Kepingin Daihatsu Rocky? Tahan Dulu
13
Jan
2020
0 Comment Share Likes 406 View

Strategi bisnis yang diterapkan oleh PT Astra Daihatsu Motor (ADM) selaku Agen Pemegang Merek (APM) mobil Daihatsu di Indonesia tahun ini cukup unik. Pasalnya Daihatsu dengan tegas menyatakan bahwa tidak akan menghadirkan bahkan menambah mobil baru pada 2020 ini. Langkah itu nyata berbeda bila dibandingkan dengan pabrikan mobil lain di Tanah Air. Di mana sebagian besar dari mereka telah mencanangkan akan menambah produk baru tahun ini.

Berbekal produk yang ada sekarang ini, Amelia Chandra selaku Marketing Director PT ADM yakin pihaknya masih bisa bertahan menghadapi pesaing. Sebab mobil yang dipasarkan hingga 2020 ini dibangun khusus sesuai keinginan konsumen di Tanah Air.
 


“Para pesaing sudah menyiapkan produk baru, Daihatsu tidak ada tahun ini. Tapi kami percaya apa yang kami berikan kepada masyarakat Indonesia itu produk yang best untuk Indonesia. Karena kami selalu pikirkan produk yang paling cocok untuk Indonesia itu apa, itu yang kami lakukan dari segi produk. Kalau tambahan produk tahun ini tidak ada,” kata perempuan yang akrab disapa Amel itu, di Jakarta, Kamis (9/1/2020) kemarin.
 


Meski demikian, Amel memberikan sedikit bocoran bila 2020 ini akan ada salah satu mobil baru yang mengalami penyegaran sedikit yaitu Daihatsu Sirion. Rencananya mobil yang menyasar kaum muda di perkotaan itu bakal dirilis Maret mendatang. “Tahun ini tidak ada produk baru, yang ada penyegaran produk saja, jadi enggak ada peluncuran,” tegas Amel.
 


Produk kolaborasi antara Daihatsu dan Toyota kembali bertambah. Produk itu diberi nama Daihatsu Rocky dan Toyota Raize. Keduanya telah resmi dirilis di Jepang tahun lalu. Kemungkinan untuk masuk ke Indonesia terutama Daihatsu Rocky belum bisa diterka. Sebab sampai saat ini Daihatsu masih melakukan studi terhadap Rocky, mulai dari spesifikasi hingga harga jualnya.
 


“Daihatsu Rocky tidak keluar tahun ini,” jawab Amel. Amel menambahkan pihaknya akan segera memberitahu jika seandainya mobil jenis Sport Utility Vehicle (SUV) jadi diluncurkan di Indonesia. “Nanti pada waktunya saya informasikan, tapi tahun ini saya hanya bisa bilang kami tidak akan keluarkan Daihatsu Rocky, termasuk memamerkannya,” pungkasnya.

Seperti diketahui, Daihatsu Rocky diciptakan dengan platform Daihatsu New Generation Architecture (DNGA). Secara dimensi, Rocky memiliki panjang 3.995 mm, lebar 1.695 mm, dan tinggi 1.620 mm dengan wheelbase 2.525 mm. Mobil ini dibekali mesin 1.0 liter berkonfigurasi tiga silinder segaris DOHC, intercooler turbo. Tenaga yang dihasilkan sebesar 96 Hp pada 6.000 Rpm dan torsi maksimal 140 Nm pada 4.000 Rpm. Sementara itu, spesifikasi mesin 1.2 liter naturally aspirated tidak diungkap saat peluncuran beberapa waktu lalu.
 
 
 

SAMPAIKAN KOMENTAR