Komunitas Hotrodiningrat, Penjaga Kultur Hotrod dari Yogyakarta
29
Jul
2021
0 Comment Share Likes 532 View

Buat Pria Intersport yang doyan modifikasi, pasti sudah gak asing dengar istilah hotrod? Hotrod sebenarnya adalah aliran modifikasi mobil yang berasal dari negeri Paman Sam, Amerika. Aliran hotrod identik dengan mobil-mobil pabrikan Amerika yang mesinnya dimodifikasi buat siap terjun ke balapan dengan arena danau kering di timur laut Los Angeles. Awalnya modifikasi hotrod cuma dipakai buat balapan saja, namun hingga kini hotrod berubah jadi modifikasi lifestyle.

Semakin ke sini pecinta aliran hotrod semakin mendunia dan tentu saja Indonesia gak mau ketinggalan. Munculnya komunitas-komunitas pecinta hotrod di Indonesia adalah bukti bahwa penggemar mobil klasik sepertinya gak mau kehilangan eksistensi. Salah satunya adalah lahirnya komunitas Hotrodiningrat asal kota gudeg, Jogjakarta.

 

Sejarah Terbentuknya Hotrodiningrat

 

sumber

 

Pria Intersport, bisa dibilang Hotrodiningrat adalah komunitas penggemar mobil Amerika klasik yang pertama ada di Indonesia. Komunitas ini terbentuk sejak tahun 2010, tepatnya di bulan Februari dengan anggota awalnya berjumlah 3 orang. Nama Arif Jamil, Vari, dan Walik adalah cikal bakal berdirinya komunitas Hotrodiningrat yang awalnya hobi koleksi motor-motor antik. Kemudian mereka bertiga berhasil “meracuni” teman-temannya dengan koleksi mobil-mobil antik keluaran Amerika sebelum tahun 1965. 

Nama Hotrodiningrat sendiri merupakan gabungan dari kata hotrod yang merupakan aliran modifikasi dan diningrat yang identik dengan kota Yogyakarta. Jadinya adalah sebuah wadah komunitas pecinta aliran hotrod asal kota Yogyakarta yang sekarang sudah punya sekitar 10 anggota dan berencana tidak akan menambah anggota lagi. Yap, komunitas ini terbilang memiliki idealisme yang tinggi. Selain hanya “menampung” anggota yang memiliki mobil asal Amerika saja, bagi mereka kuantitas anggota bisa jadi nomor sekian, yang terpenting adalah rasa kekeluargaan yang tinggi, Bro. Kalcer banget gak tuh!

 

sumber

 

Berawal dari 3 orang, kemudian berkembang menjadi 10 orang, kini Hotrodiningrat namanya semakin dikenal di kalangan pecinta mobil klasik. Awal merebaknya nama komunitas Hotrodiningrat di dunia otomotif Tanah Air adalah dengan dibuatnya acara khusus mobil hotrod di Yogyakarta sekitar tahun 2014. Dari event kecil-kecilan tersebut ternyata terlihat bahwa antusiasme masyarakat tinggi banget ketika melihat jejeran mobil hotrod dipamerkan. Akhirnya, muncul ide buat bikin event hotrod yang lebih serius pertama kali tahun 2015 dan dikenal dengan nama Hotrod Weekend Party. Hampir setiap tahunnya, acara Hotrod Weekend Party digelar sebagai bentuk peringatan ulang tahun komunitas ini, yaitu sekitar bulan November - Desember.

 

Agenda Rutin

Sistem keanggotaan yang simpel dan jumlah anggota yang terbatas justru membuat komunitas Hotrodiningrat makin solid. Layaknya agenda pemilik mobil klasik, berkumpul bersama sudah menjadi tradisi yang gak bisa lepas dari komunitas ini, Bro.

Sejak terbentuk 11 tahun silam, Hotrodiningrat sudah banyak melakukan touring dan menyelenggarakan event Hotrod Weekend Party hampir setiap tahunnya. Kalau urusan touring, biasanya Hotrodiningrat bareng-bareng dengan komunitas hotrod dari daerah lain biar saling bertemu dan menumbuhkan rasa persaudaraan antar pecinta mobil klasik dari Amerika.

 

sumber

 

Gak cuma itu, komunitas Hotrodiningrat juga sering mengikuti event lomba modifikasi mobil, seni, dan sejenisnya. Sekarang, sudah belasan piala berhasil disabet komunitas ini dari acara-acara kontes mobil klasik. Memang gak bisa dipungkiri kalau membangun mobil klasik pasti dibutuhkan seni. Jadi, darah seni memang sudah mengalir ke darah masing-masing anggotanya. Gak cuma modifikasi, tapi juga seni membuat tampilan mobil makin klasik lagi seperti udah jadi makanan sehari-hari. Jangan kaget kalau komunitas Hotrodiningrat kini memiliki bengkel-bengkel andalan yang ditunjuk buat jadi rumah modifikasi mobil koleksinya. Salah satunya ada di daerah Kotagede, Yogyakarta. 

Kini, nama Hotrodiningrat semakin dikenal hingga ke pelosok negeri. Di media sosial instagram (@)hotrodiningrat, lo bisa melihat kalau komunitas ini sudah memiliki hampir 17 ribu pengikut. Di sana juga terpampang ragam aktivitas dari anggota Hotrodiningrat mulai dari gathering, event, touring, hingga proses modifikasi.

 

Kira-kira, apa yang terlintas di pikiran lo ketika melihat mobil-mobil hotrod, Bro? Ceritain di kolom komentar ya!

SAMPAIKAN KOMENTAR