Lagi Cari Station Wagon? Yuk, Simak Dulu Daftar Berikut!
10
Apr
2021
0 Comment Share Likes 493 View

Pamor mobil bermuatan penumpang yang banyak seperti MPV memang nggak bisa diragukan lagi di Indonesia, yang namanya mobil, biasanya memang harus bisa mengangkut keluarga besar, kalau perlu sampai tiga generasi bisa dibawa sekali jalan. 

Mungkin bisa dibilang itu salah satu alasan mobil station wagon cuma menarik di mata beberapa orang. Terlebih, beberapa jenis wagon memang dipakai di era tertentu buat mengangkut jenazah. Makanya, cuma si jeli yang udah jatuh hati lah yang melirik mobil jenis ini dan bikin produsen mobil agak segan menebar dalam jumlah banyak di Indonesia. 

Seiring berjalannya waktu, interest orang Indonesia pun mulai naik kepada mobil yang satu ini. Sayangnya, udah kepalang tuh, Bro. Jumlahnya yang sedikit dan popularitas yang meningkat bikin harganya udah bikin geleng kepala. Terus, apa saja sih station wagon yang ada di Indonesia dan sekarang jadi incaran orang-orang serta dari mana mereka berasal? Intip dulu ulasannya berikut!


Sekilas Tentang Station Wagon

 

sumber

 

Dari yang klasik tahun 1950-an hingga saat ini, Intersport melihat beberapa wagon yang menakjubkan selama beberapa dekade. Mobil berbasis sedan yang atap bagian belakangnya dipanjangkan sampai ke atas bagasi ini, umumnya memiliki pintu bagasi yang membuka ke atas seperti layaknya hatchback. Namun, ada juga yang memiliki pintu membuka ke bawah dan jendela yang dapat dibuka terpisah.

Untuk kenyamanan, beberapa tipe wagon melakukan standarisasi yang mereka terapkan untuk mobil keluarga. Tentu saja, dengan tidak menggunakan jumlah kursi yang banyak. Selain itu, kelebihannya ada di tambahan performa mesin andalan dan spek lainnya seperti suspensi, handling, hingga steering wheel yang didesain untuk melaju di arena. 

 

BMW E36 Wagon

 

sumber

 

Wagon yang satu ini nggak cuma jadi primadona di benua asalnya di Eropa, tapi bahkan di seluruh dunia. Saking favoritnya, harganya belakangan juga melambung agak nggak kira-kira! Mobil yang masuk ke Indonesia di tahun 90-an ini sebagian besar menggunakan mesin 6 silinder dan biasanya memiliki kapasitas 2300 cc dengan 170 hp 

Buat yang seneng ngulik dan modif, mobil ini juga bisa dibilang nggak nyusahin. Masih banyaknya bengkel BMW bikin mobil ini masih bisa banget ditolong buat sedikit upgrade atau servis walau umurnya sudah puluhan tahun. Ornamen dan sparepartnya juga bisa ditemukan di pasar lokal sampai luar negeri.

 

Toyota Corolla

 

sumber

 

Kalau kamu familiar dengan bentuk sedannya, Toyota Corolla sebenarnya punya model station wagon dan ada di Indonesia. Tapi, karena jumlahnya sedikit, mungkin memang nggak banyak yang tahu dan harus berbagi tempat di antara saudaranya, Toyota Corolla KE26 'Corbet', Corolla KE36 'Corvet', Corolla DX KE70, Corolla Twincam AE90, Caldina, Crown dan Corona yang station wagon yang sempat muncul di Indonesia. 

Mobil yang memberikan kenyamanan khas sedan meskipun bodinya menyerupai sebuah MPV ini bisa dibedakan dari kabinnya yang dipanjangkan hingga ke bagasi, hingga tercipta pilar D pada ujung belakangnya. Mobil yang terdiri dari 5 seat ini dibekali kapasitas mesin 1200-2100 cc. Kalau naksir, rasanya harus kamu pikir matang-matang, Bro. Saking langkanya, kesempatan untuk dapat jadi tipis banget dan harganya beneran asal jebret alias suka-suka yang punya. Soalnya yang punya biasanya udah jadi kolektor kelas kakap, tuh!

Mitsubishi Lancer Evolution IX Wagon

 

sumber

 

Kalau di mana-mana lebih banyak bahas saudara sesama wagon keluaran Mitsubishi, yakni Mitsubishi Legnum, kali ini kita bahas mobil keluarga yang satu ini. Mobil Mitsubishi Lancer Evolution IX Wagon dilengkapi dengan front-engine, 4-wheel-drive, kapasitas 5 penumpang dan 5 buah pintu. 

Penggunaan mesin yang direvisi dari seri Evolution atau akrabnya disebut Evo di seri ini benar-benar meningkatkan kinerja mobil yang satu ini. Torsi ujung bawah tersedia di kisaran putaran (sekitar 2500 rpm), dan mesinnya dapat menarik dengan keras hingga ke redline 7000 rpm. Turbo lag on / off yang sebelumnya hadir di Mitsubishi Lancer Evolution VIII  sebagian besar tidak ada. Kamu bisa menikmati tiga pilihan transmisi untuk wagon: manual lima hingga enam kecepatan dan matic di lima kecepatan.


Selain mobil wagon yang sudah dijelaskan di atas, masih banyak deretan wagon dari Jepang dan Eropa yang menantang juga buat kamu kulik, misalnya dari BMW atau bahkan Volvo juga punya seri wagon yang sampai sekarang masih jadi primadona. Dari semua deretan station wagon yang ada di atas, mana yang paling lo suka, Bro?

SAMPAIKAN KOMENTAR