Kangen Dengan VW combi? Ada Versi Konsep Dari VW Berdarah Combi
18
Jan
2020
0 Comment Share Likes 252 View

Didorong oleh permintaan pasar yang meninginkan mobil ini terlahir kembali, Volkswagen mengumumkan bahwa ia berencana menjual versi produksi massal I.D. Buzz pada 2022 untuk Amerika Serikat, Eropa dan Cina. I.D. Buzz sendiri adalah reinkarnasi dari VW Combi yang sangat terkenal di dunia.

“Untukku, Buzz concept adalah mobil listrik paling yang indah dan paling menarik di dunia, ”kata Dr. Herbert Diess, Ketua Dewan Manajemen untuk merek Volkswagen, di Pebble Beach, California.

“Tujuan kami jelas, kami ingin menjadikan mobil yang sepenuhnya listrik dan menjadi mobil listrik ter laris di seluruh duna. Mobil ikonik dari zaman listrik haruslah Volkswagen. ” tandas Herbert Diess.

VW I.D. Buzz adalah konsep EV kedua yang di ciptakan oleh VW untuk produksi massal, bersama dengan I.D. Konsep yang lainya yaitu I.D. Crozz (model electric car crossover SUV) dan I.D.Vizzion (model electric car sedan) dijadwalkan untuk memasuki produksi awal sekitar tahun 2019 sebagai model 2020, I.D. Konsep Crozz telah menunjukkan bagaimana VW SUV listrik bisa terealisasikan. Ketiganya menggunakan kit Modular Electric Drive VW (atau MEB, untuk akronim Jerman-nya), sekelompok komponen dan bagian sasis yang dibuat untuk memaksimalkan potensi penggerak listrik dan teknologi masa depan.

VW I.D. Buzz dirancang untuk mengingat Microbus Tipe 2 dapat dilihat dari bahasa body dan siluet mobil ini, I.D. Buzz sendiri telah memenangkan beberapa penghargaan dalam beberapa bulan sejak di perkenalkan pada ajang Detroit Auto Show. Garis siluet V pada body depan depan seakan  memanggil kembali aura VW combi/bus terdaahulu, tetapi pada I.D. Buzz di selipkan strip cahaya yang mengelilingi kendaraan pada body line dan memberinya kesan visual yang unik. Body yang kompak di sandingkan dengan lampu depan LED yang berbentuk heksagonal menambah kesan unik dan futuristik pada mobil ini. Dengan overhang bodi hampir nol dan roda 22 inci, VW I.D. Buzz berhasil tampil modern dan tak lekang oleh waktu, itulah salah satu keunggulan dari desain merek Volkswagen.

VW Bus pertama yang dijual di Amerika Serikat pada tahun 1950 memiliki power sebesar 30 hp. Namun pada VW I.D. Buzz ini power yang dapat di raih mencapai 369 hp dari mesin motor listrik pada setiap axle yang juga menggerakan ke empat rodanya dan paket baterai 111 kWh pada lantai sasis MEB yang di yakini dapat menempuh sekitar 300mil atau sekitar 438 kilometer. VW I.D. Buzz menggunakan sistem pengisian daya yang cepat, mobil ini dapat mengisi ulang sekitar 80 persen kapasitas energi batrenya dalam 30 menit pada 150 kW. Tapi sama seperti Microbus asli, desain bentuk pada I.D. Buzz dengan platform MEB ini menyediakan kapasitas ruang yang sangat luas untuk penumpang atau kargo, dilengkapi juga dengan kaca jendela serta dua buah moonroof yang besar agar penumpang dapat melihat pemandangan sekitar yang luas serta memberikan kesan ruangan yang lega. Bahkan pada bagian depan tersedia bagasi, persis seperti VW Beetle.

I.D. Buzz juga menawarkan fitur dengan teknologi otonom yang akan dikembangkan VW untuk model masa depan  yaitu "I.D Pilot." yang memungkinkan sepenuhnya berjalan secara otomatis. Sebagai mode percontohan yang dapat mulai diproduksi pada tahun 2025. Dari stir kemudi lipat yang dapat di sembunyikaan ke dashboard dan menjadikan interior VW I.D. Buzz ini sangat lapang, pop-up laser scanner di bagian atap hingga tampilan head-up yang mengintegrasikan augmented reality, ini membuat VW I.D. Buzz tidak kekurangan inovasi.

Tampilan VW I.D. Buzz ini memang sangat menggoda. Terlihat futuristik, namun tak meninggalkan karakter VW Combi lawas. Dari pemilihan warnanya pun sama dengan aksen dualtone, pada bodi bagian bawah dan atap putih. Logo VW yang besar pun menghiasi fascia depan tanpa grill. Pada lampu utama dan foglamp dipastikan memakai LED. Dual sunroof, pintu belakang yang lebar, ditambah pintu geser pada bagian sisi penumpang untuk mengoptimalkan fungsi interior. Untuk konfigurasi pada interior bagian penumpang sementara ini, ada 3 baris kursi yang dapat di sesuaikan pada kursi bagian depan dapat memuat 2 orang dan pada bagian tengah disediakan kompartemen. Pada kursi baris ke dua ini sangat istimewa karena dapat di atur sesuai kbutuhan, mau berhadapan atau seperti mobil pada umumnya, kursi baris ke dua ini dapat di lipat rata dengan kursi baris ke tiga hingga dapat membentuk sofa tidur atau lebih terkenal sebagai kursi rocknroll bagi para penggemar VW combi. Yang pasti, mobil sanggup membawa beban maksimum 800 kg. Kemudian mobil punya rak digital yang diberi nama Sortimo. Rak ini dapat memantau stok dan mengingatkan Anda tentang barang-barang anda sebelum anda meninggalkan mobil. VW menjamin kenyamanan berkendara dan kepraktisan secara optimal.

 

 

SAMPAIKAN KOMENTAR