Jaguar XJ6 Daimler OEM: Kejar Dandanan Seperti Asli Pabrikan
18
Nov
2020
0 Comment Share Likes 135 View

Seringkali kita temui berbagai modifikator pemula maupun profesional menjadikan kendaraan mereka sebagai kanvas lukis yang menggambarkan kepribadian sang pemilik. Modifikasi juga menjadi salah satu cara bagi para modifikator untuk membuat tampilan mobilnya berbeda dari mobil-mobil lain yang biasa ditemui di jalanan (mobil standar).

Namun kini sedang marak pula aliran modifikasi yang justru memiliki tujuan untuk memberikan tampilan mobilnya menjadi tampilan standar dengan maksud memberikan keamanan dan kenyamanan berkendara yang proposional.

 

Modifikasi Original Equipment Manufacturer

Faktor keamanan dan kenyamanan pada aliran modifikasi ini adalah salah satu faktor yang paling penting, sehingga pemilihan part original merupakan hal yang tidak bisa dihindari.

Setuju atau tidak, part original asal pabrikan dapat dikatakan merupakan part yang paling awet dan jauh dari masalah. Bagaimana tidak, tiap pabrikan bisa menghabiskan waktu bertahun-tahun lamanya untuk mengembangkan mobil yang akan dihadirkan ke pasar untuk memiliki kekuatan dan ketangguhan dalam waktu lama.

 

 

Biasanya aliran modifikasi ini berbasis dari kendaraan yang sudah berumur lebih dari sepuluh tahun atau bahkan lebih. Mobil yang sudah berumur biasanya kerap memiliki berbagai masalah dan kebutuhan penggantian komponen pada banyak sektor.

 

 

Di sinilah para penggiat aliran modifikasi OEM ini merasa tertantang untuk membuat mobilnya kembali seperti sediakala, bahkan beberapa penggiatnya mencoba untuk mengembalikan tampilan mobilnya menjadi semirip mungkin dengan brosur mobil tersebut di mana saat mobil itu diciptakan.


Beberapa modifikator aliran OEM ini juga kerap kali memberikan perubahan pada velg mobil mereka, salah satu komoditas umum penggantian velg aliran modifikasi aliran OEM ini adalah dengan menggunakan velg kaleng original pabrik.

 

 

Velg kaleng asal pabrik dikenal memiliki kekuatan dan ketahanan yang baik dan juga harganya pun terbilang ramah di kantong dibandingkan dengan velg racing atau velg replika sekalipun. Walaupun memiliki tampilan yang agak “jadul” namun velg ini tetap menjadi favorit dalam aliran modifikasi ini.

Beberapa modifikator juga kian memberikan sentuhan pemanis pada velg kaleng mereka dengan memberikan warna cat yang baru, untuk dapat memberikan nilai estetika yang lebih baik.

 

Jaguar XJ6 OEM Dari Bekasi

Salah satu modifikator yang mengimplementasikan aliran ini adalah Isa, Pria asal Cibubur, Bekasi, ini memberikan perubahan besar pada mobil Jaguar XJ6 Daimler yang ia gunakan. Isa meminang mobil tersebut sejak tahun 2013. Sejak awal pembelian, Ia telah mendapatkan unit dengan keadaan yang sangat baik.

Isa sendiri merasa sangat beruntung mengingat mobil yang ia dapatkan sudah dalam kondisi hampir sempurna. Pasalnya, unit XJ6 Daimler miliknya masih memiliki cat original tanpa adanya bekas restorasi. Bahkan seluruh keutuhan mobil masih terhindar dari musuh bebuyutan mobil klasik, yaitu karat.

Namun karena satu dan lain hal, mobil yang berumur seperempat abad ini mulai memperlihatkan beberapa kebutuhan part mesin yang baru agar dapat kembali pada kondisi yang optimal.

 

 

Berburu Kesempurnaan

Bro Isa mengaku cukup beruntung karena bisa mendapatkan parts yang ia butuhkan tanpa harus mengeluarkan usaha lebih untuk membelinya hingga luar negeri. Hanya saja mengingat mobil ini adalah mobil yang cukup langka, membuat sebagian besar part sangatlah sulit didapatkan. Beberapa part yang disematkan pada mobilnya juga ia dapatkan dengan harga yang terbilang cukup mahal.

