J99xAR Drift Academy : Belajar Drift dari Ahlinya!
22
Jan
2021
0 Comment Share Likes 322 View

Hampir semua film yang memiliki tema mobil seperti Fast & Furious Franchise, Need for Speed atau bahkan film animasi Cars yang kita tonton menyajikan scene kejar-kejaran dalam kecepatan tinggi dan tidak jarang juga terlihat bahwa sang karakter dalam film mengendalikan mobil dengan agresif, bahkan melakukan beberapa teknik-teknik yang biasa digunakan dalam ajang motorsport seperti drifting.

Belakangan ini memang drifting menjadi salah satu ajang motorsport yang digemari di dunia, tanpa terkecuali Indonesia. Drifting sendiri adalah teknik mengemudikan / kontrol mobil di mana sang pengemudi sengaja melakukan momentum oversteers, dan kehilangan sebagian traksi, sembari mempertahankan kendali dari sudut mobil dan mengendarai mobil melalui keseluruhan tikungan. Teknik ini menyebabkan sudut slip belakang melebihi sudut slip depan sedemikian rupa sehingga seringkali roda depan mengarah ke arah yang berlawanan dengan belokan (contoh : untuk melakukan belok kiri, pengemudi akan memutar kemudi ke arah kanan).


 

Teknik yang dipopulerkan oleh negara Jepang ini kini telah berkembang pesat, dimana drifting juga menjadi salah satu kegiatan cabang motorsport. Bukan hanya telah menjadi cabang motorsport bergengsi, kegiatan drifting kini juga memberikan peluang bagi para pelakunya, untuk mendapatkan sedikit keuntungan dengan memberikan pembelajaran khusus drifting. Seperti yang dilakukan drifter professional Akbar Rais yang bekerjasama dengan Gilang Widya Pramana dengan mendirikan sekolah drifting.

Akbar Rais sendiri merupakan drifter profesional dari AR Team. Sedangkan Gilang Widya Pramana adalah seorang pemilik Juragan 99 Trans dan juga co-founder MS Glow For Men. Mereka mendirikan sekolah drifting bernama J99xAR Drift Academy. Tujuan utamanya adalah membangun generasi baru para drifter terbaik tanah air, serta semakin mempopulerkan lagi cabang motorsport yang satu ini.

 

Pencarian Generasi Baru calon Pengharum Nama Bangsa

Pada wawancara singkatnya dengan salah satu media otomotif Carvaganza, Akbar Rais menyebutkan bahwa “Pada dasarnya, kita melihat drifting semakin berkembang. Drifting semakin hits di kalangan anak muda dan banyak yang ingin belajar. Kami bermaksud untuk mencari generasi baru dan kita akan arahkan para calon ini menjadi drifter professional”.

 

sumber

 

Untuk Gilang sendiri, sekolah drift merupakan suatu hal yang prestige saat ini. Menurutnya, ini juga bisa diadakan di seluruh kota-kota besar di Indonesia. “Karena kita bekerjasama dengan yang berpengalaman di dunia drifting, maka diharapkan bisa menghasilkan banyak drifter di Indonesia. Kemudian bisa bikin event sendiri di tiap kota-kota besar di Indonesia,” tambah Gilang.

Akademi persiapan dan pencarian ajang motorsport memang menjadi salah satu cara paling efektif untuk mendapatkan talenta-talenta baru yang akan menjadi idola pada ajang motorsport. Bagaimana tidak, akademi pembalap seperti yang dilakukan oleh pabrikan Nissan GT Academy, yang bermula hanya mencari bakat atlet e-sport, malah mendapatkan talenta pembalap sirkuit seperti Lucas Ordóñez

Drift Academy garapan Akbar Rais dan Gilang ini dibuka untuk umum dan para car enthusiast dan tidak punya batasan skill apapun, karena pada dasarnya proses pembelajaran tidak hanya di lapangan. Metode yang dilakukan mulai dari pembelajaran teori, pelatihan dengan simulator khusus dan praktik di lapangan.

 

Konsep J99xAR Drift Academy 

Konsep drift academy sebenarnya pernah dilakukan oleh Intersport dengan nama Intersport Drift Academy. Kelas itu sendiri pernah dilakukan pertama kali pada 2018 dan 2019. Seharusnya 2020 acara ini tetap dihelat, sayangnya terkendala oleh pandemi Covid-19 yang mengharuskan seluruh event tidak dijalankan.

 

sumber

 

Konsep yang ditawarkan pada J99xAR Drift Academy sebenarnya sama dengan yang dilakukan oleh Intersport Drift Academy. Hanya saja ada perbedaan dalam penyelenggaraan. “Kelas yang kami sediakan memiliki waktu yang panjang, karena kami konsepnya sekolah,” ucap Akbar.

Jika menelisik ke Intersport, dalam satu hari ia memiliki banyak peserta. Namun untuk J99xAR peserta dibatasi dalam satu hari. Kemudian, peserta juga harus lulus dari ujian teori dan simulator. J99xAR Drifting Academy memiliki jenjang kelas sesuai bakat para muridnya. Menariknya, setiap grup akan dipilih satu drifter untuk disupport pada kejuaraan-kejuaraan yang dihelat di Indonesia.

 

Biaya Yang Dibutuhkan untuk Mengikuti Drifting Academy

Bagaimana untuk ikut serta? Tentunya Anda harus mendaftar ke J99xAR Drift Academy. Ada beberapa syarat yang harus dipatuhi. Para calon drifter harus bisa mengendarai mobil manual dan sudah memiliki SIM A. Ada special case untuk anak-anak yang belum memiliki SIM, mereka harus didampingi oleh orang tua. Jika pendaftar umurnya di bawah 14 tahun, maka bisa mengikuti proses pembelajaran hanya sampai kelas simulator.

J99xAR memiliki empat kelas sesuai dengan standar penilaian drifter profesional yang mengajar. Biaya tersebut mulai dari Rp 3 juta. Kalian tidak perlu khawatir, biaya tersebut sudah termasuk mobil yang digunakan untuk latihan, pembelajaran teori dari drifter profesional dan segala macam kebutuhan tentang mobil yang digunakan.

 

sumber

 

Para pendaftar akan mendapat empat kelas dalam satu bulan. Mulai dari kelas teori, simulator hingga praktik di lapangan. Pendaftaran juga sudah dibuka secara online dan telah dibuka resmi pada akhir Agustus 2020.

 

sumber

 

Kelas teori dan simulator berada di wilayah BSD, Tangerang Banten. Sedangkan untuk kelas praktik tidak jauh dari lokasi. Drifter profesional yang akan mengajar di J99xAR adalah Akbar Rais dan Danny Ferdito. Bagaimana? Pria Intersport tertarik untuk mencobanya?

SAMPAIKAN KOMENTAR