Memilih Pelek Yang Pas Untuk Kendaraan Anda
29
Jan
2020
0 Comment Share Likes 1276 View

Apakah kalian ingin memodifikasi tunggangan kalian agar terlihat lebih keren dan berbeda?. Salah satu modifikasi ringan yang akan merubah tampilan mobil kalian ada lah dengan mengganti velg standart kalian dengan velg aftermarket yang banyak di jual di pasaran, mulai dari velg OEM pabrikan, velg aftermarket ori sampai velg KW yang banyak di jual dengan harga yang bervariasi. Memahami dan memilih fitment untuk velg mobil kalian bisa dimulai dengan hal-hal seperti ukuran diameter dan lebarnya velg. Kemudian ada Centerbone,Offset dan berakhir dengan kombinasi sejumlah elemen tersebut akan membuat velg yang pas dipakai dan enak dilihat pada mobil kalian. berikut ini adalah tips memilih velg mobil untuk modifikasi kendaraan kesayangan kalian.

Lebar velg, yang perlu anda perhatikan adalah bentuk dari kolong bagian roda dan fender serta spakbor. Untuk menyesuaikan velg yang kalian inginkan dengan spakbor mobil alian, ada baiknya kalian memperhatikan lebar velg tersebut agar tidak merubah bagian pada kaki-kaki mobil sehingga mobil kalian tetap bisa berjalan sebagaimana mestinya. Jika kalian mempunyai mobil kecil atau city car maka lebar velg yang pas adalah 7 inch, higga 10 inci untuk kelas light sedan. Jika sudah terpasang maka kalian juga harus mengecek lagi apakah ban kalian mentok dengan fender atau spakbor mobil.

Desain, Jangan salah memilih dan memasang desain velg pada mobil kalian. Karena salah model pada velg akan membuat mobil kalian terlihat aneh, sama seperti kalian memakai baju balap tetapi memakai sepatu running. Sebagai contoh Jika mobil kalian adalah city car, ada baiknya kalian memilih velg berdesain bintang atau jari jari untuk membuat tampilan modifikasi mobil kalian tidak terlihat norak dan tentunya masih enak dilihat. Lalu jika mobil kalian bertipe SUV, maka velg tipe offroad dengan ban tebal atau MT sangat cocok untuk modifikasi mobil kalian dan yang pasti akan terlihat lebih gahar. Untuk lebih mendapatkan pencerahan, kalian bisa berkonsultasi pada bengkel yang biasa memodifikasi mobil, atau kalian bisa bergabung di grup sosmed kalian untuk menambah referensi mengenai jenis pelek yang cocok untuk mobil kalian.

Centerbore, adalah lubang atau lingkaran yang berada pada tengah-tengah lubang baut pada velg. Fungsinya adalah untuk menahan velg agar tetap berada di tengah pusat roda. Jika velg yang ingin dipasang pada mobil memiliki centerbore berbeda, contoh lebih besar dari standar, sangat dianjurkan untuk menambahkan center ring guna menutup celah yang ada dan menyerap beban yang diterima oleh baut roda. Jangan sampai velg kalian hanya bertumpu pada baut PCD saja yang bisa menyebabkan getaran pada as roda hingga menyebabkan patahnya baut pada roda, maka dari itu jangan pernah remehkan fungsi Centerbone dan perannya pada kaki-kaki mobil.

Ukuran velg, ukuran sangat penting untuk kalian perhatikan dalam modifikasi mobil. Velg mobil punya diameter yang berbeda-beda dan setiap mobil di desain dengan maksimal diameter pelek yang berbeda pula, setiap mobil memiliki 2inch maksimal ruang pada fender, sehingga kalian wajib untuk menyesuaikan diameter pelek dengan jenis mobil kalian, fender kalian dan tentunya ban yang kalian pakai. Jika mobil kalian adalah mobil kecil atau city car, maka pakailah pelek dengan diameter maksimal 17 inch karena jika lebih besar pasti akan terlihat aneh kesanya. Lalu jika mobil kalian besar bertipe MPV atau sedan, maka ukuran diameter velg yang tepat adalah 18 hingga 20 inci. Nah, beda cerita kalau mobil kalian berkelas SUV, mobil berjenis SUV bisa kalian maksimalkan untuk diameter velgnya hingga 24 inch, tinggal sesuaikan saja dengan tipe mobil kalian yang ingin dimodifikasi tentunya dengan diameter pelek yang besar harus di sesuaikan dengan profile ban.

Offset, Offset mungkin menjadi faktor paling penting dalam pemilihan dan pemasangan velg demi mendapat fitment velg yang diinginkan dan pas serta enak untuk di lihat. Offset velg juga sering disebut dengan istilah ‘ET’, yang berarti adalah jarak antara bagian sumbu tengah velg dari garis tengah velg. Jika angka offset velgnya positif, artinya posisi sumbu tengah velg cenderung ke sisi luar velg. Sebaliknya jika offset-nya negatif, berarti posisi sumbu tengah velg cenderung ke bagian dalam velg. Nah Jika offsetnya nol, maka posisi lubang tengah velg berada tepat di garis tengah velg. Atau dalam kata lain jika semakin kecil offset velg kalian, maka bibir velg atau pinggitan terluar velg akan semakin mendekati atau keluar dari fender. Nah sebaliknya, jika offset velg kaian semakin besar atau  positif, maka bibir terluar dari velg atau lips velg akan semakin kedalam. Semakin besar angka offset velg kalian maka, semakin jauh massa roda akan terdorong ke bawah mobil, dan mengurangi lebar track width secara keseluruhan.

SAMPAIKAN KOMENTAR