Memodifikasi HotWheels? Bisa Jadi Keren Kok
05
Feb
2020
0 Comment Share Likes 1749 View

Kali ini kita tidak akan bahas modifikasi mengenai mobil, nammun masih ada kalitanya dengan dunia otomotif. Siapa yang tidak kenal mainan mobil mobilan skala 1:64 yang biasa kita temui di swalayan atau toko kelontong waralaba di dekat rumah kalian? Ya, Hot Wheels. Banyaknya penggemar Diecast di dunia tentunya akan menyebabkan berkembangnya suatu budaya dan tradisi tersendiri pada mainan ini, salah satunya adalah Custom Diecast atau memodifikasi diecast. Pada memodifikasi diecast sendiri ada beberapa golongan modifikasi yaitu Basic Custom (tidak ada rubahan pada bentuk body mobil), Medium Custom (ada pengurangan atau penambahan pada bentuk fisik Diecast, tapi tidak menghilangkan karakter Diecast tersebut), Hard Custom (merubah karakter dan bentuk diecast sehingga tidak seperti wujud aslinya). Ok itu tadi beberapa golongan dalam memodifikasi diecast, kita akan berikan beberapa tips dan cara simpel agar kalian bisa memodifikasi diecast Hot Wheels untuk pajangan dashboard mobil kalian.

Pertama, mengganti ban dan pelek.
bahan ban dan pelek pada Hot Wheels ini layaknya mainan dengan harga di bawah 50 ribu, berbahan plastik dan kurang realistis, maka dari itu kalian bisa swap dengan ban custom bergaya aftermarket yang dapat kalian beli di marketplace. Langkah awal untuk swap ban dan pelek adalah melepas rivet, karena ini adalah hal paling mendasar yang harus kamu kuasai sebelum melakukan custom Hot Wheels. Ada beberapa cara yang biasa digunakan untuk melepas rivet. Namun, cara yang paling efektif dan hasilnya paling rapi adalah metode drilling. Untuk melakukan metode drilling ini, kalian membutuhkan bor listrik dan mata bor dengan ukuran 3 atau 4 milimeter. Bor secara perlahan lubang rivet sampai rivet terlepas dari base chasis hot Wheels. Namun, perlu di perhatikan saat pengeboran jangan terlalu dalam agar masih ada ruang untuk memasaang pengancing saat ban sudah di swap. Tapi jika kalian tidak ingin repot untuk melepas rivet ada cara lain yaitu dengan memotong aksis roda menggunakan dremel tool, lalu pastikan kalian memotong aksis di pangkal yang menempel dengan roda. Setelah itu, kalian tinggal memasang roda yang baru serta di rekatkan dengan lem super glue.

Kedua, merubah warna
Modifikasi yang satu ini mungkin adalah yang paling umum dilakukan oleh para penggemar diecast. Selain mudah dilakukan, cara ini mampu menghasilkan image baru pada koleksi Hot Wheels Anda tanpa menghilangkan identitas asli mobil. Kalian membutuhkan mata dan jari yang jeli untuk mendapatkan skema warna dan detail yang sempurna. Namun, sebelum mengecat ulang, kalian harus melucuti cat aslinya terlebih dulu. Untuk itu, kalian bisa menggunakan paint remover. Saat mengaplikasikan paint remover, pastikan kalian memakai pelindung tangan/sarung tangan. Karena bahan kimia yang ada di paint remover cukup berbahaya jika terkena kulit. Setelah memastikan cat asli terkelupas dengan sempurna, kalian bisa memulai proses repaint dengan cara mengamplas dahulu bagian body mobil agar pori pori pada permukaan body membuka dan hasil pengecatan semakin bagus. Ketika melakukan pengecatan, pastikan jaga jarak spray dengan miniatur sekitar 25 cm. Mulailah penyemprotan di bagian body mobil dari depan ke belakang dengan gerakan sapuan searah dan lakukanlah 2 sampai 3 kali lapisan agar warna cat menjadi sempurna. Jika ingin tampilan Hot Wheels kalian tambah menarik maka tambahkanlah decal pada Hot Whells yang kalian custom, Decal sendiri mempunyai part penting untuk membuat Hot Wheels kalian menjadi lebih menarik. Ada 3 macam decal yang biasanya digunakan untuk memodifikasi Hot Wheels yaitu
- Clear Decal: khusus untuk Hot Wheels dengan warna dasar putih sehingga warna akan lebih keluar.
- White Decal: bisa digunakan untuk seluruh warna Hot Wheels, namun harus detail dalam melakukan pemotongan decal.
- White Toner: decal yang menjadi favorit pada customizer. Dasarnya adalah clear decal dengan yang menggunakan tinta putih.

Ketiga, Detailing Interior dan eksterior
untuk menghasilkan karya yang bagus tentunya kalian juga harus memprhatikan detailing pada Hot Wheels yang kalian custom entah itu di bagian eksterior maupun interior. Hal ini bisa dilakukan dengan sekadar memberikan sentuhan warna-warna baru atau menambahkan aksen khusus pada bagian interior atau eksterior mobil. Untuk modifikasi bagian interior kalian harus ekstra hati-hati dan teliti, sebab bagian interior mobil diecast biasanya sangat kecil dan rinci. Agar mendapat hasil terbaik, gunakanlah kaca pembesar di bawah cahaya lampu agar kalian bisa mendapat penglihatan yang lebih baik. Sedangkan untuk bagian eksterior kalian bisa menambahkan detail kecil pada lampu atau list jendela karena akan memberikan sentuhan berbeda. Detil ini bisa ditambahkan dengan cat yang biasa digunakan untuk Tamiya ataupun spidol marker.

Jika kalian memiliki Hot Wheels tidak ada salahnya mencoba memodifikasinya untuk mendapatkan tampilan dan gaya mobil yang sesuai dengan selera kalian, jadi modifikasi Hot whells dengan cara di atas cukup mudah bukan?

SAMPAIKAN KOMENTAR