Lebih dekat dengan VW BUS “Dakota”
29
Jan
2020
0 Comment Share Likes 314 View

Volkswagen Type 2 atau yang biasa dikenal VW Kombi atau di luar biasa menyebutnya sebagai VW BUS adalah mobil keluaran Volkswagen kedua yang meraih sukses setelah keluarnya VW Type 1 atau VW Beetle atau VW Kodok dan menjadi legenda di dunia per mobilan. Sebenarnya banyak nama dan penyebutan untuk VW Kombi ini sendiri, seperti VW Dakota. Lalu dimana perbedaannya? Dakota dan Kombi sebenarnya berbasis pada 1 mobil dengan platform yang sama, hanya berbeda pada tahun keluarannya dan penyempurnaan mobilnya, kalo istilah jaman sekarang ya faceliftnya dan trim dari tipe mobil itu tersendiri. Asal usul ide pembuatan mobil ini terinspirasi dari troli pengengkut barang bermotor yang digunakan di daerah pabrik. Terbayang kan VW dengan kapasitas kabin yang besar dan mempunyai ruang kabin sangat lega untuk menaruh barang barang atau mengangkut penumpang. Ben Pon desainer asal belanda ini adalah perancang sketsa dari VW Bus ini, menggunakan basic dari VW Beetle dengan perubahan bentuk body yang membulat menjadi mengotak kapsul. Jangan salah mobil ini mempunyai cirikhas tersendiri dengan bentuk unik dimana sang pengemudi berada pada atas roda depan dan VW Bus ini lah yang pertama menggunakan konsep berdesain seperti ini.

Berawal dari Prototipe VW kombi yang pertama sangatlah kurang baik dari segi desain dan bahan, yang pada akhirnya mendapatkan penyempurnaan pada bentuk body serta kelengkapan lainya yang akhirnya menjadikan prototype kedua pada tahun 1949. Setelah melalui penyempurnaan secara lebih lanjut, di mulai lah produksi pertama VW Bus ini pada tahun 1950an sampai 1968 sedangkan di Brazil sampai dengan tahun 1975. VW Dakota pertama di bekali dengan mesin yang cukup besar pada masanya yaitu berkapasitas 1200cc. Setelah berhasil memproduksi versi keluaran pertamanya, dilakukan facelift dan penyempurnaan lebih lanjut pada bagian mesin dan eksterior dengan merevisi sebagian desain dan menambahkan beberapa pernik di body, proyek ini dimulai dari tahun 1968 dan  biasa kita dengar denga nama VW Kombi. Penyempurnaan yang dilakukan pada bodi termasuk banyak, terutama pada bagian depan dan pelebaran jendela, mesin pun juga tak luput dilakukan penyempurnaan serta upgrade kapasitas mesin yang menjadi 1600cc. Dan yang terakhir VW Kombi batch ketiga memang tidak berbeda jauh dari rilisan yang kedua karena hanyalah faclift minor, dan generasi ke tiga ini diproduksi pada tahun 1979 sampai 1991 yang terus dilanjutkan dengan variasi trim dari keluaran VW Kombi lainnya seperti VW Kombi 4x4 (ini cukup rare di indonesia).

Mobil ini pun banyak penyebutan dan nama yang dibuat oleh orang-orang di berbagai belahan dunia berkat kreatifitasnya seperti : Eurovan, Microbus, Westfalia, Camper, Panel Van, Kombi, Samba, Dakota, Pick Up, Westy, Multivan, Weekender, Splittie, 11-Window, 13-Window, 15-Window, 21-Window, 23-Window, Breadloaf, Bay-Window, Vanagon, VW Bus, Bully, dll. Bagi kalian yang ingin memulai memiliki dan menggunakan VW Kombi/Dakota ini kalian bisa memulai dengan mencari tahu detail-detail perawatan yang harus diperhatikan, seperti dari mesin (karena sebagian besar VW bermesin AirCooled seperti pada Porsche keluaran lama), eksterior, sampai pernak pernik di dalam interior mobilnya, wajar jika salah satu fokus dari itu menjadi pokok pertimbangan kalian yang ingin meminang VW Kombi/Dakota.

Karena umur mobil ini yang terbilang sudah sangat tua, dan sudah pasti kalian akan menemukan kerusakan yang memerlukan pembenahan pada titik-titik tertentu. Misal pada rangka, karena mobil ini sudah sangat tua pasti kalian akan menemukan beberapa titik kropos dan karat. Pasti kalian akan berpikir lebih baik dan meyakinkan mengambil VW Dakota yang sudah di restorasi, tapi jangan salah dulu. Pada dasarnya para penikmat VW menggunakan mobilnya sebagai “Kanvas” untuk mengalirkan ide ide kreatif mereka dan perlu kalian ketahui bahwa Semua tipe VW Bus sebenarnya sama persis, hanya berbeda rilisan tahun, dan tipe mesin dengan kekuatan mesin yang berbeda, Dakota dengan tipe mesin kapasitas 1200 CC, dan Kombi gen ke-3 dengan tipe mesin kapasitas 1600 CC yang tentunya dapat menghasilkan power output lebih besar.

Nah Jika kaian sangat berminat untuk memulai bermain dengan mobil legendaris ini, alangkah baiknya kalian belajar lebih dalam dulu kepada para ahlinya seperti bengkel ahli vw, teman yang sudah mempunyai mobil ini, forum di sosial media, atau kalian bisa bergabung dengan group VW Indonesia yang bisa kalian temukan di berbagai sosial media. Karena biasanya di forum forum tersebut kalian bisa sharing informasi tentang penjualan, part part yang di butuhkan, atau kendala yang di alami saat merawat mobil ini, jadi kalian nggak perlu bingung dan ribet mencari bengkel atau seller part karena anda sudah bisa mendapatkan banyak keuntungan hanya dengan bergabung dalam komunitas.

SAMPAIKAN KOMENTAR