KARMA Body Kit, Karya Anak Bangsa Yang Mendunia
12
Jan
2021
0 Comment Share Likes 328 View

Evolusi GT86 yang Menjadi Awal Mula terciptanya “KARMA”

Kerap kali modifikasi dianggap sebagai luapan ekspresi dan imajinasi dari tiap modifikator yang melakukan kegiatan tersebut. Modifikator biasanya menganggap mobil yang mereka tunggangi merupakan kanvas kosong yang siap untuk dicoret dan digoreskan seni dan imajinasi dari pemiliknya. Terlebih ketika berbicara tentang modifikasi pada eksterior mobil yang menjadi identitas sendiri bagi pemilik dan mobil tunggangannya. Namun apa hal yang akan terjadi jika berbagai part yang dibutuhkan dalam modifikasi eksterior yang beredar di pasaran tidak ada yang dapat memenuhi selera sang modifikator?

Hal ini terjadi pada sosok Pria Intersport yang satu ini, ia adalah Kiki Anugraha. Lewat sebuah kanvas kosong berupa Toyota GT86 miliknya, yang bukan hanya berhasil memenuhi ekspektasi dirinya sendiri lewat hasil modifikasnya, namun juga berhasil memenuhi banyak ekspektasi dari pemilik GT86 lainnya di seluruh dunia. 

Tidak jauh berbeda dengan para modifikator lainnya yang mengawali sebuah projek modifikasi lewat pencarian referensi terlebih dahulu, Kiki Anugraha mencari referensi hingga jauh-jauh ke negeri seberang untuk mendatangi sebuah Auto show. Kiki yang juga berasal dari keluarga yang mencintai dunia otomotif menjadi terinspirasi untuk mencoba memodifikasi berbagai mobil yang ia miliki saat masa sekolah.

 

Hobi Modifikasi yang Muncul Kembali

Namun hobi otomotifnya sempat berhenti karena berbagai kesibukan saat masa kuliahnya, dan baru memulai kembali hobinya saat sudah menikah. Kiki memulai kembali hobi modifikasinya lewat sebuah mobil kompak perkotaan Toyota Agya, yang dimana menjadi awal baru bagi dirinya untuk memulai kembali hobi otomotifnya yang sempat redup. Berhasil puas dengan Toyota Agya miliknya, kemudian Kiki beralih kepada sebuah medium SUV populer asal pabrikan Honda yaitu HR-V.

Lewat kedua mobil tersebut jiwa seni Kiki kembali dan membuatnya memutuskan untuk memodifikasi mobil yang lebih ekstrim dari kedua mobil sebelumnya. Kiki mendambakan sebuah mobil sport coupe 2 pintu yang dapat diandalkan serta ekonomis, sehingga terpilih lah Toyota GT86 sebagai kanvas pada seni modifikasi yang akan ia implementasikan.

 

GT 86 Kiki Anugraha V1 

Selain menjadi mobil sport 2 pintu paling terjangkau, alasan Kiki meminang GT86 adalah karena tampilan mobil ini yang cocok dengan berbagai tema modifikasi seperti JDM sampai Stance. Pada awalnya Kiki memilih untuk mengimplementasikan tema JDM pada GT86 miliknya dengan menggunakan beberapa aksesoris berbahan serat karbon dengan velg TE37. Kemudian Kiki juga menyematkan body kit Rocket Bunny V2 pada GT86 miliknya.

 

 

Lewat goresan seni modifikasi pada GT86 miliknya, Kiki mendapatkan antusiasme yang baik serta respon yang positif lewat karyanya. Hal tersebut menjadikan Kiki semakin yakin bahwa modifikasi merupakan kegiatan yang memang ia cintai.

Beberapa tahun berselang Kiki mencoba untuk memberikan update pada tampilan mobilnya dengan mencari referensi seputar tren body kit yang sedang ramai digunakan pengguna GT86 di seluruh dunia. Walau begitu, Kiki merasa belum mendapatkan tampilan ideal yang ia inginkan pada GT86 miliknya, sehingga mulai terbesit dalam pikirannya untuk mencoba mendesain sendiri body kit untuk GT86nya dan menjadikannya sebagai bisnis. 

 

Dari Ketidakpuasan Menjadi Peluang Bisnis

Akhirnya setelah berkutat dengan desain dan pemilihan material pada body kit nya, Kiki berhasil menciptakan sendiri desain body kit GT86 yang ia beri nama KARMA. Sontak body kit KARMA ini langsung digunakan pada mobil pribadinya dan mendapatkan antusiasme yang luar biasa dari para pecinta otomotif.

 

 

Body kit KARMA yang membuat tampilan GT86 semakin besar dan kekar ini, di kombinasikan dengan pemilihan Velg SSR Power Mesh Ring 19 dengan camber negatif yang semakin menambah kekar tampilan GT86 miliknya, apalagi ditambah dengan pemilihan warna eksterior mobil secara keseluruhan yang berevolusi dari warna putih menjadi biru dengan nuansa candy look.

Lalu pada bagian interior mobil. Kiki menambahkan berbagai ornamen serat karbon pada berbagai part pada mobilnya, seperti pada bagian door handle, shift knobs, start button engine dan berbagai bagian kompartemen mobilnya.

 

 

Sedangkan bagian dapur pacu, Kiki masih mempertahankan konfigurasi naturally aspirated dengan ditambahkan berbagai penunjang seperti piping, header serta knalpot racing.

 

 

Sedangkan bagian kaki-kaki, Kiki menyematkan camber kit yang dipadukan dengan air suspension untuk mempertegas tampilan Velg SSR Formula Mesh yang ia gunakan.

 

 

GT86 Kiki Anugraha V2 (Now)

Modifikasi yang terlihat pada GT86 milik Kiki Anugraha ini telah dibangun sejak tahun 2018 dimana ia dan beberapa rekannya memutuskan untuk menciptakan sebuah merek part aftermarket yang berfokus pada pembuatan body kit khusus mobil-mobil sport yang diberi nama KARMA dan menjualnya secara worldwide, seperti ke Amerika, Kanada serta China.

 

 

Body kit KARMA yang memiliki tiga pilihan model untuk Toyota GT86, Lamborghini Aventador, dan Porsche Cayman kini semakin populer di kalangan pecinta otomotif. Hal ini memberikan Kiki harapan akan perkembangan dunia otomotif di Indonesia. Kiki berharap bahwa para penggemar otomotif di Indonesia harus lebih kompak dan bangga akan produk-produk aftermarket lokal, seperti yang terlihat pada industri otomotif di Jepang. Dengan begitu, Kiki yakin bahwa industri otomotif di Indonesia akan terus berkembang dan dapat bersaing di kancah Internasional.

Hal tersebut bukan hanya sebatas omongan belaka, terbukti ketika Kiki rela melepas body kit sebelumnya yaitu body kit asal jepang Rocket Bunny V2 yang sudah memiliki reputasi yang sangat baik dan menjadi benchmark dunia otomotif pada part body kit. Dan menggantinya dengan produk lokal hasil karya tangannya sendiri.

 

Saksikan juga video Driven by Passion Eps. 4 - Toyota GT86 by Kiki Anugraha dan episode lainnya di channel YouTube Intersport Auto ya, Bro!

SAMPAIKAN KOMENTAR