Ini Dia Sepuluh Besar Produsen Mobil Terbaik Asal Eropa
20
Feb
2020
0 Comment Share Likes 271 View

Eropa adalah salah satu benua yang menjadi benua pertama yang memproduksi mobil pertama di dunia, dan hal ini bisa dibilang berkat seorang hebat yang bernama Karl Benz. Karl Benz dianggap sebagai orang yang menciptakan mobil pertama, yakni pada akhir tahun 1880-an, dan pria hebat ini berasal dari Jerman. Jika bicara soal mobil, Jerman memang memiliki kelasnya tersendiri dalam memproduksi mobil-mobil terbaik di dunia. Tetapi tentu saja, produsen mobil terbaik di Eropa bukan hanya berasal dari Jerman. Beberapa produsen mobil ini bahkan tidak hanya terkenal di Eropa, tetapi juga di seluruh dunia. Mau tahu? Ini dia informasinya.

  1. AUDI

Produsen mobil pertama yang akan kita bahas adalah Audi. Audi pertama kali berdiri pada tahun 1899 di Jerman. Awalnya, produsen mobil ini bernama Horch, karena digawangi oleh August Horch dan Cie. Nama ini kemudian diganti sepuluh tahun kemudian menjadi Audiwerke AG, Zwickau. Kemudian setelah 22 tahun berdiri, perusahaan ini bersatu dengan tiga produsen mobil lain di Jerman dan membentuk Auto Union AG. Beberapa mobil produkan Audi yang terkenal adalah AUdi Q5, Audi A3, Audi A6, serta Audi TT.

 

  1. ASTON MARTIN

Mas Bro pernah lihat mobil Vanquish S? Banyak penggemar mobil yang berandai-andai menjadi Daniel Craig atau Pierce Brosnan karena ingin mengendarai mobil yang satu ini. Mobil ini diproduksi oleh salah satu produsen mobil asal Inggris yang bernama Aston Martin. Aston Martin sendiri diketahui sebagai brand mobil official dari Agen 007, James Bond. Selama berdiri, Aston Martin telah berhasil memproduksi beberapa mobil keren selain Vanquish S, misalnya saja Vantage, DB5, Rapide, DB7, DB9, serta Vulcan. Produsen mobil kenamaan yang satu ini didirikan oleh Lionel Martin dan Robert Bamford pada tahun 1914 silam.

 

  1. BENTLEY

Walter Owen atau lebih dikenal dengan sebutan W.O. Bentley, merupakan pendiri dari perusahaan mobil yang diberi nama Bentley. Kantor pusat perusahaan mobil yang satu ini berada di Crew, Cheshire, Inggris. Bentley sendiri telah berdiri selama sekitar satu abad lamanya. Produsen mobil ini namanya mulai dikenal ketika mobil produkan mereka berhasil memenangkan balap Le Mans, tidak hanya sekali, tetapi lima kali. Bentley kemudian tumbuh menjadi salah satu perusahaan mobil yang memproduksi mobil-mobil paling mewah dan berkelas yang ada di pasaran. Mobil-mobil produkan Bentley memang terkenal dihargai dengan harga yang fantastis, sehingga para pemiliknya sudah dapat dipastikan merupakan kalangan kelas atas.

 

  1. BMW

Siapa yang tidak tahu BMW? BMW memang diketahui sebagai salah satu perusahaan mobil paling terkenal di dunia, yang namanya merupakan kependekan dari Bayerische Motoren Werke. Perusahaan mobil ini didirikan oleh dua orang pria bernama Karl Rapp dan Gustav Otto di Jerman. Ketika mereka memulai perusahaan ini pada tahun 1916 silam, perusahaan ini lebih dikenal dengan nama BFW. Kemudian barulah pada tahun 1917, nama tersebut diganti dengan BMW AG. Beberapa mobil BMW yang paling terkenal antara lain BMW M1, Series M Coupe, M5 E39, serta BMW E30 M3.

 

  1. FERRARI

Nama Enzo Ferrari akan selamanya dikenal oleh semua orang dari berbagai kalangan di seluruh dunia, terlebih oleh kalangan pecinta otomotif. Enzo Ferrari merupakan pendiri dari produsen mobil asal Italia, Ferrari. Ia mendirikan perusahaan mobil ini pada tahun 1947. Mobil pertama yang pernah dirakitnya adalah mobil sport dan performanya saat itu pun tidak main-main, karena dibekali dengan mesin delapan silinder berkapasitas 1500 cc. Tidak heran jika hingga saat ini pun, produsen mobil yang satu ini terus sukses melahirkan mobil-mobil sport dengan performa yang luar biasa.

