Kupas Sejarah Tachi Oiwa Motor Sport, Pecinta Toyota Wajib Simak!
20
Apr
2021
0 Comment Share Likes 432 View

Bagi pecinta Toyota, nama TOM’S rasanya tidak asing di telinga. Akan tetapi, kalian yang mengaku pecinta Toyota, apakah sudah tahu cerita sejarah dari TOM’S ini? Bisa jadi, tidak semua pecinta Toyota ini tahu tentang sejarah TOM’S. Kira-kira, bagaimana cerita di balik kisah TOM’S ini? Biar nggak makin penasaran, langsung aja yuk dibahas lebih dalam mengenai tuner performa andalan Toyota dan Lexus ini!

Nama TOM’S sendiri sebenarnya merupakan singkatan dari Tachi Oiwa Motor Sport. Perusahaan ini berdiri pada tahun 1974 oleh Nobuhide Tachi dan Kiyoshi Oiwa.

 

sumber

 

Nobuhide Tachi-san sendiri sebenarnya merupakan seorang pembalap yang memulai karirnya pada 1965. Ia resmi menjadi pembalap profesional bersama Toyota pada 1971. 

 

Awal Karir Balap Tachi-san

Siapa sangka Tachi-san yang awalnya tidak suka sama sekali dengan mobil bisa menjadi pembalap profesional? Pria kelahiran Suzuka ini baru suka dengan mobil akibat pertemanan dengan Kenji Miura. 

Kenji yang saat itu memiliki bengkel benar-benar menginspirasi Tachi untuk jatuh cinta dengan mobil. Singkat kata, Tachi-san sukses berada di puncak karir pada tahun 1972. Kala itu ia berhasil mendaratkan piala Grand Prix mobil sport di Jepang.

 

sumber

 

Ajang yang berhasil mencuatkan namanya saat itu adalah Fuji 1000km di tahun 1972. Bahkan, ia juga pernah menjuarai ajang yang sama di 1974 dan 1975. Belum selesai sampai di situ, Tachi-san juga pernah menjuarai ajang Guia Race of Macau yang membuat ia mendapat julukan sebagai "The Tiger of Macau". Keren ya? Karena keberhasilannya di era awal 1970-an, Tachi pun diajak berkolaborasi dengan sebuah dealer Toyota bernama Kiyoshi Oiwa pada 1974. Kala itu ia diminta untuk melakukan pengembangan untuk penyetelan mobil yang mementingkan performa.

 

sumber

 

Toyota pun melihat ada potensi yang bisa digali dari TOM’S. Maka, di 1975 Toyota Motor Corporation (TMC) secara resmi mengakui TOM’S sebagai tuner resmi Toyota. Mobil pertama yang digarap oleh TOM’S adalah Toyota Publica Starlet 1200 SR Coupe dengan kode bodi KP47.

Mobil tersebut merupakan generasi pertama dari Toyota Starlet yang diproduksi pada 1973 hingga 1978. Dengan KP47, TOM’S berhasil mengubah mobil Starlet yang lelet menjadi lebih buas di atas lintasan. 

 

Membuka Garasi

 

sumber

 

Di 1978, TOM’S membuka garasi di kawasan Nishitamagun, area dekat Tokyo. Di lokasi tersebut, TOM’S lebih mengerjakan sesuatu hal yang berbau performa. Di tahun tersebut juga, TOM’S merilis sebuah pelek dengan desain otentik pertama yang diberi nama Igeta Wheel. 

Pelek tersebut dibuat langsung oleh TOM’S khusus untuk keperluan rally. Waktu demi waktu nama TOM’S mulai didengar publik dunia.

 

sumber

 

Sayang, saat memasuki 1982 Tachi memutuskan untuk gantung setir sebagai pembalap. Namun, di masa pensiunnya ia masih tetap berkontribusi untuk melakukan riset di berbagai ajang balap. Anaknya bernama Shingo Tachi akhirnya terjun menjadi pembalap meneruskan sang ayah. Oh iya, TOM’S juga pernah menjadi tuner pertama asal Jepang yang mengikuti ajang balap 24 Hours of Le Mans di tahun 1985. Mobil yang digunakan bernomor 36 dengan livery Bridgestone berwarna putih dan merah.

 

Era 1990-an

Kehebatan TOM’S juga berlangsung di era 1990-an. Mereka di tahun 1993 membuat mobil yang akan digunakan di ajang balap Formula 3000. Salah satu momen bersejarah yang dialami oleh TOM’S terjadi di tahun 1995.  Ajang balap Japan Grand Touring Championship (JGTC) menjadi puncak kesuksesan TOM’S. Kala itu ia menurunkan mobil Toyota Supra dengan livery Castrol. Mobil tersebut sukses mengasapi Skyline GT-R yang mendominasi di ajang tersebut. 

Pembalap yang berada di balik kemudi saat itu adalah Michael Krumm dan Pedro de La Rosa yang menggunakan mobil bernomor 36. Kedua pembalap tersebut juga meraih gelar juara GTC 500 pada tahun 1997. 

Yang cukup menarik, walaupun bodinya Toyota Supra, tetapi mesinnya memakai Toyota Celica dengan kode 3SGTE. Mesin berkapasitas 2.000 cc, turbo charge tersebut mampu mengeluarkan tenaga 493 hp dengan torsi 442 Nm.

 

Melebarkan Sayap

Saat ini, TOM’S masih eksis dan melebarkan sayap dengan merilis berbagai produk. Dalam website resminya, TOM’S memiliki sangat banyak produk yang dijual. Mulai dari apparel, aksesoris, pelek, suspensi, mesin, kaki-kaki, part elektronik hingga pelumas. 

“Kami tetap memiliki semangat kepada dunia roda empat, apalagi di ajang motorsport. Semangat ini tentu tidak akan berubah, sehingga kami terus menghadirkan passion, excitement dan romance,” kata Nobuhide Tachi. 

Hingga saat ini TOM’S memiliki sejarah panjang dan kental dalam dunia balap. Fokus mereka tetap membuat Toyota dan Lexus bisa melaju kencang tanpa bisa dikejar oleh lawan-lawannya. Gimana, seru kan sepak terjang TOM’S?

SAMPAIKAN KOMENTAR