Lebih Dekat dengan Honda Prelude, Salah Satu Sport Compact Paling Menarik Versi Intersport
09
May
2021
0 Comment Share Likes 255 View

Pernah mendengar nama Honda Prelude? Bagi lo yang lahir di era 1980-an dan 1990-an rasanya sih pernah mendengar nama Prelude. Tapi bagi mereka yang lahir di era 2000-an, belum tentu mereka pernah melihat atau mendengar nama Prelude.

Bicara soal Prelude, sebenarnya mobil satu ini cukup kental dengan kecepatan. Sebab Honda menciptakan Prelude untuk berhadapan langsung dengan beberapa kompetitor. Sebut saja Toyota Celica, Nissan Silvia dan Mitsubishi Eclipse. 

 

Prelude sendiri merupakan sedan sport coupe yang diproduksi sejak 1978 sampai 2001. Ada 5 generasi yang pernah dirilis oleh Honda. Tetapi salah satu generasi yang cukup ikonik ada pada generasi ketiga yang dirilis pada 1987 sampai 1991.

 

sumber

 

Mobil satu ini ternyata punya sedikit cerita unik. Yang pertama adalah penggunaan nama Prelude yang awalnya nama tersebut akan digunakan oleh Toyota. Tetapi secara ramah, pihak Toyota justru memberikan nama tersebut kepada Honda untuk digunakan.

Menurut kamus besar bahasa Indonesia (KBBI) Prelude juga punya arti, bro. Artinya adalah lagu pendek yang diciptakan untuk mengawali musik yang sesungguhnya. Jadi Prelude secara singkat berarti lagu pembuka musik. 

 

Prelude Generasi Pertama

 

sumber

 

Prelude generasi pertama lahir di tahun 1978 sampai 1982. Bisa dibilang generasi pertama ini tampilannya cukup kurang menarik secara desain. Lampunya kotak, dan punya atap dengan moonroof sebagai fitur bawaan pabriknya. Dimensinya juga kompak, panjangnya hanya 4 meter, lebar 1,6 meter dan tingginya 1,2 meter. 

Generasi pertama ini dibekali dengan mesin berkode EL, 1.602 cc, 4 silinder, SOHC. Tenaga dari mesin ini mencapai 78 hp dengan torsi maksimal 127 Nm. Transmisi yang ditawarkan terdiri dari otomatis 3 percepatan dan manual 5 percepatan. Generasi pertama ini sukses terjual hingga 313 ribu unit untuk pasar global. 

 

Prelude Generasi Kedua

 

sumber

 

Generasi keduanya lahir pada 1982 sampai 1987. Modelnya dibuat lebih ramping dan modern. Ada beberapa mesin yang dirilis oleh Honda untuk Prelude ini. Yang pertama adalah mesin berkode A18A dengan kapasitas 1.829 cc bertenaga 102 hp. Lalu ada juga mesin A20A dengan kapasitas 1.829 cc berteknologi CVCC bertenaga 108 hp.

Lalu ada juga mesin dengan performa paling baik, berkode B20A dengan tenaga 158 hp. Terakhir ada juga mesin B20A1 untuk pasar Eropa yang punya tenaga 135 hp. Seluruh mesin ditawarkan dengan dua pilihan transmisi, manual 5 percepatan dan otomatis 4 percepatan. Di generasi kedua ini Honda mulai menggunakan lampu semi pop up pada Prelude. 

Di Inggris, keberadaan Prelude ini sangat populer. Di negara tersebut penjualan Prelude cukup baik, sehingga populasinya terbilang banyak. Di tahun segitu, Prelude sudah dibekali dengan power steering dan rem ABS. 

 

Prelude Generasi Ketiga

 

Nah, generasi Prelude yang ketiga merupakan yang biasa kita lihat di Indonesia. Memang, awalnya mobil ini tidak dijual secara resmi di Indonesia. Mobil dua pintu ini hanya dijadikan mobil impor oleh beberapa importir umum yang saat itu ada di Indonesia. Desainnya benar-benar keren.