Salah satu part yang terbilang cukup susah didapatkan adalah bemper depan. Meski saat setelah dipinang kondisi mobil dalam keadaan baik, Isa menemukan dudukan pada bemper depannya sedikit mengalami “dol”/longgar, sehingga ia mumutuskan untuk mencari hingga e-commerce luar negeri.

Beruntung sebelum transaksi bemper baru di e-commerce tersebut, ia konsultasi terlebih dahulu dengan bengkel langganannya di bilangan Bekasi. Atas konsultasi tersebut pihak bengkel merasa bahwa mereka sanggup untuk memperbaiki masalah “dol” tersebut tanpa harus merusak bagian pada bemper original-nya.

Selanjutnya setelah puas dengan kondisi bempernya. Isa melanjutkan pencarian berbagai part yang meliputi bagian kaki-kaki mobilnya, dengan alasan ingin menambah kesenyapan pada mobilnya. Isa memutuskan untuk memesan seperangkat suspensi original untuk mobilnya.

Isa mendapatkan berbagai kebutuhannya lewat memesan dan memasang part tersebut pada bengkel langganannya dibilangan bekasi, dari situ justru bukannya malah semakin puas, Isa justru menyadari bahwa emblem pada velg original-nya tidak lagi dalam kondisi yang memuaskan dirinya.

Sontak pada hari itu juga Isa kembali memesan part yang ia inginkan kepada bengkel langganannya tersebut. Namun ternyata Isa harus menambah kesabaran pada dirinya karena ternyata menurut pihak bengkel part tersebut sangat sulit untuk dicari, apalagi yang dalam keadaan sempurna dan original.

Dengan berat hati Isa memutuskan untuk tetap memesan dan bersabar. “ini merupakan part paling susah dan paling lama mesennya, kalo ga salah sampe akhirnya ini emblem bisa kepasang, butuh waktu sekitar 7 bulanan” tegasnya.

Setiap detil dari mobil ini tetap dipertahankan sebagaimana original-nya, dari mulai bagian hingga eksterior mobil dijaga dan diberi perhatian khusus seperti coating pada eksterior, serta memberikan perawatan salep pada kulit-kulit interior mobilnya.

 

 

Tiada Duka, Hanya Suka

 

 

Hingga saat ini, Bro Isa mengaku belum pernah mengalami masalah pada bagian ruang mesin, walaupun mobil ini bukanlah mobil hariannya. Namun Ia juga selalu menyempatkan diri untuk mengajak XJ6 miliknya berjalan-jalan di akhir pekan dan tidak pernah menemui masalah yang berarti pada mobil kesayangannya itu.

Saat ditanya akan suka dan duka modifikasi OEM pada mobil XJ6 miliknya, Isa menyatakan bahwa sampai saat ini dirinya hanya menemui perasaan suka pada dirinya. “Alhamdulillah belum ada dukanya sama sekali sih, karena sejauh ini gue udah sangat puas dan enggak banyak menemukan masalah. Kalau pun dipaksa harus ada bagian duka, paling cuma sekedar bensin mobil yang boros banget, justru untuk beberapa part yang susah dicari hingga butuh waktu berbulan-bulan malah gue syukuri, karna jadi ada waktu untuk bisa nabung buat nebus itu barang” ujar Isa pada Intersport Auto.

 

 

“Jaguar tipe ini sih benar-benar definisi mobil yang cukup nyaman dan fitur-fitur mobil tahun 1995 ini gak kalah sama mobil tahun sekarang dan kenapa saya tidak banyak melakukan modifikasi  yang akhirnya merubah tampilan pada mobil ini. Karena menurut gue sendiri. Jaguar tipe XJ6 ini sudah memiliki tampilan dan tongkrongan yang oke banget. Prinsip saya pada saat mengkoleksi kendaraan tua selama ini ya sebisa mungkin dipertahankan ke originalnya lagi, karena mobil dengan kondisi original pabrik hanya berlaku satu kali” ujar Isa kembali.

SAMPAIKAN KOMENTAR