Mengenal Ajang Balap Hill Climb Racing
17
Jan
2020
0 Comment Share Likes 687 View

Hillclimbing race dikenal juga sebagai balapan mendaki bukit, adalah cabang motorsport di mana pengemudi berkompetisi melawan waktu untuk menyelesaikan track dengan jalur yang menanjak. Ini adalah salah satu bentuk olahraga motorsport tertua, sejak race pendakian bukit pertama di La Turbie dekat Nice, Prancis yang berlangsung pada 31 Januari 1897. Hillclimbing race di benua Eropa biasanya diadakan di jalur yang panjangnya beberapa kilometer, memanfaatkan jalanan bukit dan gunung yang tersedia termasuk Pegunungan Alpen . Kompetisi paling bergengsi adalah FIA European Hill Climb Championship. Ini adalah balapan yang sangat intens bagi pembalap, meskipun dengan track yang pendek, perlombaan ini melawan waktu di jalan sempit yang berliku dengan panjang rata-rata antara 5 dan 7 km.

Pada Hillclimbing race hanya ada driver pada mobil tanpa navigator makaa dari itu konsentrasi adalah hal yang sangat penting, serta kepercayaan pembalap pada kendaraannya dan pengetahuannya tentang jalur aspal yang akan di jadikan sebagai track. Keragu-raguan dan kesalahan sekecil apa pun dapat berakibat fatal dan serius, karena penghitung waktu akan terasa bergerak lebih cepat daripada waktu di balapan yang lainya. Di sini, strategi balapan sangat diperlukan mulai dari garis start hingga garis finish terakhir dari rute, seperti halnya atlet lari 100 meter yang harus fokus dan memacu kecepatan. HillClimbing race menawarkan pesona otentik, dengan latar pemandangan yang alami, track deengan jalan yang sulit, pembalap yang benar-benar profesional, mobil mobil yang di khususkan untuk ajang HillClimb Race, dan kedekatan dengan masyarakat sekitar.

HillClimb Race juga merupakan sejarah yang kaya akan nilai historicalnya. Kejuaraan Hill-Climb FIA Eropa adalah yang tertua dari Kejuaraan FIA yang masih berjalan hingga hari ini. Gelaran balapan  pertama dimulai pada tahun 1930. Ini mungkin telah kehilangan sebagian dari kejayaan sebelumnya dari masa ketika pabrikan seperti Porsche, Ferrari atau Abarth terlibat langsung serta pembalap Formula Satu yang terlibat di puncak score HillClimb Race, tetapi Kejuaraan HillClimb Race di Eropa tetap menjadi sejarah bagi dunia otomotif. Ini berkat rute legendarisnya yaitu Trento-Bondone di Italia dengan jarak track 17 KM, acara Ecce Homo dari ceko yang klasik dengan usia lebih dari seabad, luasnya jangkauan peserta yang mengikuti ajang ini mulai dari Portugal ke Slowakia, popularitasnya ( puluhan ribu penonton di Rechberg, Austria atau di Falperra, Portugal) dan, tentu saja, para pembalap dan team legendarisnya seperti Wolfgang Graf von Trips, Edgar Barth, Ludovico Scarfiotti, Mauro Nesti (dengan sembilan gelar yang di sanding), brother of Alméras, Francis Dosières, Anders Vilarinho, Christian Merli atau King track dan pemimpin puncak klasmen, Simone Faggioli sang pemegang rekor gelar yang memenangkan gelar kesepuluh pada 2017.

HillClimb Race Di australia

Kejuaraan Hillclimb Australia pertama kali diadakan pada tahun 1938 dan telah adakan setiap tahun sejak 1947. Hillclimbing di Australia berasal dari awal tahun 1900-an, diadakan di kota Melbourne , dan lokasi-lokasi lain seperti Templestowe , Heidelberg dan Rob Roy . Templestowe masih ada hingga hari ini, berletak di Domain Wetlands. track ini tidak pernah dapat dilalui karena kemiringan masif yang dikenal sebagai "dinding", dengan rasio kemiringan mencapai 1: 2,5 dianggap sebagai permukaan aspal paling curam di Australia, dan track ini hanya digunakan selama acara perlombaan, lalu track Burgundy Street di Heidelberg digunakan untuk Hillclimbs pada awal olahraga ini masuk ke australia. Rob Roy pernah menjadi tuan rumah berturut turut, termasuk putaran Kejuaraan Hillclimb Victoria. Terletak tak jauh dari Clintons Road, Christmas Hills di area Smiths Gully yang dikenal sebagai track Rob Roy. Gunung Tarrengower, dekat Maldon di Victoria Tengah, memiliki Hillclimb tahunan yang diselenggarakan oleh Club Mobil Olahraga Victoria Clasik, Club Mobil Bendigo Light, dan Asosiasi Balap Motor Bersejarah Victoria. Acara ini diadakan pada akhir pekan ke-3 Oktober. Sekarang event ini hanya lah acara "klasik"yang memajang berbagai kendaraan historical serta ajang meetup bagi para pecinta otomotif, setelah kecelakaan besar pada 1970-an. Sepeda motor dan mobil mobil klasik sekarang menjadi bagian dari acara ini.

Club Mobil MG dari Queensland Inc. (est. 1954) membangun sirkuit Mount Cotton Hillclimb dan melanjutkan manajemen dan operasinya saat ini. Acara pertama yang diadakan di track ini adalah pada hari Minggu 18 Februari 1968. Sirkuit tarmac yang mempunyai panjang 946 meter ini menjadi tuan rumah tahunan Queensland Hillclimb Championships, dalam seri Hillclimb enam putaran tahunan yang di jadikan sebagai ajang kompetisi antar klub. Kejuaraan Hillclimb Australia telah diadakan di sana setidaknya 9 kali. Track HillClimb terpanjang di Australia adalah Poatina Hillclimb, sebuah track jalan tertutup sementara yang mempunyai ketinggian 580 m (1.900 kaki) dalam 10,6 km (6,6 mil), mendaki Gunung Blackwood dari Dataran Norfolk ke Dataran Tinggi Tengah Tasmania Utara. Acara perdana, dilakukan pada bulan Februari 2014, memiliki track sepanjang 7,2 km (4,5 mi). Di Australia Selatan memiliki tempat permanen bersejarah untuk ajang HillClimb yaitu Collingrove, serta tempat-tempat sementara untuk acara kecil tahunan termasuk Gunung Alma Mile, Willunga, Legend Of The Lakes dan jalur terpanjang di negara bagian ini adalah Eden Valley Hillclimb.

SAMPAIKAN KOMENTAR