Mengenal Dunia Modifikasi Pada Mainan Diecast
04
Sep
2020
0 Comment Share Likes 442 View

Dunia modifikasi rupanya tidak hanya terjadi pada mobil sungguhan saja, namun juga pada mobil mainan seperti diecast.

Ya, bila sebagian besar para pecinta diecast mungkin lebih memilih mengoleksi dan membiarkannya dalam kondisi terbungkus kotak atau blister, rupanya ada beberapa orang lainnya yang justru hobi membedah dan mengubah tampilan diecast bawaan pabrik menjadi seperti apa yang diinginkan.

Sama seperti memodifikasi mobil pada dunia nyata, melakukan modifikasi pada mobil mainan diecast rupanya bisa membawa kesenangan tersendiri. Bahkan, menurut seorang modifikator diecast asal Yogyakarta, Irawan Tri Nugrahantoro, memodifikasi diecast jadi salah satu cara penyaluran ide modifikasi mobil di dunia nyata yang tak kesampaian.

“Pertama, pasti karena ada kepuasan tersendiri ya punya diecast yang tampilannya berbeda dari umum. Lalu kedua, modifikasi diecast ini kan ibaratnya lebih murah ya dari modifikasi mobil beneran, jadi kadang kalau kita punya khayalan modif sesuatu pada mobil beneran cuma sulit direalisasikan, ya direalisasikan lewat diecast aja,” jelas pria yang kerap disapa Nugi kepada Intersport.

Dalam dunia modifikasi diecast rupanya juga tak berbeda jauh seperti modifikasi pada mobil nyata. Ada berbagai gaya atau konsep modifikasi yang bisa diaplikasikan oleh para modifikator. Hal itu pula yang umumnya dijadikan acuan oleh para modifikator sebelum melakukan modifikasi pada mainan diecast-nya.

“Bahkan lebih bervariasi, ya, dibandingkan mobil beneran. Karena kreasinya kan hanya bisa dibatasi oleh niat. Tanpa butuh banyak biaya, hanya bermodal niat dan imajinasi liar saja ibaratnya,” tambah Nugi yang saat ini banyak memodifikasi diecast berkonsep lowrider.

Meski hanya sebuah mainan, memodifikasi mobil-mobilan diecast rupanya bukan suatu hal yang mudah.  Sebab, kata Nugi, berbeda skala ukuran diecast yang dimodifikasi, maka berbeda pula cara perlakuan serta bahan yang diaplikasikan.

Karena itu, para modifikator pemula pun disarankan untuk benar-benar memahami teknik modifikasi yang benar, serta jangan ragu untuk belajar dan bertanya dari para ahli.

Foto: pxfuel 

Apa saja yang bisa dimodifikasi dari mainan diecast?

Adapun hal-hal yang bisa dimodifikasi dari sebuah mainan diecast, rupanya tidak hanya sebatas ganti warna dan velg saja. Tetapi juga bisa mencakup hal-hal detail lainnya seperti pada modifikasi mobil di dunia nyata.

“Hampir sama seperti mobil beneran, bisa mulai dari body parts, meliputi spoiler, wing, side skirt, roof rack, velg, ban, engine swap, active suspension, sampai kelistrikan kayak lampu-lampu juga bisa dimodifikasi,” beber Nugi.

Pada bagian velg, modifikator bisa memilih jenis, warna, gaya, dan ukuran velg yang diinginkan. Begitu pun pada ban, modifikator bisa memilih ketebalan atau bahan ban yang diinginkan. Apakah ban berbahan soft atau berbahan keras.

Lalu pada urusan suspensi, mainan diecast rupanya juga bisa bisa diubah ketinggian mobil diecast-nya. Bagi yang ingin mobilnya tampil ceper, maka suspensinya pun diganti dengan yang lebih pendek, sebaliknya bagi yang ingin bergaya tinggi maka bisa menggunakan suspensi yang lebih panjang. Selain itu, suspensinya pun bisa dibuat miring sebelah layaknya mobil-mobil lowrider asli di Amerika Serikat.

Sementara untuk urusan kelistrikan, ternyata pada mobil-mobil diecast juga bisa ditambahkan lampu pada lampu depan atau belakangnya layaknya mobil sungguhan.

Tantangan dalam memodifikasi diecast

Foto: Jimmy Chan from Pexels 

Menyoal tantangan terberat dalam dunia modifikasi diecast yakni terkait ketersediaan beberapa komponen parts atau aksesori dari mobil-mobil tertentu yang rupanya sudah tidak diproduksi lagi. Bila sudah begitu, pilihannya satu-satunya yakni mensubtitusi komponen atau aksesori tersebut dari mainan diecast merek lainnya.

Faktor kesabaran serta mood seorang modifikator juga jadi aspek penting yang bisa mempengaruhi hasil suatu modifikasi diecast.

“Karena modifikasi diecast ini merupakan pekerjaan seni, tentunya suasana hati juga bisa mempengaruhi proses. Nah untuk menjadi profesional, maka harus pandai atur mood tersebut,” kata Nugi.

Peluang bisnis

Tidak hanya sebatas bisa dinikmati sendiri saja, modifikasi pada mainan diecast rupanya bisa jadi bisnis yang menjanjikan. Target pasarnya yang luas, serta semakin banyaknya minat masyarakat, khususnya petrolhead terhadap dunia modifikasi diecast, jadi penyebabnya.

“Menjanjikan ya, karena pasarnya luas, akses pemasaran tidak terbatas, sarana pengiriman banyak, peminat juga nambah terus, jadi ya modifikasi diecast ini ibarat hobi yang bisa menghasilkan uang,” kata Nugi.

Belum lagi, tingginya angka permintaan dari pasar internasional, membuat bisnis jasa modifikasi pada mainan diecast ini jadi sangat menggiurkan. Bahkan, kata Nugi, mayoritas pemesan jasa modifikasi diecast di tempatnya didominasi oleh pasar internasional.

“90 persen pelanggan saya itu justru dari luar negeri. Paling banyak dari Amerika Serikat, Mexico, Australia, dan Selandia Baru. Kalau lokalnya itu Jakarta, Bali, Surabaya, Kalimantan, dan Jogja,” ucap Nugi.

SAMPAIKAN KOMENTAR