Lampunya sudah memakai model pop up, dibekali sunroof, desain kaca yang lebih stylish dan lekukan yang sudah lebih modern. Prelude generasi ini diproduksi sejak 1987 sampai 1991. Karena desainnya lebih keren, Prelude pernah mendapatkan gelar sebagai juara ketiga mobil terbaik di Eropa pada tahun 1988. 

Prelude berada di bawah Peugeot 405 di posisi utama dan Citroen AX di posisi kedua. Pada tahun segitu keren juga lho ada pabrikan non Eropa yang bisa meraih gelar sebagai mobil terbaik di Eropa. Selain desain yang baru, Prelude juga terkenal dengan handlingnya yang mumpuni. 

 

Terbukti generasi ketiga Prelude cukup disegani di ajang test slalom yang diadakan oleh berbagai media. Hasilnya, Prelude mencatatkan waktu sangat baik di berbagai ajang slalom. 

 

Prelude Generasi Keempat

 

sumber

 

Di tahun 1991 Honda merilis generasi keempat dari Prelude. Generasi ini diproduksi hingga tahun 1996. Desainnya sudah jauh lebih keren. Bagi sebagian orang, Prelude generasi keempat ini merupakan Prelude tercantik setelah generasi ketiga dengan lampu depan model pop up. 

Pada generasi keempat, desainnya sepintas menyerupai Honda Integra. Dari segi handling, Prelude generasi keempat jauh lebih baik dibanding generasi sebelumnya. Sebab, peningkatan distribusi bobot di generasi ini mencapai 58% di depan dan 42% di belakang. 

 

Sistem kemudi juga sudah memakai model elektronik dengan kapasitas mesin yang dinaikkan. Mesinnya memakai kapasitas 2.200 cc, 4 silinder. Tenaganya 158 hp dan sudah memakai teknologi VTEC. Remnya jelas juga sudah memakai ABS mirip dengan Honda Vigor. Di Indonesia, generasi keempat ini cukup jarang ditemui. Jika pun ada, biasanya pemiliknya enggan mengeluarkan mobil tersebut. Atau terkadang bisa juga dijumpai di ajang car meet up yang cukup bergengsi. For your information, Prelude generasi ini juga pernah menjadi safety car di ajang Formula 1 (F1) pada tahun 1994 di Grand Prix Jepang. 

 

Prelude Generasi Kelima

 

sumber

 

Generasi berikutnya merupakan generasi Honda Prelude kelima dan terakhir. Produksinya dimulai dari 1997 sampai 2001. Bisa dibilang generasi ini punya desain yang menurut banyak orang tidak lebih baik dibandingkan dengan 2 generasi sebelumnya. 

Gaya bahasa desain Honda ini sebenarnya lebih mengacu pada Prelude generasi ketiga. Sehingga desainnya dibuat agak lebih mengotak. Sayang, kehadiran Prelude generasi ini tak mampu mendongkrak penjualan Honda agar menjadi lebih baik. Honda Prelude ditawarkan dengan dua jenis mesin yaitu F22B dan H22A. 

Kedua mesin tersebut memiliki tenaga yang berbeda. Untuk mesin F22B yang dijual di pasar Jepang memiliki tenaga puncak 160 PS untuk tipe Si. Kemudian untuk mesin H22A memiliki tenaga puncak 220 PS untuk tipe SiR S-Spec.

 

Sejak generasi pertama hingga kelima, generasi kelima lah yang terjual sedikit. Penjualannya hanya mencatatkan angka 58.118 unit selama masa produksinya. Secara total, dari generasi pertama hingga kelima Prelude sukses terjual sebanyak 826.082 unit di seluruh dunia. 

Buat lo yang masih punya Prelude di rumah, mendingan disimpan baik-baik aja deh. Sebab Prelude sudah masuk ke dalam salah satu mobil Honda 2 pintu yang cukup langka di Tanah Air.

SAMPAIKAN KOMENTAR