Lamborghini Kirim Sampel Karbon Fiber Ke Luar Angkasa, Buat Apa Ya?
13
Nov
2019
0 Comment Share Likes 561 View

Setelah menjadi salah satu penguasa jalanan, Lamborghini kini mencoba merasakan suasana luar angkasa. Belum dengan bentuk kendaraan, tetapi CEO Lamborghini, Stefano Domenicali dengan bangga mengatakan bahwa Lamborghini menjadi pabrikan otomotif pertama yang melakukan eksperimen material komponen di luar angkasa.

Proyek pengiriman ini merupakan salah satu hasil program kolaborasi antara Lamborghini dengan Houston Methodist Research Institute yang telah berlangsung sejak 2017. Kerjasama ini merupakan salah satu upaya Lamborghini untuk terus mengembangkan research mereka dalam hal aplikasi material karbon fiber, mengingat Lamborgini merupakan salah satu produsen otomotif terdepan dalam penggunaan material ini.

Pada 2 November lalu, Lamborghini mengirimkan lima komponen sampel mereka ke International Space Station untuk tahap uji coba. Lima sampel tersebut dibuat di lab material Lamborghini dengan berbagai macam proses seperti 3D printing. Kondisi lingkungan luar angkasa di sekitar ISS diklaim merupakan kondisi yang ideal untuk uji coba material CFRP (Carbon Fiber Reinforced Polymer).

Sampel-sampel Lamborghini akan berada di ISS selama enam bulan. Selama masa itu sampel akan di dihadapkan tes dalam kondisi ekstrim seperti atomic oxygen, radiation, dan fluktuasi temperatur. Sebagai catatan, luar angkasa sangat rentan dengan radiasi ultraviolet dan sinar gamma, suhu juga bisa naik turun dalam rentang -40 hingga 200 derajat celcius.

Nantinya sampel yang telah kembali dari luar angkasa akan diteliti dan dihitung seberapa besar degradasi yang dialami, baik secara fisik dan kimiawi . Bagi Lamborghini tentu uji coba ini akan membuka kemungkinan kemungkinan baru dalam pengaplikasian karbon fiber di dunia otomotif. Untuk pihak Houston Research uji coba ini akan mempebesar posibilitas bahan karbon fiber di bidang biomedis, sepeti pembuatan implan prostetik.

SAMPAIKAN KOMENTAR