Ini Dia Bengkel dan Tempat Berburu Spare Parts JDM!
06
Apr
2021
0 Comment Share Likes 400 View

Bagi para Car Enthusiast, istilah JDM sudah sangat berkaitan erat dengan mobil yang berasal dari Jepang dan mempunyai performa serta kecepatan super tinggi. Namun, bagi sebagian orang kadang istilah JDM ini suka salah diartikan, Bro! Istilah JDM atau Japanese Domestic Market sejatinya adalah sebuah mobil yang diproduksi oleh pabrikan jepang langsung dan hanya dipasarkan di dalam negeri itu sendiri, maka dari itu para penggemar mobil-mobil jepang-an ini menciptakan modifikasi “JDM-look” dari segi upgrade parts-parts mesin untuk menambahkan performa mesin atau tambahan add-on dari eksterior maupun interior mobil itu sendiri, Bro! 

Bengkel Untuk Penggemar Mobil JDM

 

sumber

 

Bagi para penggemar JDM, beberapa bengkel atau workshop ini menjadi incaran mereka untuk upgrade parts atau sekedar tuning ulang seperti remap atau upgrade ECU, upgrade exhaust, header, install roll cage, turbo installment, engine build, engine convert hingga restorasi mobil JDM. Salah satunya adalah bengkel XS Automotive di daerah cengkareng, bengkel yang memfokuskan untuk tuning JDM ini berlokasi di daerah Cengkareng, kalau kesini siap-siap untuk terpukau sambil ngeliat mobil-mobil yang sedang tuning di sana ya, Bro!

 

sumber

 

Berikutnya adalah Dream Garage dari Prabuss Autoworks. Bengkel yang dijuluki JDM Treasure ini berlokasi di daerah Tebet. Jakarta Selatan. Oiya, Bro. Bengkel yang satu ini agak unik lho, kalau kamu mengganti parts-parts atau tuning di Prabuss Autoworks, kamu bakal mendapatkan toolkit juga yang artinya kamu harus mengganti partsnya sendiri di sana dipandu oleh mekaniknya langsung. Hal ini karena dari Om Koko, owner Prabuss Autoworks, sendiri ingin mendekatkan karakter mobilnya dengan sang pemilik. Seru ya? 

Bengkel yang terakhir berlokasi di Kelapa Gading yaitu Asco Motorsport. Bengkel yang sudah berdiri dari 1984 ini awalnya bengkel mesin yang bertransformasi menjadi bengkel modifikasi JDM, lalu untuk bagian mesin berlokasi di Pegangsaan Dua Raya. Sparepart yang di hadirkan ini langsung berasal dari Jepang, mulai dari suspensi, muffler, coilover, turbo, BOV, air intake, turbo kit dll.

Beli Langsung Di Toko Official

Buat yang suka “ngerasain” dulu sebelum beli dan prefer lihat langsung barang yang dibeli, bisa langsung ke berbagai toko fisik yang ada di Indonesia. Memang, jumlahnya terbatas dan kesempatan belinya juga rebutan. Tapi, enaknya bisa langsung cek kualitas barangnya. 

Kalau kita bahas mengenai parts-parts aftermarket JDM memang tiada habisnya bagi para speedtuner, banyak sebagian orang hunting langsung sampai ke negeri sakura tersebut, namun balik lagi, banyaknya limitasi yang ada terkait ekspor atau impor parts mobil, banyak orang yang harus langsung membeli di importir legal yang dapat menyediakan parts-parts tersebut, namun terkadang parts-parts tersebut juga harus dibeli secara inden lho, Bro. 

Via Komunitas

Salah satu cara yang paling aman dan nyaman buat cari parts-parts JDM adalah dengan join komunitas. Bukan cuma bisa networking dan berbagi pelajaran soal JDM, dengan gabung ke komunitas, ada banyak kesempatan buat nemu parts seru dari info JB alias jual-beli sampai bisa tukar tambah satu sama lain. 

Buat gabung ke komunitas, biasanya kamu perlu datang dulu ke acara atau agenda yang mereka bikin. Nah, dari situ coba buat buka obrolan yang aktif. Kalau udah gabung jadi bagian suatu komunitas, cari ini-itu bisa dibantuin sama teman-teman. 

 

Beli Hasil Lelang

Kalau mau ngecek seberapa mujur peruntungan kamu di dunia JDM ini, cobain deh beli barang lelang online! Nggak perlu jalan langsung ke Negeri Sakura, kamu bisa mengikuti lelang ini secara online. 

Yafuoku, misalnya. Marketplace kepunyaan Yahoo ini biasanya jadi ladang subur buat nemu barang-barang baru atau bekas. Sistemnya memang nggak selalu lelang, sih. Kadang bisa beli langsung juga. Nah, sedikit susahnya, sistem pembayaran dan bahasa yang digunakan bakalan sulit untuk kamu yang bukan warga Jepang. Tapi tenang aja, ada jasa yang siap sedia bantuin kamu untuk beli, kok. Selama barang ada dan harga cocok, mereka bisa bantuin ngurus sampe barang kamu diterima dengan baik di Indonesia. 

 

Online Shopping

Semua hal sudah bisa dibeli online, parts JDM juga, dong! Sama halnya kayak beli barang online lainnya, kemudahan juga bisa didapat dari belanja online di berbagai online shop khusus, nih!

Keuntungan yang bisa kamu dapat, misalnya, soal keaslian barang. Integritas dealer bisa dicek, dan biasanya dealer yang emang punya nama juga bisa menjamin keaslian parts yang kamu cari. So, no worries!

Menantang ya? Justru itu serunya buat JDM enthusiast, momen pencarian parts-parts yang langka tersebut justru malah jadi bagian yang paling dinikmati. Gimana Bro, lagi cari parts apa nih untuk project kedepan mobil kamu?

SAMPAIKAN KOMENTAR