Kenalin Dulu Jenis-jenis Coilover dan Kelebihannya Sebelum Diceperin
30
Jun
2021
0 Comment Share Likes 131 View

Bagi pengguna mobil sedan, kurang lengkap rasanya kalau mobil belum dibuat lebih pendek atau diceperin. Salah satu cara membuat mobil lebih pendek bisa memakai coilover. Apa sih coilover itu?

Coilover merupakan suspensi mobil yang sering digunakan modifikator untuk melakukan setting kaki-kaki. Suspensi coilover ini bisa diatur keras-lembutnya serta tinggi-rendahnya mobil. Cara ini dinilai jadi cara paling gampang membuat mobil jadi lebih ceper.

Cuma, yang masih banyak orang belum tahu adalah ternyata coilover ini banyak jenisnya. Jenis-jenis coilover inilah yang mau kita bahas, bro. Sebab setiap jenis coilover ini punya kelebihan masing-masing, hmmm kira-kira apa aja ya?

 

Jenis-jenis Coilover dan Kelebihannya

Coilover Sleeves

Jenis coilover pertama yang wajib lo tahu adalah model coilover sleeves. Ini merupakan hanya bagian per-nya saja yang dibekali dengan pengaturan ketinggian suspensi. Coilover jenis ini umumnya bisa dikombinasikan dengan shock breaker aftermarket, dan tidak bisa dikombinasikan dengan shock breaker bawaan pabrik.

Umumnya shock breaker yang digunakan memakai 1 merek yang sama dengan per yang dipakai agar tingkat kekerasan dan keempukannya sama. Kelebihan coilover jenis ini punya pengaturan yang lebih banyak berkat kombinasi per yang bisa disesuaikan.

 

Coilover Non Shock Adjustable 

Jenis kedua adalah yang tidak dibekali dengan fitur pengaturan kompresi di shock breaker. Coilover jenis ini hanya bisa mengatur tinggi dan rendahnya suspensi, sehingga kenyamanan akan lebih dikorbankan ketika memakai perangkat ini. 

Biasanya mereka yang beli coilover jenis ini sudah mendapatkan satu paket dengan shock breaker. Kelebihan coilover jenis ini lebih mudah untuk diatur tinggi-rendahnya ground clearance mobil. 

 

Coilover Shock Adjustable

Coilover jenis ini merupakan tipe coilover yang bisa mengatur kompresi pada shock breaker sehingga bisa disetel tingkat kekerasan dan empuknya. Coilover jenis ini merupakan yang paling laris di pasaran, karena pengaturannya lebih mudah dan umumnya sudah diciptakan plug and play untuk mobil.

 

Coilover with Camber Kit

 

sumber

 

Ada lagi coilover yang disertai dengan camber kit. Umumnya coilover jenis ini juga bisa diatur tingkat keras dan empuknya kompresi shock breaker, bedanya ia sudah dilengkapi camber kit di roda bagian depan dan belakang.

Kelebihan coilover jenis ini jelas memberikan kenyamanan lebih baik dengan pengaturan kompresi shock breaker. Selain itu dengan adanya camber kit membuat pemilik mobil bisa mengatur camber yang dibutuhkan, sehingga settingan negatif dan toe in pada roda bisa didapatkan dengan lebih maksimal lagi.

 

Coilover with Electronic Control

 

sumber

 

Yang terakhir adalah coilover yang bisa diatur menggunakan perangkat elektronik. Simpelnya, jenis coilover ini mirip dengan suspensi udara tetapi bedanya coilover jenis ini lebih diperuntukkan untuk mobil-mobil eksotis dan sports car saja. 

Kelebihannya pun terbilang paling lengkap, bisa mengatur keras-lembutnya bantingan, tinggi-rendahnya ground clearance, dan dibekali dengan camber kit beserta mounting camber kit. Pemilik mobil juga sudah mendapatkan shock breaker yang sifatnya plug and play.

Keempat jenis coilover yang ada ini umumnya mudah ditemui di pasaran, hanya saja harganya jelas berbeda-beda. Semakin lengkap pengaturannya, akan semakin mahal harga coilover tersebut biasanya. Kenyamanan yang diberikan dari coilover dengan pengaturan lengkap juga tentu lebih baik dibanding coilover yang hanya bisa diatur tinggi rendahnya saja. 

 

Nah, sebelum beli coilover coba dilihat-lihat dulu kira-kira lo butuhnya yang jenis apa nih, Pria Intersport.

SAMPAIKAN KOMENTAR