Inspirasi Modifikasi BMW E36 Wagon Ini Bikin Ngiler!
13
Feb
2020
0 Comment Share Likes 786 View

BMW 3 Series E36, memang mobil ini sangat dikenal diseluruh dunia karena desain dan performa mesinnya tak ketinggalan jaman. E36 sendiri memiliki banyak varian dari coupe hingga versi tour atau wagon. BMW E36 Wagon ini memang dikhususkan untuk mobil keluarga untuk keperluan piknik ataupun touring.

Sebelum E36 pendahulunya E30 juga mengeluarkan seri wagonnya, bentuknya memang kurang lebih mirip, tetapi E30 masih agak terlihat kotak. E36 sendiri didesain sedikit futuristic pada zamannya, bentuk dashboardnya mirip seperti cockpit pesawat terbang dan performa mesin E36 Wagon ini siap menemani Tourmu kemana kalian mau.

 

Jika kalian memiliki mobil E36 Wagon ini, pasti ingin sekali memodifikasi mobil kalian agar terlihat keren dan tidak tekesan jadul. Berikut kami berikan beberapa konsep modifikasi BMW E36 Touring atau Wagon dari yang simple hingga extreme.

 

  1. Modifikasi Simpel dan Minimalis

Modifikasi ini tidak terlalu mengeluarkan banyak kocek, karena modifikasi ini hanya fokus di tampilan luarnya saja. Yang pertama di lakukan adalah mengganti velg aftermarket dan memendekkan atau memotong per shock depan belakang agar terlihat sedikit ceper. Modifikasi ini tidak membutuhkan biaya diatas 7juta tergantung Velg yang digunakan, jika menggunakan velg yang bermerk akan sedikit mahal. Jika kalian ingin terlihat lebih kece lagi, kalian bisa mengecat BMW Wagon kalian dengan cat baru, sehingga warna mobil kalian terlihat mengkilap dan tidak terlihat seperti mobil tua.

Jika kalian ingin mobil kalian terlihat lebih keren sedikit, kalian bisa menambahkan kaca film sedikit gelap agar member kesan private dan tidak begitu terlihat jelas interiornya yang masih standar, kalian bisa menambahkan beberapa part aksesoris yang harganya hanya beberapa ratus ribu saja untuk melengkapi modifikasi simpel kalian.

 

  1. Modifikasi Wide Body

Modifikasi BMW E36 Wagon Wide Body ini hampir sama dengan modif simpel minimalis, yang membedakan modifikasi ini bisa habis dana hingga 10juta lebih, karena harga wide body ini tergantung kita mendapatkannya. Karena sedikit dan jarang juga yang membuat atau custom bodykit ini akan semakin mahal juga harga wide body ini. Kebanyakan yang memodifikasi mobil ini menjadi wide body bisa menghabiskan lebih dari 20jutaan karena mereka juga memilih velg yang mahal kemudian mereka juga memodifikasi interiornya.

 

Rata rata yang memodifikasi wide body ini tidak menggunakan mobilnya untuk touring, hanya untuk ajang pamer dan untuk kontes saja. Biasanya mereka menggunakan Rocketbunny untuk wide body E36 Wagon ini jika untuk kontes, karena sangat jarang sekali yang memakai buatan lokal.

 

  1. Modifikasi Street Racing atau Drifting

Nah modifikasi ini berbeda dengan diatas, modifikasi ini bisa menghabiskan puluhan juta untuk memodifikasinya. Modifikasi ini sangat memfokuskan mesin yang kuat dan gahar, dan memfokuskan juga kaki kaki velg dan ban juga. Jika kalian ingin mengubah E36 Wagon kalian menjadi mobil street racing atau drifting, kalian pasti akan berfikir panjang karena memodifikasi mesin wagon ini siap siap dana yang banyak, kebanyakan orang akan menswap engine dengan mesin 2Jz karena part partnya yang lebih murah.

Jika kalian ingin menggunakan Wagon untuk drifting kalian harus memodifikasi kaki kaki kalian juga untuk menyesuaikan agar mobil kalian bisa drift dan ban juga harus diganti untuk support ngedrift. Rata-rata orang yang memilih modifikasi ini tidak memfokuskan interiornya, tapi jika kalian ingin memodifikasi interiornya juga, ya siapkan dana lebih untuk memodifikasi interiornya.

 

  1. Modifikasi Touring

Nah modifikasi yang terakhir ini sesuai dengan fungsi asli mobil BMW E36 Wagon yaitu Touring Purpose, modifikasi ini fokus untuk performa mesin karena mesin E36 ini sudah tua dan perlu direfresh agar bisa touring jarak jauh, dan sedikit pula modifikasi pada bagian kaki kaki agar dalam perjalanan jauh kaki kaki tersebut tidak ada masalah sama sekali.

Seperti biasanya mobil touring sendiri diberikan Thule untuk tempat barang barang bawaan yang muat cukup banyak, jadi bagasi wagon bisa digunakan untuk barang barang lain dan kabin terlihat lebih lega. Mobil BMW E36 Wagon ini sudah jarang dan sangat sedikit di Indonesia ini, jadi jika kalian ingin membeli bekasnya saja sudah sangat susah, rata-rata orang membangun mobil ini dari nol dan mengimpor part partnya dari Malaysia biasanya.

 

Akan berbeda cerita lagi jika kalian membangun dari nol mobil ini, kurang lebih kalian harus mengeluarkan dana lebih dari 80juta jika kalian ingin membangun mobil ini dengan sempurna.

Beruntunglah bagi kalian yang masih memiliki BMW E36 Wagon ini, karena bagi orang lain mobil ini adalah harta karun berjalan karena mobil ini sangat langka dan berharga. So jagalah BMW E36 wagon kalian dan jangan lupa modif sesuai kebutuhan kalian.

SAMPAIKAN KOMENTAR