Jaga Performa Mesin Mobil Bekas dengan Cara Ini, Ampuh Banget, Bro!
27
May
2021
0 Comment Share Likes 497 View

Banyak orang takut membeli mobil bekas. Alasannya performa mesin mobil bekas dianggap sudah jelek dan berkurang. Padahal sebenarnya hal tersebut cuma isapan jempol belaka aja, Pria Intersport. 

Enggak selamanya membeli mobil bekas performa mesinnya itu jelek. Banyak juga mobil bekas yang kondisi mesinnya masih sangat bagus. Bahkan masih sama seperti kondisi baru. Makanya penting banget buat lo memilih mobil bekas yang kondisinya masih cukup oke. 

Ketika sudah membeli mobil bekas, jangan lupa untuk dilakukan perawatan. Terkadang perawatan ini jarang dilakukan oleh banyak orang. Alasannya mereka malas mengeluarkan uang untuk melakukan perawatan, baik itu servis atau penggantian komponen. 

 

Cara Menjaga Performa Mesin Mobil 

Mengganti Oli

 

sumber

 

Ketika baru membeli mobil bekas, usahakan langsung lakukan penggantian oli. Gantilah oli mesin walaupun si penjual mengatakan olinya baru diganti. Tujuannya agar lo bisa tahu kapan ganti oli terakhir. 

Selain oli mesin, lo juga bisa mengganti oli transmisi dan oli gardan. Intinya agar catatan penggantian oli yang ada di mobil bisa tercatat dengan baik. Jadi, lo bisa nyaman memakai mobil tanpa merasa khawatir sekalipun.

Dan kita enggak akan pernah tahu oli apa yang dipakai oleh si penjual. Dengan mengganti oli mesin setelah membeli, kita sudah melakukan perawatan mesin dengan baik dan benar. Toh mengganti oli mesin juga termasuk investasi jangka panjang.

Saat penggantian oli jangan lupa meminta mekanik memeriksa kondisi mesin. Apakah ada kebocoran atau tidak. Jika ada kebocoran, usahakan langsung segera diperbaiki bagian kebocoran tersebut. 

 

Memeriksa Busi

 

sumber

 

Selain oli mesin, cek juga bagian busi. Jika kondisi businya masih bagus, lo bisa lakukan pembersihan saja. Tujuannya supaya pengapian yang dihasilkan juga maksimal kalau kondisinya bersih. 

Tapi kalau kondisi businya memang sudah berkerak parah, ada baiknya diganti dengan yang baru. Bagi sebagian orang mengganti busi juga menjadi hal yang malas dilakukan. Banyak orang malas mengeluarkan uang untuk mengganti busi. 

 

Membersihkan Jalur Bensin

 

sumber

 

Cara berikutnya bisa dibilang jadi salah satu hal yang jarang dilakukan. Sebab tidak semua orang mau melakukan hal ini karena pengerjaannya cukup lama. Membersihkan jalur bensin bisa dimulai dengan menguras tangki, mengganti filter bensin, mengecek kondisi selang bensin dan komponen yang berhubungan dengan jalur bensin.

Terkadang mobil bekas menggunakan bahan bakar yang tidak sesuai. Sehingga berpotensi menimbulkan kerak di bagian jalur bensin. Tujuan pembersihan jalur bensin adalah supaya mengembalikan performa mesin mobil agar bahan bakar yang masuk ke mesin tidak banyak kotoran.

Jika jalur bensin bersih, maka suplai bahan bakar akan menjadi lancar. Sangat disarankan setelah dilakukan pembersihan jalur bensin, lo bisa memakai bahan bakar dengan oktan yang sesuai dibutuhkan mesin. 

 

Mengecek Kondisi Rem

 

sumber

 

Setelah semua hal di atas dilakukan, lo bisa melanjutkan perawatan dengan mengecek kondisi pengereman. Usahakan cek semua bagian pengereman yang ada di mobil. Jika performa mesin sudah oke, sistem pengereman juga wajib mengikuti. 

Jangan sampai bisa ngebut tapi enggak bisa ngerem. Cek seluruh bagian kanvas rem, jika kondisinya sudah aus sebaiknya langsung diganti. Namun jika dirasa masih tebal, bisa dilakukan pembersihan saja di bagian kanvas dan kalipernya. 

Cek juga bagian seal di bagian kaliper. Terkadang seal ini rusak karena umur. Efeknya pengereman bisa menjadi loss dan ini menjadi cukup berbahaya. Kondisi kaki-kaki yang baik jelas membuat rasa berkendara makin lebih baik dan nyaman. 

Beberapa hal di atas bisa lo lakuin saat sudah membeli mobil bekas. Tenang, membeli mobil bekas enggak semenakutkan yang lo pikirin kok, pria Intersport. Yuk, rawat mobil yang dengan cara yang proper supaya performa mesinnya terjaga dan lebih awet.

SAMPAIKAN KOMENTAR