Knalpot Keluar Asap? Perhatikan Hal Hal Berikut
25
Mar
2020
0 Comment Share Likes 76 View

Memanaskan mobil di pagi hari atau sebelum mobil akan digunakan merupakan hal yang paling penting bagi pemilik kendaraan. Dengan memanaskan kendaraan, tentu saja akan berpengaruh ke peforma kendaraan yang akan menjadi lebih optimal ketika digunakan. Saat memanaskan kendaraan, tentu kalian akan melihat asap tipis yang keluar melalui knalpot jika kalian memperhatikan bagian pembuangan knalpot. Hal ini sebenarnya merupakan hal yang wajar terjadi pada sebuah mesin terutama kendaraan. Asap yang keluar adalah merupakan hasil dari proses pembakaran yang ada di dalam ruang mesin kendaraan kalian. Dan setelah beberapa waktu asap tersebut akan mulai menghilang dengan sendirinya. Namun bagaimana jika knalpot mobil anda berasap tebal, dan tidak kunjung hilang? Bahkan sekaligus mengeluarkan tetesan air?, apakah hal tersebut merupakan hal yang normal terjadi atau malah mmenjadi pertanda kerusakan pada mesin mobil kalian?. Berikut ini penjelasan sekaligus bisa menjadi perhatian kalian tentang asap yang keluar malalui lubang knalpot.

Proses Pembakaran di Ruang Mesin
Jika knalpot mobil kalian mengeluarkan sedikit air ketika dipanaskan di pagi hari, kalian tak perlu merasa panik. Hal ini sebenarnya wajar saja terjadi saat mobil anda sedang dipanaskan dan bahkan sebagian orang menggangapnya bahwa mesin mobil dalam kondisi prima. Lalu mengapa? hal ini dikarenakan proses pembakaran yang sempurna di dalam ruang mesin mobil sehingga dapat menghasilkan gas H2O dan CO2. Pada saat suhu normal, gas H2O yang dihasilkan melalui proses pembakaran akan menguap, nah uap air ini nantinya akan keluar menuju saluran pembuangan (knalpot) yang telah mengalami proses kondensasi yang menyebabkan uap-uap air tersebut akan berubah menjadi bentuk butiran air. Hal ini sebenarnya juga bisa dijelaskan melalui rumus kimia yaitu C8H18. Saat proses pembakaran di dalam mesin mobil terjadi, C9H18 ini akan bercampur dengan udara yang mana memiliki rumus O2. Hasil dari kedua rumus ini nantinya akan menghasilkan rumus 2C8H18+25O2 atau juga sama dengan 16CO2+18H2O. Dari hasil rumusan formula ini nantinya akan menghasilkan H2O yaitu rumus kimia dari air. Jadi kalian tidak perlu khawatir jika knalpot mobil kalian berasap dan mengeluarkan air dalam jumlah yang normal ketika kalian memanaskan mobil.

Temperatur Suhu Lingkungan
Ketika kalian berada di kawasan yang memiliki suhu dingin, maka air yang menetes melalui kanlpot merupakan hal yang ssangat wajar saja terjadi dikarenakan suhu di sekitaran mobil tersebut yang memang cukup dingin. Pada daerah yang beriklim tropis, dan ketika sedang turun hujan maka potensi air dapat menetes atau merembes dari dalam knalpot juga akan sangat besar. Hal itu dikarenakan, setelah hujan turun maka otomatis temperatur udara menjadi ikut turun. Sebagian air yang dihasilkan melalui proses pembakaran ini nantinya tidak akan menguap dikarenakan temperatur di sekitar yang cukup dingin. Namun akan keluar dalam bentuk butiran air melalui saluran pembuangan (knalpot). Dan sebagiannya lagi akan menguap berbentuk asap putih tipis yang keluar melalui knalpot. Kalian bisa melihatnya pada kendaraan kendaraan yang berada di daerah bersalju.

Kerusakan Komponen Mesin
Meskipun knalpot mobil yang berasap dan berair merupakan hal yang wajar terjadi, namun hal ini juga bisa menjadi fatal dan menjadi pertanda terjadinya kerusakan pada komponen-komponen di dalam ruang mesin kendaraan kalian. Apalagi jika rembesan air yang keluar merupakan oli bukanlah air hasil dari proses pembakaran. Biasanya hal ini disebakan oleh  kondisi klep yang sudah getas, ring piston mengalami keausan, baret di dalam dinding silinder dan lainnya yang menyebabkan oli akhirnya merembes ke dalam ruang bakar dan akan keluar melalui knalpot. Gejala gejala itu juga bisa di sebabkan oleh Air Coolant yang Terbakar oleh Mesin, Kemungkinan disebabkan oleh kerusakan packing head, silinder head, atau keretakan pada blok mesin. Bore Silinder dan Ring Piston yang Ausjika sudah begini kalian wajib mengganti piston dengan yang baru dan bore silinder pun harus di lakukan over size. Kerusakan pada PC Valve dimana tugas PC Valve adalah menghisap uap panas dari mesin ke intake manifold. Bila bagian ini terjadi kerusakan maka uap oli akan terhisap ke intake manifold. Seal Valve Bermasalah, Bagian ini yang mencegah oli masuk ke ruang pembakaran. Kerusakan pada komponen ini memungkinkan oli ikut terbakar masuk ke ruang mesin mobil kalian.

Intinya adalah knalpot mobil berasap dan berair sebenarnya bukan masalah yang perlu anda khawatirkan, jika hal ini masih terjadi dalam hal yang wajar dan tidak terjadi secara terus menerus. Namun jika ini terjadi secara terus menerus hingga mengeluarkan rembesan oli, maka kalian patut untuk mewaspadainya. Lakukan pengecekan rutin untuk memastikan kerusakan yang terjadi. Jika tidak ada waktu maka kalian perlu bawa langsung ke bengkel terdekat untuk dilakukan pengecekan lebih mendalam sehingga kerusakan yang terjadi tidak bertambah parah dan bisa di minimalisir. Itulah tadi beberapa pengertian mengenai knalpot mobil kalian yang mengeluarkan asap tipis dari bagian knalpot, semoga dapat membantu kalianjika masalah ini terjadi pada kendaraan di sekitar kalian

SAMPAIKAN KOMENTAR