Mazda MX-5 Menjelma Mobil Hybrid
14
Jan
2020
0 Comment Share Likes 315 View

Mazda dikabarkan baru saja menguak spesifikasi MX-5 versi facelift di pasar Eropa. Antara lain, Mazda akan membuat sistem pengereman regeneratif i-ELOOP yang tersedia di semua model.

Sistem ini sebenarnya telah ada sejak 2012, menggunakan tenaga listrik yang dihasilkan saat melakukan pengereman untuk meningkatkan penghematan bahan bakar dan membebaskan tenaga mesin. Tetapi seperti yang dilansir Road & Track, sistem ini pertama kali masuk ke dalam MX-5 Miata.

 

Pengereman regeneratif i-ELOOP dari Mazda berfungsi dengan sepenuhnya melibatkan alternator di bawah deselerasi untuk memulihkan sebagian energi pengereman. Energi ekstra itu tidak disalurkan ke dalam baterai konvensional, melainkan ke dalam paket superkapasitor yang mampu menangkap energi secara lebih efisien. Listrik yang tersimpan kemudian siap dipakai untuk menghidupkan elektronik kendaraan, sehingga mengurangi beban pada alternator.

 

Efek pada efisiensi bahan bakar juga cukup besar. Mazda MX-5 diklaim mampu menghemat bahan bakar sebesar 5 persen dalam kondisi normal. Dan bisa lebih banyak lagi dalam keadaan macet atau "stop and go".

 

SAMPAIKAN KOMENTAR