Mau Berkendara Dengan Kecepatan Tinggi? Ini Tipsnya!
29
Dec
2019
0 Comment Share Likes 383 View

Bagi para pecinta kecepatan, memacu mobil kesayangan dengan kecepatan tinggi memang menjadi kesenangan tersendiri. Baik saat balapan maupun drifting, para pengemudi memang seringkali dituntut untuk memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi.

Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi tentu ada tempat dan waktunya. Jangan hanya karena kita suka memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi, kita jadi ngebut di jalan dan malah membahayakan pengguna jalan yang lainnya. Makanya, ada beberapa tips berkendara dengan kecepatan tinggi yang tidak boleh dilewatkan dan harus sangat kita perhatikan nih, Bro. Selain karena alasan keselamatan, tips-tips ini bisa diterapkan agar mobil kesayangan kita nggak asal ngebut. Langsung saja disimak informasinya berikut ini.

 

MENGENALI MOBIL DENGAN BAIK

Sama seperti manusia, setiap mobil itu unik dan memiliki karakternya sendiri-sendiri. Power, torsi, desain body, sistem penggerak, fitur, berat, dan spesifikasi lainnya akan mempengaruhi karakter sebuah mobil. Dari sekian banyak karakteristik yang ada pada sebuah mobil, ada beberapa poin yang harus lebih diperhatikan dan dikenali. Dengan mengenali mobil kita dengan baik, kita akan lebih mudah mengontrol mobil kita bahkan saat memacunya dengan kecepatan yang cukup tinggi.

Yang pertama, sistem penggerak mobil. Mobil dengan sistem penggerak RWD, FWD, atau AWD memiliki karakter yang berbeda-beda terutama saat melakukan manuver pada belokan. Salah satunya adalah mobil FWD cenderung understeer, sedangkan pada mobil RWD cenderung terjadi oversteer.

Yang selanjutnya adalah modifikasi. Mobil dengan tipe sama belum tentu memiliki karakter yang sama setelah di modifikasi. Misalnya modifikasi mesin, suspensi atau penambahan anti roll bar. Kemampuan akselarasi dan pengereman setiap mobil juga berbeda-beda. Kita harus bisa mengenali seberapa cepat mobil mampu berakselarasi dan seberapa cepat mobil mampu melakukan pengereman. Kemudian yang tak kalah penting adalah fitur. Beberapa mobil dilengkapi teknologi seperti ABS atau traction control yang sangat berpengaruh pada saat kita mengemudi.

 

MENGENALI KONDISI MOBIL SEBELUM BERKENDARA

Saat memacu mobil dengan kecepatan tinggi, komponen yang harus paling kita perhatikan tentu saja adalah sektor kaki-kaki mobil. Sebelum berkendara, kita harus memastikan bahwa sektor kaki-kaki, rem dan ban ada dalam keadaan yang prima. Selain itu, kita juga tidak boleh lupa untuk mengecek kondisi seluruh ban, tekanan angin, dan pastikan juga semua baut terpasang dengan kencang. Pastikan juga rem berfungsi dengan baik. Jika dirasa perlu, kita juga bisa meningkatkan performa pengereman dengan upgrade braking system, misalnya dengan caliper dan disc brake.

 

MEMASTIKAN VISIBILITAS KETIKA BERKENDARA

Selain memastikan kondisi mobil, kita juga harus memastikan bahwa kita bisa melihat sekeliling dengan mudah dan jelas, terlebih saat kita akan berkendara dengan kecepatan tinggi. Jangan sekali-kali memacu mobil dengan kecepatan tinggi jika kita memiliki ruang pandang yang minim.