 

  1. JAGUAR

Produsen mobil Jaguar memang rasanya sudah tidak asing di kalangan para pecinta otomotif. Produsen mobil asal Eropa yang satu ini didirikan oleh William Lyons pada tahun 1922 silam. Awalnya, perusahaan mobil ini bukan bernama Jaguar, melainkan Swallow Sidecar Company. Karena nama ini dirasa kurang cocok dengan mobil-mobil berperforma tinggi yang diproduksi oleh mereka, maka akhirnya perusahaan ini mengganti namanya menjadi Jaguar pada tahun 1935. Beberapa mobil produkan Jaguar yang sukses di pasaran antara lain Jaguar F-Type Coupe dan E-Type.

 

  1. LAMBORGHINI

Tidak hanya terkenal dengan Ferrari, Italia juga punya satu lagi produsen mobil yang sangat terkenal, bahkan di seluruh dunia, yaitu Lamborghini. Selain terkenal karena memproduksi mobil-mobil sport yang keren, Lamborghini juga dikenal sukses memproduksi mobil-mobil dengan tenaga keluaran yang cukup besar. Didirikan pada tahun 1916 silam, produsen mobil Lamborghini bisa sukses seperti sekarang berkat tangan dingin pendirinya, yaitu Ferruccio Lamborghini. Salah satu produk terbaik dari Lamborghini sendiri adalah model mobil 350 GTV, yang pertama kali menyapa publik pada tahun 1963 dalam ajang Turin Motor Show, kemudian dilanjutkan dengan produksi model mobil 350 GT dan 400 GT. Saat ini, beberapa model mobil Lamborghini yang cukup terkenal antara lain Egoista, Veneno, dan Sesto Elemento.

 

  1. MASERATI

Produsen mobil Maserati didirikan oleh Maserati bersaudara. Mereka terinspirasi oleh ayah mereka yang bernama Rodolfo Maserati, yang merupakan seorang pekerja pembangun jalan kereta. Mobil yang pertama kali mereka ciptakan adalah Tipo 26 yang tercipta pada tahun 1926, di tempat yang sama dengan Ferrari dan Lamborghini, yaitu Italia. Sayangnya, perusahaan mobil yang mereka bangun ini harus mereka jual pada Adolfo Orsi. Tetapi untungnya, Adolfo Orsi tetap mempertahankan nama Maserati agar tetap hidup dan berhasil menjadi salah satu merek mobil yang cukup ikonik. Sepanjang sejarahnya, produsen mobil ini telah berhasi menjadi salah satu produsen mobil yang cukup populer dari Italia. Beberapa mobil produkan Maserati antara lain Alfieri, MC12, dan Ghibli.

 

  1. MERCEDES-BENZ

Mobil pertama diciptakan oleh pendiri dari Mercedes-Benz, yang tidak lain adalah Karl Friedrich Benz. Insinyur mesin asal Jerman yang kemudian beralih profesi menjadi seorang pengusaha ini berhasil mencatatkan namanya sebagai salah satu nama yang paling sukses dalam sejarah Jerman dan Eropa. Ia mendirikan Mercedes-Benz pada tahun 1901. Mercedes-Benz sendiri terkenal memproduksi beberapa jenis mobil dan sedan mewah. Beberapa mobil terbaik dari Mercedes-Benz adalah SLS AMG, 300 SLR, dan CLK TGR Roadster.

 

  1. PORSCHE

Produsen mobil yang juga berasal dari Jerman ini pertama kali didirikan pada tahun 1931 silam di bawah kepemimpinan Ferdinand Porsche. Percaya atau tidak, ternyata model mobil Beetle yang ikonik sebenarnya merupakan produk dari Porsche. Selain itu, mereka juga merakit beberapa mobil balap seperti Type 64 Racing Coupe dan mobil balap Grand Prix yang memiliki mesin enam belas silinder. Beberapa mobil terbaik Porsche adalah 911 Carrera RS, 986 Boxster, dan 918 Spyder.

SAMPAIKAN KOMENTAR