh 7 km setelah penambahan kekuatan dari fitur Hill Descent Control pada produk-produk sebelumnya.
 
Adapun beberapa mobil yang sudah dilengkapi dengan fitur HDC ini antara lain Nissan Terra, Chevrolet Trax, BMW X3 dan masih banyak lagi.
 

SAMPAIKAN KOMENTAR