Mclaren Elva, Hypercar Mahal Tanpa Kaca Depan
16
Nov
2019
0 Comment Share Likes 346 View

Setelah sebelumnya Mclaren telah melahirkan karya masterpiece mereka, Mclaren Senna, baru-baru ini mereka  kembali merilis mobil yang cukup mengejutkan. Rumornya mobil ini tidak kalah cepat dengan Mclaren Senna. Mclaren merilis mobil roadster terbaru mereka yang dinamakan Mclaren Elva. Elva nantinya akan masuk ke dalam seri Mclaren yang disebut Ultimate Series bersama dengan P1, Senna, dan Speedtail.

Nama Elva sebenarnya berasal dari pendahulunya yang diproduksi tahun 1960,  versi terbarunya pun masih membawa bentuk khasnya yang tidak memiliki kaca depan. Bergaya mobil balap era lama Mclaren Elva tidak memberikan atap, kaca depan ataupun kaca samping. Walaupun begitu pihak Mclaren telah mengakali ketidak hadiran kaca depannya dengan sebuah teknologi canggih  yang dinamakan Active Air Management System (AAMS). Sistem ini lah yang nantinya akan membuat kaca depan yang tak terlihat.

Sistem AAMS ini nantinya akan membuat ruang berbentuk gelembung yang berfungsi bagaikan kaca depan. Sistem ini bekerja dengan cara mengarahkan udara dari depan hidung Mclaren Elva ke lubang yang berada di depan pengemudi. Udara turbulen yang keluar dari lubang ini akan mengarah ke atas dan kemudian akan diteruskan hingga ke belakang mobil. Ketika mobil bertambah cepat, sistem ini akan secara otomatis meninggikan deflektor angin tambahan berbahan karbon  fiber yang berada di hood hingga 5,9 inci. Hasilnya pengemudi dan penumpang tidak akan merasakan hembusan angin yang kecang seraya mobil melaju cepat.

Jika sang calon pembeli merasa sistem AAMS ini masih terasa kurang berdampak, Mclaren juga akan menawarkan pemasangan kaca depan sebagai opsi pembelian.

Beralih ke pembahasan mesin, Mclaren Elva ini akan membawa mesin V8 4.0 liter yang juga dapat ditemukan di Mclaren Senna daan 720S. Mesin ini akan menghasilkan tenaga sekitar 804HP dengan torsi sebesar 800Nm. Hasilnya mobil ini mampu berakselrasi hingga 100km/h dalam kurun waktu kurang dari 3 detik, kemudian mampu mencapai 200km/h dalam waktu sekitar 6,7 detik. Dari data ini, Elva  diklaim telah mampu mengalahnya Mclaren Senna.

Membawa beberapa fitur performa dengan Senna, mobil yang rencananya akan diproduksi hanya 399 buah ini dibanderol senilai 1,69 juta USD. Sebagai informasi tambahan, Mclaren Elva diklaim akan menjadi mobil teringan dari jajaran hypercar Mclaren. Rencananya mobil ini akan mulai dikirimkan ke para pembeli pada pertengahan atau akhir 2020.

SAMPAIKAN KOMENTAR