Mau Belajar Drifting? Kenalin Dulu 3 Komponen Penting Ini
17
Jun
2021
0 Comment Share Likes 621 View

Drifting lebih dikenal dengan olahraga ‘ngepot’. Banyak orang mengira melakukan drifting adalah hal mudah, padahal tak semudah yang dipikirkan, lho. Drifting secara harfiah bermakna mengendalikan mobil yang di luar kendali. 

Untuk bisa drifting dengan baik, dibutuhkan mobil mumpuni. Sejatinya tidak semua mobil bisa dipakai untuk drifting, biasanya mobil berpenggerak roda belakang yang lebih disukai. Lo yang lagi pengen coba belajar drifting, sebaiknya memperhatikan 3 komponen utama yang ada di mobil drifting. 

 

Ketiganya adalah Limited Slip Differential (LSD), Angle Kit dan Coilover. Ketiga komponen ini amat dibutuhkan untuk bisa melakukan drifting dengan matang dan mumpuni. Kira-kira, apa aja ya fungsi dari ketiga komponen ini? 

 

Limited Slip Differential

 

sumber

 

Komponen pertama adalah LSD. LSD sendiri merupakan komponen yang ada di dalam gardan yang memiliki fungsi untuk mengunci as roda pada saat mobil melewati jalan licin. Tujuannya untuk memberikan distribusi tenaga di salah satu sisi roda yang lebih membutuhkan. 

 

Gampangnya, LSD berguna menambah traksi saat mobil mengalami selip. LSD biasanya digunakan oleh mobil off-road, balap serta drifting. Tujuannya agar mobil bisa dikendalikan dengan mudah ketika digunakan tanpa mengalami selip.

 

Ada 2 macam LSD yang sering digunakan, yaitu LSD yang sensitif pada kecepatan dan sensitif pada torsi. Tapi jika difokuskan lagi, komponen ini dibagi jadi 3, yaitu Viscous LSD, Clutches LSD dan Ratchet LSD.

 

  • Viscous LSD

Komponen ini lumrah digunakan untuk menambah traksi yang dilengkapi satu set Friction Disc serta pelat baja. Gunanya meningkatkan kenyamanan mobil sehari-hari. LSD jenis ini memakai cairan yang mampu menimbulkan efek mengunci ketika putaran roda mengalami selip. Ketika salah satu putaran roda berputar berlebih, maka cairan ini akan mengental dan mengunci salah satu roda. Dengan begitu, tenaga akan didistribusikan ke roda lainnya. 

 

  • Clutches LSD

LSD kedua menggunakan reaksi dari torsi as kopel. Semakin cepat putaran as kopel, kemampuan penahan selip akan menjadi semakin baik. Ketika pengemudi mengalami Oversteer, sistem bakal bekerja pada torsi dan kecepatan mobil. Hanya saja LSD jenis ini punya kelemahan di kopling yang sering aus ketika dipacu.

 

  • Ratchet LSD

Jenis terakhir lebih menggunakan gir atau lebih ke pengaturan sepenuhnya mekanis. LSD jenis ini bergantung pada torsi, bukan kecepatan as roda. LSD jenis ini mumpuni ketika dipakai di permukaan kering dan cukup menyulitkan ketika melewati jalan licin. LSD yang memakai gir punya kelebihan untuk mengatur torsi antara as roda depan dan as roda belakang di mobil off-road. 

 

Angle Kit

 

sumber

 

Komponen kedua yang dibutuhkan saat drifting adalah angle kit. Angle kit mungkin sudah banyak yang tahu tetapi jarang yang tahu cara kerjanya. Komponen satu ini berfungsi untuk menambah sudut menikung pada kemudi mobil. 

 

Angle kit ini bisa membuat roda depan terlihat seperti patah, padahal bertujuan untuk menambah sudut menikung. Komponen ini berguna ketika mobil sedang oversteer dan butuh sudut tajam ketika menikung. Belok-belok menjadi lebih sempurna ketika sudah memakai angle kit di atas lintasan. 

 

Coilover

 

sumber

 

Yang terakhir ada coilover. Coilover adalah salah satu jenis suspensi yang banyak digunakan saat memodifikasi kaki-kaki mobil untuk mendapatkan setingan sesuai keinginan. Pengaturan ini biasanya tak bisa dipenuhi oleh suspensi standar.

 

Suspensi coilover aftermarket biasanya terdiri dari shock absorber berikut per yang bisa diatur tinggi-rendahnya dengan cara memutar dudukan per. Rangkaian per dan sokbreker inilah yang dipasang sebagai pengganti komponen standar. Dengan begitu bisa didapat setelan tinggi-rendah, dan keras-lembut suspensi sesuai keinginan.

 

Nah, itulah tiga komponen yang amat diperlukan ketika seseorang ingin menekuni balap drifting secara matang dan profesional. Komponen-komponen tersebut vital karena mampu memberikan performa serta handling yang jauh lebih baik, Bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR