Mengenal Istilah JDM: Zenki-gata & Kouki-gata
09
Dec
2020
0 Comment Share Likes 786 View

Jepang Sebagai Trendsetter Otomotif Dunia

Kultur otomotif dunia tidak pernah lepas dari sumbangsih Jepang dalam memberikan model serta produk otomotif bereputasi baik. Dari segi produsen, aftermarket product hingga motorsport pun tidak pernah luput dari sumbangsih para jenius asal Jepang.

Di dunia otomotif sendiri, produk asal Jepang dikenal dengan sebutan JDM (Japanese Domestic Market) . JDM telah berubah arti seiring berjalannya waktu, kini JDM sendiri menjadi sebuah tren modifikasi bergaya ala "Jepang" menggunakan parts serta tampilan yang disesuaikan dengan karakter modifikasi yang digeluti di negeri Sakura.

Tren mobil JDM yang masih sangat populer hingga kini kerap menyajikan istilah-istilah yang menjadi ciri khas dari bergaya JDM. Salah satunya adalah istilah untuk membedakan mobil generasi lama dan generasi paling baru.

 

sumber: hotcars.com

 

Zenki & Kouki

Istilah ini diambil dari kata Zenki-gata serta Kouki-gata, yang menunjukkan kurun waktu. Zenki-gata berarti “periode sebelumnya” sedangkan Kouki-gata berarti “periode akhir”. Dari makna tersebut, Pria Intersport tentu sudah memiliki gambaran tentang kedua istilah ini. 

Secara spesifik tidak ada deskripsi khusus yang digunakan pada istilah ini. Beberapa pendapat dan argumen para pelaku otomotif JDM pun masih belum menemui kesepakatan dalam mengartikan istilah tersebut.

Namun secara umum, istilah Zenki-gata dan Kouki-gata dianggap mewakili pra-facelift serta pasca-facelift pada sebuah model kendaraan. Zenki-gata dan Kouki-gata tidak membatasi gaya atau tren modifikasi yang digunakan, meskipun dianggap memiliki model yang berbeda, antara pra-facelift dan pasca-facelift, namun dua istilah tersebut tidak menunjukkan atau membedakan gaya estetika tertentu.

 

sumber: drivetribe.com

 

Meskipun lahir dari kultur asal Jepang, ternyata istilah ini tidak hanya digunakan untuk mendeskripsikan mobil asal Jepang saja. Misalnya, gambar di atas masing-masing adalah “Zenki-gata” dan “Kouki-gata” yang ditujukan untuk mobil eksotis asal Italia, Lamborghini Aventador. (Pra dan Pasca facelift). 

 

Syarat-syarat Istilah Zenki-gata & Kouki-gata

Seperti yang Intersport sebutkan di atas, istilah “Zenki-gata” dan “Kouki-gata” melampaui gaya bodi mobil berdasarkan tahun produksinya. Namun pada beberapa model hal ini tidak dapat menjadi patokan yang pasti tentang penggunaan istilah Zenki-gata atau Kuoki-gata itu sendiri. Karena beberapa mobil tidak mengalami perubahan gaya bodi yang signifikan walaupun telah mengalami facelift, akan tetapi mengalami peningkatan internal mulai dari upgrade ringan, penambahan aksesoris serta perbaikan sektor mesin. Istilah “Zenki-gata” dan “Kouki-gata” juga tetap berlaku dan dapat digunakan untuk menggambarkan perbedaan ini.

Dapat juga dikatakan bahwa “Zenki-gata” dan “Kouki-gata” bisa digunakan untuk mendeskripsikan mobil yang proses produksinya tidak mengalami perubahan apapun. Dalam hal ini, istilah tersebut hanya digunakan untuk menggambarkan produksi awal dan produksi akhir saja.

Akan tetapi itu bukan hal yang mutlak untuk mengkategorikan mobil tersebut Zenki-gata dan Kouki-gata. Beberapa mobil memiliki pengecualian dalam pengkategorian ini. Seperti contoh, “Zenki-gata” dan “Kouki-gata” tidak dapat digunakan untuk menggambarkan dua mobil dengan nama sasis atau kode internal yang berbeda. Alasannya, karena perbedaan mobil yang cukup signifikan, maka kedua mobil ini tidak dapat disebut sebagai 2 mobil yang sama. Misalnya, Pria Intersport tidak bisa menyebut Mazda RX-7 FC3S sebagai “Zenki-gata” (pra facelift) dan FD3S sebagai “Kouki-gata” (pasca facelift).

 

sumber: drivetribe.com

 

Sebagai contoh simpelnya yang sering kita temui adalah mobil Kijang LGX 1997-2004 (kapsul) dengan penerusnya Kijang Innova Gen pertama 2004-2015. Meskipun keduanya mengusung embel-embel “Kijang” namun kedua mobil ini adalah mobil yang memiliki perbedaan signifikan, mulai dari segi penampilan (body), sasis, hingga ruang mesin.

Istilah “Zenki-gata” dan “Kouki-gata” digunakan untuk menggantikan istilah pre-facelift, post-facelift, early model, atau late model, yang digunakan oleh pihak media otomotif Jepang. Hal tersebut “kemungkinan” untuk membuat nada artikel mereka agar terdengar lebih JDM. Namun sebenarnya istilah tersebut tidak terbatas hanya untuk mendeskripsikan mobil Jepang saja, tetapi juga bisa digunakan untuk mendeskripsikan semua mobil dari semua negara.


Masih seputar Zenki-gata & Kouki-gata, Pria Intersport bisa menyaksikan  Driven by Passion episode “Battle Oriented Silvia” Kouki-gata milik Emmanuelle Amandio di channel YouTube Intersport di link berikut Driven by Passion - Nissan Silvia by Emmanuelle Amandio

SAMPAIKAN KOMENTAR