Inilah 5 Legenda Mobil Balap Le Mans Tercepat
16
Feb
2020
0 Comment Share Likes 327 View

Ajang balap 24 Hours of Le Mans adalah merupakan acara yang penuh dengan adrenalin tentang kecepatan mobil dari beberapa pabrikan besar. Dalam sejarahnya yang panjang, setiap tahun rekor kecepatan, laptime dan kondisi mobil pasti berganti dan lebih cepat tentunya. Bagi para penggemar motorsport, hal utama pada balapan adalah kecepatan dan itu juga adalah tujuan utama sejak balapan Le Mans pertama diadakan yang di sandingka dengan stamina pembalap dan durabilitas mesin mobil yang digunakan. Namun, kecepatan tertinggi bukanlah kunci untuk menang di Le Mans karena kecepatan putaran jauh lebih penting. Hasil itu menunjukkan kemampuan keseluruhan dari mobil yang di gunakan mulai dari setting mesin, pengereman, downforce dan lainya.

Rekor kecepatan tertinggi pada ajang Le Mans adalah 405 km / jam, ditetapkan di sirkuit Mulsanne Straight pada tahun 1988, oleh mobil prototipe WM-P88 dengan mesin 2,8 V6 Turbo dari pabrikan Peugeot, yang di kemudikan oleh Roger Dorchy.

Pada tahun 1988, Tim WM Peugeot memiliki kesempatan untuk memecahkan rekor kecepatan tertinggi pada tahun itu. WM P88 Peugeot yang dikemudikan oleh Roger Dorchy, berhasil mencapai kecepatan tertinggi pada 405 km / jam di ujung Mulsanne Straight sepanjang enam kilometer.

  1. Peugeot 905 - 243,329 km / jam (1992)

Pada ajang Le Mans 24 Hour tahun 1992, Peugeot sangat mendominasi balapan ini. Peugeot 905 Evo 1B team 2 menetapkan waktu tercepat pada kualifikasi, dengan mencapai kecepatan tertinggi 351 km / jam. Namun, meskipun menjadi mobil dengan kualifikasi tercepat namun mereka tidak tercepat dalam perlombaan, jadi Peugeot team 1 mengambil kemenangan. Kemenangan itu diraih oleh Derek Warwick, Yannick Dalmas dan Mark Blundell.

  1. Peugeot 908 HDi FAP - 247.160 km / jam (2008)

Ini adalah mobil Prancis tercepat di sirkuit pada tahun 2008, tetapi pemenang pada saat perlombaan adalah Audi Audi R10 TDI. Hasil kualifikasi tercepat adalah Stephane Sarrazin dengan mobil Peugeot 908 HDi FAP ini. Dia meraih pole position dengan waktu putaran 3.18.513. Dalam perlombaan, mobil yang dikendarai oleh Sarrazin, Pedro Lamy dan Alex Wurz, harus menyerah lebih awal karena perbaikan lampu depan. Sedangkan Peugeot team 7 memimpin, tetapi pada akhirnya Audi R10 TDI lah yang memenangkan perlombaan.

  1. Sauber Mercedes C9 - 249.826 km / jam (1989)

Mobil balap Sauber Mercedes C9 ini adalah Mercedes tercepat pada kualifikasi Le Mans tahun 1989 dan Team Sauber Mercedes mencetak kemenangan 1-2 dengan mobil team 63 dan team 61. Semantara mobil tercepat pada kualifikasi di pegang oleh Sauber Mercedes C9 team 62, dikendarai oleh Jean Louis Schlesser, Jean-Pierre Jabouille dan Alain Cudini. Kecepatan maksimum yang dapat di raih Sauber Mercedes C9 adalah 401 km / jam di Mulsanne Straight. kualifikasi dengan lap time terbaik adalah 3.15.040 detik. Dalam perlombaan, Team 62 dapat finish di urutan kelima, itu berarti berada sembilan lap di belakang sang juara dari team 63. Pembalap yang berhasil memenangkan balapan ini adalah Misa Jochen, Manuel Reuter, dan Stanley Dickens.

  1. Porsche 917 LH - 250,069 km / jam (1971)

Sungguh menakjubkan bagaimana Porsche membangun 917 LH untuk menjadi mobil yang cepat. Kecepatan yang dapat di raih pabrikan ini menunjukkan bahwa Porsche adalah salah satu mobil balap terhebat sepanjang sejarah. Rekor kecepatan Porsche, ditetapkan pada tahun 1971 dan masih berlangsung selama 14 tahun, sampai Porsche terbaru yang lebih cepat lahir. Pedro Rodriguez dan Jackie Oliver adalah pembalap team 18 dengan Porsche 917 LH berekor panjang yang menetapkan putaran kualifikasi tercepat pada Le Mans 24 H di tahun 1971, dengan waktu putaran 3.13.9 dan Kecepatan tertinggi mobil ini, adalah 362 km / jam pada saat balapan berlangsung. Rodriguez dan Oliver memimpin putaran pertama balapan, tetapi mereka tidak dapat menyelesaikan balapan dan kemenangan direbut oleh team 22 dari Martini Racing dengan Porsche 917K yang di kemudikan oleh Helmut Marko dan Gijs van Lennep.

  1. Porsche 962 - 251,815 km / jam (1985)

Ini adalah rekor kecepatan tercepat yang dicapai selama kualifikasi Le Mans dari 1985 hingga 30 tahun setelahnya, Lap time ini masih merupakan kecepatan putaran tercepat. Rekor itu beradu imbang dengan team 2 dari Rothmans Porsche 962C yang dikendarai oleh Hans Joachim Stuck. Waktu pada putaran kualifikasi lah yang membuatnya mendapatkan pole position dan dapat diraih dengan 3.14.80 detik. Pada saat balapan, Stuck berbagi mobil dengan Derek Bell dan mereka hanya dapat finish pada posisi ketiga, pemenang pada balapan ini adalah team 7 Porsche 956B dari Joest Racing yang dikendarai oleh Klaus Ludwig, Paolo Barilla dan John Winter.

SAMPAIKAN KOMENTAR