McLaren F1 1993, Saksi Sejarah Kesuksesan McLaren
24
Mar
2020
0 Comment Share Likes 569 View

McLaren F1 adalah mobil sport yang dirancang dan diproduksi oleh pabrikan mobil Inggris McLaren Cars , dan ditenagai oleh mesin BMW S70 / 2 V12. Awalnya konsep yang dikandung oleh Gordon Murray , dia meyakinkan Ron Dennis untuk mendukung proyek dan melibatkan Peter Stevens untuk merancang eksterior dan interior mobil.

Pada tanggal 31 Maret 1998, prototipe XP5 dengan rev limiter yang dimodifikasi menetapkan Guinness World Record untuk mobil produksi tercepat di dunia , mencapai 240,1 mph (386,4 km / jam), melampaui Jaguar XJ220 217,1 mph (349 km / jam) yang dimodifikasi. rekor dari tahun 1992.

Rekor McLaren yang diberdayakan oleh BMW bertahan hingga Koenigsegg CCR melampauinya pada tahun 2005, diikuti oleh Bugatti Veyron . Pada 2017, F1 tetap menjadi mobil produksi aspirasi alami tercepat di dunia karena mobil yang lebih cepat menggunakan mesin induksi paksa.

Mobil ini memiliki sejumlah desain dan teknologi yang eksklusif; lebih ringan dan memiliki struktur yang lebih ramping daripada banyak mobil sport modern, walaupun memiliki satu kursi lebih dari kebanyakan mobil sport serupa, dengan kursi pengemudi terletak di tengah (dan sedikit ke depan) dari posisi duduk dua penumpang, memberikan visibilitas pengemudi unggul dengan tata letak tempat duduk konvensional.

Itu dikandung sebagai latihan dalam menciptakan apa yang diharapkan para desainernya akan dianggap sebagai mobil jalan utama. Meskipun tidak dirancang sebagai mesin trek, edisi mobil balap yang dimodifikasi dari kendaraan tersebut memenangkan beberapa balapan, termasuk Le Mans 24 jam 1995 , di mana ia menghadapi mobil balap prototipe yang dibuat khusus. Produksi dimulai pada tahun 1992 dan berakhir pada tahun 1998. Secara keseluruhan, 106 mobil diproduksi, dengan beberapa variasi dalam desain.

Pada tahun 1994, majalah mobil Inggris Autocar menyatakan dalam tes jalan mengenai F1, "McLaren F1 adalah mesin penggerak terbaik yang dibuat untuk jalan umum." Mereka lebih lanjut menyatakan, "F1 akan dikenang sebagai salah satu peristiwa besar dalam sejarah mobil, dan itu mungkin jalan mobil produksi tercepat yang pernah ada di dunia."

Pada tahun 2005, Channel4 menempatkan mobil di nomor satu dalam daftar 100 mobil terbaik mereka, menyebutnya "pencapaian otomotif terbesar sepanjang masa". Dalam budaya populer, McLaren F1 mendapat tempat sebagai 'Mobil terbesar yang pernah dibuat' dan 'Mobil Sport Paling Baik Sepanjang Masa' di antara beragam penggemar dan pecinta mobil.

Pemilik F1 McLaren masa lalu dan masa kini termasuk Elon Musk , Rowan Atkinson , Jay Leno , George Harrison , dan Sultan Brunei . Dalam majalah Top Gear Magazine edisi April 2017, McLaren F1 terdaftar sebagai salah satu mobil dengan aspirasi tercepat yang saat ini tersedia di dunia, dan di liga yang sama dengan kendaraan yang lebih modern seperti Ferrari Enzo dan Aston Martin One-77 meskipun diproduksi dan direkayasa 10 tahun sebelum Ferrari Enzo dan 17 tahun sebelum Aston Martin One-77.

 

Desain dan Implementasi

 

Konsep desain chief engineer Gordon Murray adalah yang umum di antara perancang mobil performa tinggi: bobot rendah dan daya tinggi. Ini dicapai melalui penggunaan bahan-bahan berteknologi tinggi dan mahal seperti serat karbon , titanium , emas , magnesium dan kevlar . F1 adalah salah satu mobil produksi pertama yang menggunakan sasis monocoque serat karbon.

Gordon Murray telah memikirkan mobil sport tiga kursi sejak masa mudanya. Ketika Murray sedang menunggu penerbangan pulang dari Grand Prix Italia pada tahun 1988 , ia menggambar sketsa mobil sport tiga tempat duduk dan mengusulkannya kepada Ron Dennis . Dia mengajukan gagasan untuk menciptakan mobil jalan utama , sebuah konsep yang akan sangat dipengaruhi oleh pengalaman dan teknologi Formula Satu perusahaan dan dengan demikian mencerminkan keterampilan dan pengetahuan itu melalui McLaren F1.

 

Spesifikasi Mesin

Gordon Murray kemudian mendekati BMW , yang tertarik, dan divisi motorsport BMW M dipimpin oleh ahli mesin Paul Rosche merancang dan membangun Murray 6.064 cc (6.1 L; 370.0 cu in) mesin 60º V12 yang disebut BMW S70 / 2 . Pada 627 PS (461 kW; 618 hp) dan 266 kg (586 lb) mesin BMW akhirnya naik 14% lebih kuat dan 16 kg (35 lb) lebih berat daripada spesifikasi asli Gordon Murray, dengan blok yang sama panjangnya.

Memiliki blok dan kepala paduan aluminium , dengan bore x stroke 86 mm × 87 mm (3,39 in × 3,43 in) DOHC dengan timing katup variabel (teknologi yang relatif baru dan belum terbukti saat itu) untuk fleksibilitas kontrol maksimum pada 4 katup per silinder, dan penggerak rantai untuk camshafts.

Mesinnya menggunakan sistem pelumasan oli bah kering . Panel bodi serat karbon dan monocoque membutuhkan isolasi termal yang signifikan di kompartemen mesin, jadi solusi Murray adalah melapisi bay mesin dengan reflektor panas yang sangat efisien: foil emas . Sekitar 16 g (0,8 ons) emas digunakan di setiap mobil.

Versi jalan mesin menggunakan rasio kompresi 11: 1 untuk menghasilkan output daya maksimum 627 PS (461 kW; 618 hp) pada 7.400 rpm dan torsi 650 N⋅m (479 lb⋅ft) pada 5.600 rpm. Mesin ini memiliki batas pembatas redline yang ditetapkan pada 7.500 rpm. Berbeda dengan tenaga mesin mentah, rasio daya-terhadap-berat mobil adalah metode yang lebih baik untuk mengukur kinerja akselerasi daripada output puncak powerplant kendaraan. F1 standar mencapai 550 hp / ton (403 kW / ton), atau hanya 4,0 lb / hp.

SAMPAIKAN KOMENTAR