Kenali Ciri-ciri Sleeper Car, Serigala Berbulu Domba
27
Apr
2021
0 Comment Share Likes 334 View

Pria Intersport, lo pernah mendengar kata sleeper car nggak sih? Ini bukan mobil tukang tidur ya. Tetapi, biasanya julukan seperti ini layak disematkan buat mobil yang performa mesinnya buas, tapi tampilannya biasa aja. Jika ketemu sama mobil kayak begini, rasanya lo wajib hati-hati, bro! Soalnya seringkali mobil sleeper ini selalu berhasil mengecoh mata orang awam. Soalnya kalau dilihat secara sekilas memang bukan kelihatan sebagai mobil yang kencang. 

Tapi siapa sangka kalau udah diajak ngebut, ternyata performa mesinnya bisa membuat kita menganga keheranan. Supaya lo nggak ketipu sama sleeper car ini, sebaiknya lo pahami dulu nih ciri-ciri mobil sleeper yang wajib diwaspadai kalau ketemu di jalanan.

 

Terbagi 2 Jenis, Standar dan Modifikasi

Sebelum membahas cirinya, ketahui dulu bahwa mobil sleeper ini tidaklah selalu hasil modifikasi. Banyak juga mobil bawaan pabrik yang ternyata dibekali dengan performa mesin yang mumpuni.

Beberapa mobil ada yang sudah dilahirkan untuk menjadi sleeper. Secara estetika biasanya mobil seperti ini memang tidak mengundang decak kagum. Tapi sekali ngebut, bisa membuat orang yang meremehkannya langsung jadi ciut.

 

sumber

 

Salah satu contoh sleeper car yang sudah kencang dari lahir contohnya adalah Nissan Skyline GT-R R32. Eits, tenang jangan marah dulu. Pada saat mobil ini diluncurkan di akhir 1980-an, banyak yang meremehkan R32. Tampilannya memang sedan coupe yang tidak ada seram-seramnya. Ternyata ketika diadu, performa mesinnya bisa mengalahkan supercar yang sudah ada. Nggak heran kalau GT-R R32 menyandang gelar Godzilla sejak saat itu. Sebelumnya mana ada orang yang tahu jika Skyline R32 adalah mobil kencang? 

Untuk sleeper car modifikasi tentu sudah banyak sekali. Di dunia ini sudah sangat banyak sekali orang yang melakukan modifikasi performa dengan gaya sleeper. Misalnya, bodi mobilnya memakai Toyota Kijang Super 1990-an, tetapi mesinnya memakai 2GD-FTV kepunyaan Kijang Innova. 

Secara kasat mata memang mobil tersebut terlihat seperti Kijang tua. Tetapi ketika diajak melaju, bak orang tua yang kesetanan. Setelah diusut, mesin yang digunakan sudah menggunakan mesin baru. Siapa yang menyangka bukan?

 

sumber

 

Alasan Orang Membuat Sleeper Car

Ada beberapa alasan mengapa orang ingin membuat sleeper car. Salah satunya adalah hanya senang-senang atau lucu-lucuan saja. Ketika orang melakukan modifikasi, tujuan utamanya jelas ingin mendapatkan perbedaan. 

Sleeper car sebenarnya punya tujuan utama untuk membuat orang meremehkan mobil tersebut. Kepuasan yang didapatkan berupa kepuasan batin dari orang yang meremehkan mobil tersebut. “Halah cuma mobil tua,” kata orang yang melihat. Tetapi ketika diajak ngebut, orang yang meremehkan ini bakal terdiam dan merasa salah telah meremehkan mobil tua. Poin inilah yang sebenarnya dicari dari mereka yang membuat mobil sleeper.

 

Ciri-ciri Sleeper Car

Ada beberapa cara yang bisa lo gunakan supaya nggak ketipu sama mobil sleeper. Sebab, mobil sleeper memang kesannya terlihat seperti mobil biasa saja. Tetapi masih ada beberapa ciri yang bisa ditemui.

Ciri pertama yang bisa dilihat adalah penggunaan ban yang bagus. Biasanya mobil sleeper dengan performa mesin yang sudah diubah membutuhkan ban yang bagus. Tujuannya agar mendapatkan traksi agar performa mesinnya semakin yahud ketika di atas aspal.

 

sumber

 

Poin kedua setelah ban, cek juga sela-sela peleknya. Jika kedapatan memakai big brake kit (BBK) atau rem yang besar, kemungkinan mobil tersebut adalah mobil sleeper. Terkadang BBK yang dipasang juga sebisa mungkin tidak dipamerkan. Misalnya di cat seperti bawaan pabrik. Namun biasanya kaliper rem yang ukurannya besar menjadi salah satu ciri dari mobil sleeper. Mesin yang sudah dimodifikasi tentu membutuhkan sistem pengereman yang mumpuni.

Cara lain mengidentifikasi mobil sleeper adalah suara mesin. Suara mesin menjadi salah satu hal yang tidak bisa dibohongi. Mesin mobil tersebut biasanya punya suara lebih kasar dibanding mobil standar. Atau bisa juga suara mesinnya terdengar padat.

 

sumber

 

Untuk modifikasi mesin yang ekstrem, biasanya akan membuat mobil memiliki getaran yang lebih besar. Coba perhatikan baik-baik mobil tersebut saat diam, jika idle mesinnya terlihat agak bergetar dengan suara mesin yang padat, bisa jadi mobil tersebut adalah mobil sleeper

Cara terakhir adalah tampilan. Ada 2 tampilan yang diusung oleh para penggemar mobil sleeper. Tampilan rapi ala mobil standar atau tampilan ala kadarnya atau bahkan cenderung berantakan agar tidak dipandang oleh orang lain. Hal ini seperti yang sudah dijelaskan sedikit di atas, tujuannya agar orang bisa menganggap remeh mobil tersebut. 

Beberapa ciri-ciri sleeper car di atas bisa menjadi panduan lo buat mengidentifikasi mobil di jalan, bro. Coba perhatikan baik-baik beberapa ciri di atas, jika penasaran coba aja untuk ‘menggoda’ mobil tersebut supaya mau ngebut. Ibaratnya mencoba membangunkan serigala yang lagi tidur di dalam tubuh domba nih!

SAMPAIKAN KOMENTAR