Kumpulan Mobil Polisi Klasik Berperforma Tinggi
22
Dec
2020
0 Comment Share Likes 602 View

Sebagian besar dari Pria Intersport pasti tidak asing dengan game bergenre balap atau otomotif yang ada di konsol, PC maupun smartphone kalian. Sebagai contoh adalah game balap bertajuk Need for Speed Most Wanted, yang dimana pada game ini kalian akan berperan sebagai pembalap jalanan yang seringkali harus berurusan dengan aparat setempat karena mengganggu keamanan dan ketertiban di jalanan.

Seiring tinggi nilai buronan kalian, maka akan semakin sulit juga menghindari kejaran polisi yang berusaha untuk menangkap kalian, karena para polisi telah menggunakan perangkat-perangkat penegakan hukum terbaiknya, salah satu yang tidak terlewat adalah mobil-mobil bertenaga tinggi..

Dalam kehidupan nyata pun, aparat kepolisian yang bertugas sebagai penegak hukum itu pun telah dibekali dengan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk menegakan keadilan dan memberikan keamanan bagi para warga sipil. Tidak terkecuali mobil dengan performa tinggi yang digunakan para polisi di seluruh dunia.

Pada daftar Intersport kali ini, Intersport akan memberikan berbagai daftar mobil-mobil dengan performa tinggi yang digunakan aparat kepolisian di seluruh dunia. Namun perlu di garis bawahi bahwa daftar ini tidak berisikan mobil-mobil yang digunakan pada masa ini. Melainkan mobil-mobil klasik nan legendaris yang digunakan oleh aparat penegak hukum.

 

Ferrari 250 GTE – Roma, Italy

 

sumber: topgear.com

 

Kembali ke tahun 1960an kepolisian Roma, Italia berencana untuk mengganti armada mobil performa tinggi kepolisian mereka yang sebelumnya menggunakan Alfa Romeo 1900, dengan unit Alfa Romeo 1600 Saloon. Namun kepala polisi Armando Spatafora merasa bahwa Alfa Romeo 1600 Saloon kurang cepat jika digunakan saat aksi kejar-kejaran dengan para penjahat.

Spatafora menganggap bahwa tidak ada mobil yang cukup kompeten untuk dapat mengalahkan performa dari salah satu produsen mobil asal Italia, Ferrari. Rekomendasi dari Spatafora pun diterima oleh seluruh kepolisian Roma, yang akhirnya ditunjuklah Ferrari 250 GTE sebagai armada performa tinggi miliki kepolisian Roma, Italy.

Ferrari 250 GTE merupakan hasil kerjasama Ferrari dengan salah satu perusahaan desain otomotif terkemuka, Pininfarina. Berbasis dari mobil Ferrari 250 long-wheelbase. Mobil ini dipersenjatai dengan mesin 60° Colombo V12, berkapasitas 3000cc dengan transmisi 4 percepatan yang dapat menghasilkan power hingga 240bhp. Dan semua itu dicapai pada tahun 1960an. Luar biasa bukan?

Dibalut dengan warna serba hitam, dan interior berwarna tan, Ferrari 250 GTE ini, beroperasi mulai dari tahun 1963 hingga 1970. Bisa Pria Intersport bayangkan, kembali ke tahun 1963 kalian akan melihat aksi kejar-kejaran para mafia dan polisi yang menggunakan mobil Ferrari 250 GTE ini.

 

Ford RS200 - United Kingdom

 

sumber: passionford.com

 

Bukan pabrikan mobil asal Inggris seperti Aston Martin atau Rolls-Royce yang dipilih, melainkan Ford RS200. Inilah yang Intersport anggap merupakan mobil polisi klasik terbaik asal Britania raya. Di tahun 1986, kepolisian asal United Kingdom menggunakan mobil asal pabrikan Ford Motorsport yang juga digunakan pada ajang Rally Group B ini.

Walaupun Ford adalah produsen mobil asal Amerika. Mobil Ford RS200 ini diproduksi dan dikembangkan oleh Ford di Boreham, United Kingdom. Mobil yang hanya diproduksi selama 2 tahun ini (1984-1986) Intersport anggap sebagai pilihan yang sangat tepat untuk digunakan sebagai mobil performa tinggi yang untuk para polisi di United Kingdom.

Berbekal mesin 1800cc inline 4 dengan penempatan mesin tengah ini dapat menghasilkan power hingga 250 bhp. Kepolisian United Kingdom akan dengan mudah menangkap para penjahat yang mencoba kabur dari penegakan hukum, di jalanan perkotaan maupun pedesaan, karena DNA mobil ini merupakan DNA mobil Rally yang siap menerjang medan apapun.

