Jangan Asal Pasang Turbo Di Mobilmu, Perhatikan Hal-Hal Berikut Ini!
11
Feb
2020
0 Comment Share Likes 818 View

Turbo atau Turbocharger adalah sebuah kompresor sentrifugal yang mendapat daya dari turbin yang sumber tenaganya berasal dari asap gas buang kendaraan. Biasanya digunakan di mesin pembakaran dalam untuk meningkatkan keluaran tenaga dan efisiensi mesin dengan meningkatkan tekanan udara yang memasuki mesin. Kunci keuntungan dari turbocharger adalah mereka menawarkan sebuah peningkatan yang lumayan banyak dalam tenaga mesin hanya dengan sedikit menambah berat.

 

Turbocharger ditemukan oleh seorang insinyur Swiss Alfred Büchi. Patennya untuk turbocharger diaplikasikan untuk dipakai tahun 1905. Lokomotif dan kapal bermesin diesel dengan turbocharger mulai terlihat tahun 1920an.

 

Selain Turbocharger ada saingannya yaitu bernama supercharger. Berbeda dengan turbocharger, supercharger diatur secara mekanis digerakkan oleh mesin. Sabuk, rantai, poros, dan roda gigi adalah metode umum untuk menjalankan supercharger, meletakkan beban mekanis pada mesin. Misalnya, pada satu tahap mesin Rolls-Royce Merlin dengan supercharger berkecepatan tunggal, supercharger akan menggunakan tenaga mesin sekitar 150 tenaga kuda (110 kilowatt). Namun manfaatnya lebih besar, karena dari tenaga 150 hp (110 kW) untuk mendorong supercharger, mesin akan menghasilkan tambahan 400 tenaga kuda, sehingga keuntungan bersihnya 250 hp (190 kW). Dari sinilah kelemahan utama supercharger terlihat, karena mesin harus menahan daya keluaran bersih dari mesin ditambah tenaga untuk menggerakkan supercharger.

 

Nah bila kalian ingin memasang Turbocharger ke mobil kalian, kalian harus memastikan menggunakan komponen turbo yang baik diperlukan bagi Anda yang ingin menambahkannya. Hal ini penting, karena salah memilih komponen turbo tak hanya dapat menyebabkan penurunan performa, namun juga risiko insiden yang tak diinginkan.

Menurut Yosef Bee, sang owner dari H2O Bodyworks, menjelaskan bahwa terdapat 3 hal penting yang harus diperhatikan saat akan memasang komponen turbo.

"Usahakan untuk mencari atau membeli turbo yang sudah plug&play. Hal ini menghindari pengerjaan custom pada beberapa bagian part-nya," ujar Yosef.

Poin kedua adalah mencari turbo yang berkualitas. Menurut Yosef, sebaiknya memilih merek turbo yang memang sudah dikenal. Soalnya turbo termasuk komponen yang bekerja dengan beban berat, sehingga diperlukan material yang bagus juga untuk menunjangnya.

 

Selanjutnya adalah cara pemasangannya. Pengguna turbo harus memastikan setingan antara turbo dengan komponen lainnya sesuai atau tidak berlebihan.

"Settingan piggyback jangan terlalu dipaksakan untuk mendapatkan horse power yang terlalu tinggi apabila ditujukan untuk pemakaian harian. Menambah 75-100 hp sudah cukup," jelas Yosef.

3 Hal tersebut menurut Yosef saling berkaitan dalam mempengaruhi awet tidaknya komponen turbo. Apabila salah satunya tidak dipenuhi, usia pakai turbo bisa menjadi lebih pendek dari seharusnya.

"Merk bagus tapi pasangnyanya asal, bisa cepet rusak juga. Merk asal, pasang bagus, sama juga. Merk bagus, pasang bagus, pakainya asal, sama aja," tutup Yosef.

 

Bahkan diluar negri pun ada modifikasi Turbo Extreme, jadi mereka memasang Turbo ke mobil mereka lebih dari dua. Tetapi biasanya modif seperti ini hanya dilakukan untuk mobil kontes dan ajang pamer saja, jika mobil ini dibuat ngebut kalau tidak hati hati mesin bisa meledak.

Kebanyakan di Indonesia, pecinta otomotif lebih banyak yang suka dengan Turbo. Selain hemat bahan bakar, gas buang dari hasil pembakaran yang sempurna dinilai lebih ramah lingkungan juga suara dari mobil yang memakai turbo ini sangat khas dan dinilai lebih keren, biasanya orang menirukan suaranya dengan istilah “Stututu”.

Sampai tahun 2020 ini pun para pecinta modifikasi juga masih menyukai si Turbo ini, apalagi dengan gemboran Youtuber Motomobi dengan tagline “kami suka turbo” nya. Menjadikan banyak orang memasang turbo ke mobil mereka.

Bagaiman menurut kalian? Sudah siapkah mobil kalian dipasangkan Turbo? Jika sudah maka nikmatilah performa dan kecepatan yang diberikannya.

SAMPAIKAN KOMENTAR