Mengenal Jenis Winch untuk Offroad
16
Feb
2020
0 Comment Share Likes 281 View

Bagi kalian penggemar kendaraan off-road belum lengkap rasanya jika kendaraan kalian tidak memiliki perangkat penarik beban atau yang lebih dikenal dengan istilah winch. Alat ini wajib dimiliki jika kalian ingin mengikuti event off-road xtreme. Sebab ketika mobil terperosok atau amblas akibat kontur tanah yang labil, winch pada mobil offroad bisa diaktifkan untuk membantu mobil keluar dari kondisi tersebut. Tetapi seiring perkembangan trend modifikasi winch kini juga bisa digunakan hanya sebagai pajangan untuk menambah aura gahar pada mobil bertema off-road. Namun bagaimana memulai memilih winch yang tepat dan mengenal jenis jenisnya?

Untuk kalian yang ingin memulai memasang winch, yang perlu kalian perhatikan pertama kali adalah kekuatan dari winch tersebut untuk menarik beban. Sebagai acuan kalian bisa memilih winch dengan kekuatan yang dapat menarik berat 1,5 kali berat kendaraan kalian. Yang kedua adalah, kalian bisa memilih jenis winch sesuai dengan kebutuhan dan apa yang diinginkan. Saat ini, di pasaran umumnya terdapat dua jenis winch untuk off-road, yaitu winch elektronik dan winch power take-off (PTO).

Winch elektronik saat ini adalah yang paling umum dan mudah didapatkan. Beberapa merek seperti Warn, Chima, dan Ramsey dapat dipilih sesuai kebutuhan dan kantong kalian. Daya tarik dan tenaganya pun cukup banyak pilihan mulai dari 3,5 ton hingga 9 ton. Winch elektronik ini adalah yang paling banyak diminati karena mudah untuk di aplikasikan ke segala jenis mobil off-road. Namun Winch ini pun juga mempunyai kekurangan yaitu membutuhkan daya listrik yang cukup besar, tergantung dari tingkat beban yang dapat di tarik. Jenis winch elektronik ini digerakkan oleh motor dengan bantuan tenaga arus listrik yang bersumber dari aki mobil atau juga bisa dengan baterai. Bentuk winch ini sendiri terbagi menjadi dua, yakni winch model horizontal dan vertical.

Winch PTO adalah winch yang dibuat langsung oleh produsen kendaraan atau dikenal dengan istilah original equipment manufacturer (OEM). Winch ini mempunyai kekuatan daya tarik yang besar serta mekanismenya digerakkan langsung oleh tenaga mesin melalui sistem mekanis pada gardan mobil. Winch jenis ini tentu bukan termasuk perangkat tambahan (aksesoris) yang dapat dibeli sehingga harus membeli sepaket dengan kendaraan atau memodifikasi sendiri. Tapi banyak juga off roader yang meng custom winch PTO (atau membuatnya) cara ini biasa di sebut “PTO Setan” jenis custom ini juga banyak di minati karena data tarik bebanya sangat kuat dan bisa di atur sesuai dengan kemauan pemilik. Cara kerja winch PTO adalah dari mesin, disalurkan ke drum PTO yang menggunakan gigi diferensial. Beberapa aksesoris pelengkap juga bisa di custom dan di pasaangkan ke winch PTO berupa rem otomatis (jadi kalo sedang idle winchingnya, kendaraan diam), reducer (untuk mengurangi kecepatan putar dan menambah torsi), pneumatik on off (utk aktifasi winch hanya menggunakan tombol yang mengaktifkan set pneumatik). Namun winch PTO sendiri kini dilarang oleh PP IMI dalam ajang off-road di indonesia karena alasan utama yaitu tentang safety. Minimnya faktor safety pada winch PTO kastem yang dimodifikasi dengan menggunakan gigi diferensialnya, karena kecepatannya saat menarik kendaraan off-road melahap obstacle. Bahkan seringkali perbandingan gigi yang digunakan menjadikan putarannya melesat kencang, sehingga tidak bisa dikontrol oleh sang driver atau navigator. Meskipun sudah dilengkapidengan rem PTO, potensi bahaya masih tetap ada. Berbeda dengan winch elektrik yang kemampuannya masih bisa diukur. Jadi winch elektronik tetap yang paling banyak dicari penggila off-road dan erjamin untuk keamanannya. Modelnya juga dapat dipilih, ada model gawang atau model biasa tentu dengan kelebihannya masing-masing.

Winch model gawang biasanya dipilih oleh penggemar kendaraan off-road karena model ini ditempatkan diluar kendaraan. Biasanya penempatan winch ada pada bumper depan dan belakang yang tentunya bumper pada kendaraan itu juga sudah di custom agar ada space tempat untuk meletakkan winch. Sedangkan untuk model yang biasa, bisa juga di letakkan pada bumper besi custom, namun untuk jenis ini desainnya dapat disembunyikan di dalam kotak atau bahkan di dalam bumper. Ini dilakukan lebih untuk menjaga estetika kendaraan bagi kalian yang ingin kendaaraanya terlihat gagah dan terlihat off-road look pilihlah winch model gawang. Lantas berapa udget yang harus disiapkan untuk membeli dan memasang winch? Sebenarnya semua tergantung kepada merek apa yang diinginkan. Untuk merek Warn misalnya, harga winch elektriknya mulai dari Rp 12 juta hingga RP 20 jutaan. Untuk yang mempunyai dana terbatas bisa menggunakan Merek Chima yang ada di kisara harga mulai dari Rp 3,8 juta hingga Rp 7,5 juta. Itu belum termasuk custom bumper, aksesoris dan alat pendukung winch ya.

SAMPAIKAN KOMENTAR