Ada beberapa langkah yang sederhana yang bisa kita lakukan untuk meningkatkan visibilitas kita saat berkendara. Yang pertama adalah dengan mengatur kaca film. Kaca film yang gelap memang nyaman digunakan saat berkendara pada siang hari yang terik, tapi visibilitasnya kurang baik apalagi saat malam hari atau hujan. Sebaiknya kita menggunakan kaca film yang clear sehingga pandangan kita bisa lebih jelas dan membuat kita mengemudi dengan lebih baik. Lalu, pastikan juga headlamp mobil kita memiliki kemampuan penerangan yang baik. Hal ini tentu akan sangat terasa jika kita berkendara pada malam hari. Bersihkan headlamp dan ganti lampu dengan yang lebih terang. Selain itu, jangan lupa juga mengatur spion mobil dengan baik untuk mengurangi blindspot.

 

MEMERHATIKAN POSISI MENGEMUDI

Walaupun kedengarannya mungkin sederhana, tetapi memerhatikan posisi tubuh kita saat berkendara bisa jadi merupakan hal yang paling mendasar sekaligus yang paling penting bagi keamanan dan kenyamanan kita pada saat mengemudi. Hal ini juga nantinya akan memiliki pengaruh yang cukup besar bagi performa pengemudi.

Tidak hanya berpengaruh pada keamanan dan kenyamanan mengemudi saja, posisi mengemudi kita juga akan sangat berpengaruh pada kecepatan kendaraan yang kita pacu. Dengan posisi yang baik maka manuver-manuver dalam mengemudi akan semakin mulus, efektif dan juga efisien.

 

MEMERHATIKAN PAKAIAN KETIKA MENGEMUDI

Masih berkaitan dengan posisi mengemudi, pakaian yang kita gunakan saat kita mengemudi juga perlu diperhatikan, karena akan sangat berpengaruh dengan keleluasaan pergerakan badan kita. Mengenakan pakaian yang tidak tepat saat mengemudikan mobil, terlebih saat memacu mobil dengan kecepatan tinggi akan mengurangi kenyamanan kita, dan bahkan akan menghambat pergerakan kita terutama saat melakukan manuver mengemudi. Pakaian yang terlalu ketat ataupun terlalu tebal tidak disarankan untuk mengemudi mobil dengan kecepatan tinggi.

Alas kaki juga tidak kalah penting. Kita sangat tidak disarankan mengemudi mobil kecepatan tinggi dengan menggunakan sandal, karena sandal bisa menyangkut pada salah satu pedal yang kita injak, dan hal tersebut tentu akan menjadi sangat berbahaya. Kita disarankan untuk memakai sepatu yang memiliki fleksibilitas yang baik. Pilihlah juga sepatu dengan sol yang tidak terlalu tebal, sehingga kita bisa merasakan tekanan pedal gas dan rem dengan baik. Bagi pengemudi yang tangannya mudah berkeringat bisa menggunakan sarung tangan. Ini akan meningkatkan grip tangan kita pada steering wheel.

 

PERHATIKAN WAKTU DAN TEMPAT YANG TEPAT

Memacu kendaraan dengan kecepatan tinggi tidak bisa begitu saja dilakukan di mana saja. Sebaiknya hobi memacu kecepatan yang kita miliki ini kita salurkan di tempat yang tepat. Misalnya di arena balap, atau dengan mengikuti komunitas balapan maupun drifting. Hal ini tentu saja bertujuan agar kita bisa memacu adrenalin dengan mengemudikan mobil berkecepatan tinggi, tetapi tanpa membahayakan orang lain tentunya. Selain tempatnya, kita juga harus memperhatikan kondisi cuaca. Hujan dapat mengurangi visibilitas dan juga grip ban pada jalan, sehingga mengendarai mobil pada kecepatan tinggi dalam kondisi cuaca seperti itu bisa sangat berbahaya.

Sebaiknya, saat kita berkendara dengan kecepatan tinggi, kita menutup semua jendela. Jendela yang terbuka dapat meningkatkan hambatan atau drag pada mobil. Menutup jendela akan menambah kestabilan mobil terutama pada kecepatan tinggi dan jalur lurus.

SAMPAIKAN KOMENTAR