 

Porsche 356 Cabriolet – Jerman

 

sumber: renncars.com

 

Pada tahun 1960, Porsche memberikan unit mobil tipe 356 Cabriolet yang telah dimodifikasi sedemikian rupa untuk kebutuhan patroli kepolisian kota Dusseldorf, Jerman. Mobil ini diproduksi sejak 1948 hingga 1965 (generasi pertama 1948-1949 di Austria & Generasi kedua 1950-1965 di Jerman). Dipersenjatai dengan mesin bertipe 546/2 B4 1500cc 4 percepatan dengan power hingga 65 bhp.

Walau terbilang memiliki power yang tidak besar, namun alasan Intersport memasukan mobil ini ke dalam daftar adalah karena mobil sport berbobot ringan ini merupakan salah satu cikal bakal dari mobil ikonik milik Porsche, yaitu Porsche 911.

 

Alpine A110 – Perancis

 

sumber: motor1.com

 

Pada tahun 1967 saat Brigade de Recherche et D’intervention (BRI) atau Anti Gang Brigade didirikan, Alpine A110 merupakan salah satu mobil terbaik asal negara perancis itu. Mobil dengan mesin V6 berkapasitas 1600cc 5 percepatan ini, memiliki berat hanya sekitar 700 kilogram saja, yang menjadikan mobil ini dapat melaju hingga kecepatan maksimal 210 km/jam.

Mobil Alpine A110 merupakan mobil yang memiliki DNA motorsport cabang Rally dan sempat berhasil menjuarai berbagai ajang yang diikuti khususnya pada musim WRC musim 1973. Mobil ini diproduksi dari tahun 1961 hingga 1967, yang merupakan predecessor dari Alpine 108 dan suksesor dari Alpine A310 yang melegenda.

Yang uniknya lagi mobil Alpine A110 ini masih diproduksi hingga saat ini dan masih setia digunakan oleh pihak kepolisian Perancis. Tentunya dengan model dan tipe terbaru yang lebih modern dan memiliki performa yang lebih tinggi.

 

Acura NSX – Jepang

Sulit untuk menentukan mobil polisi asal Jepang mana yang pantas untuk masuk kedalam daftar kali ini. Bertaburnya mobil-mobil legendaris yang pernah digunakan kepolisian Jepang dalam menegakkan hukum seperti, Nissan GT-R, Mitsubishi EVO hingga Nissan Z Skyline, menjadi pertimbangan yang sangat sulit. 

Mobil milik anak perusahaan Honda, Acura NSX menjadi pilihan Intersport untuk masuk ke dalam daftar ini. Mobil yang digarap langsung oleh Soichiro Honda ini merupakan jawaban atas pertanyaan, “Mampukah mobil Supercar performa tinggi memiliki harga yang terjangkau serta memiliki daya tahan yang luar biasa?”. Honda, lewat anak perusahaannya Acura menciptakan NSX dan menjawab pertanyaan diatas.

Acura NSX merupakan supercar pertama asal Jepang yang menjadi tamparan keras bagi para produsen supercar asal eropa. Memiliki desain yang cantik tidak mengherankan ketika mengetahui bahwa mobil ini didesain oleh perusahaan desain ternama Pininfarina.

 

sumber: motor-junkie.com

 

Menggunakan Ferrari 328 sebagai benchmark yang ingin dicapai, Honda menyematkan nama NSX yang dilansir memiliki makna New Sports Car Unknown World (beberapa orang menganggap bahwa X yang dimaksud adalah Eksperimental).

NSX memiliki mesin 3000cc V6 full Aluminium V-Tech yang menghasilkan 270 hp, ditempatkan pada chasis monocoque berbahan full aluminium. Mobil ini memiliki masa pengembangan yang rumit dan memakan waktu yang cukup lama, dan bahkan melibatkan banyak tim dan advisor dari ajang Formula 1 seperti sang pembalap jenius Ayrton Senna ikut membantu untuk mendapatkan handling yang sempurna pada mobil ini.

Itulah rangkaian daftar mobil klasik polisi dengan performa tinggi dari berbagai penjuru negara. Ada mobil polisi lain yang belum masuk daftar Intersport kali ini? Silahkan sebutkan mobil yang Pria Intersport kira layak untuk masuk dalam daftar kali ini di kolom komentar, Bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR