Ingin Memulai Project Car? Simak Dulu Tips Berikut
16
Jan
2021
0 Comment Share Likes 130 View

Dalam modifikasi, memilih mobil sebagai basis merupakan salah satu pertimbangan terbesar dari keseluruhan modifikasi yang akan dilakukan. Mobil tersebut mau tidak mau akan menentukan juga gaya modifikasi yang akan diimplementasikan.

Beberapa jenis atau tipe mobil memang memiliki bentuk yang unik sehingga dapat banyak mengimplementasikan lebih dari satu tema modifikasi tanpa perlu mengubah tampilan mobil secara drastis. Salah satu contohnya adalah pada mobil Toyota GT86 yang dapat diaplikasikan gaya JDM ataupun stance seperti yang pernah dilakukan Pria Intersport Kiki Anugraha pada mobilnya di Driven by Passion Eps. 4 - Toyota GT86 by Kiki Anugraha

Namun tentunya tidak semua Pria Intersport memiliki kesempatan yang sama seperti bro Kiki untuk dapat mencicipi berbagai gaya modifikasi pada Toyota GT86. Pada dasarnya mobil apapun dapat menjadi mobil project yang tepat jika dieksekusi dengan baik, seperti pemilihan tema modifikasi serta part yang akan digunakan.

Pada artikel kali ini Intersport akan membahas lebih lanjut perihal tips memilih dan memulai mobil project modifikasi untuk Pria Intersport sekalian. 

 

Memilih Basis Mobil Sesuai Dengan Kebutuhan

Mengapa sesuai kebutuhan? Karena pada dasarnya modifikasi memiliki banyak rupa yang dapat memaksimalkan pengalaman berkendara bagi pemiliknya. Salah satu contoh adalah modifikasi yang dimaksudkan untuk menunjang kegiatan motorsport, dimana basis mobil yang digunakan pastinya harus setidaknya memenuhi unsur-unsur yang dibutuhkan pada ajang motorsport. Contohnya seperti ketahanan mesin, handling yang baik, serta kemampuan mobil untuk dapat berakselerasi secara ekstrim.

Opsi lain adalah modifikasi yang diperuntukan untuk menunjang tampilan serta tongkrongan pada mobil yang identik dengan tema modifikasi seperti Stance atau Hellaflush. Dalam menjalani tema modifikasi ini, pemilihan basis mobil harus mempertimbangkan unsur-unsur seperti dimensi dan ukuran basis mobil, kekuatan chassis mobil, serta dukungan part aftermarket yang baik.

 

sumber

 

Jika telah menemukan gaya serta basis mobil yang tepat, maka Pria Intersport akan dapat melakukan project modifikasi dengan lebih mudah. Tidak perlu memaksakan kehendak untuk melakukan gaya modifikasi yang tidak pas dengan basis mobil yang dimiliki, yang pada akhirnya akan membuat Pria Intersport kesulitan dalam menjalankan kegiatan yang seharusnya dijalankan dengan passion ini.

 

Lakukan Pengecekan Menyeluruh saat Membeli Project Car Dalam Kondisi Bekas

Menggunakan mobil dengan kondisi bekas atau second hand merupakan pilihan yang sedikit tricky pada awalnya, dikarenakan Pria Intersport tidak tahu persis bagaimana mobil tersebut diperlakukan sebelum dibeli. Kecuali, jika kalian membeli mobil bekas tersebut dari rekan atau orang terdekat.

Karena banyaknya faktor yang dapat mempengaruhi kondisi mobil bekas, ada baiknya Pria Intersport dapat melakukan pengecekan secara menyeluruh terhadap mobil yang nantinya akan kalian pinang.

 

sumber

 

Lakukan pengecekan mulai dari bagian eksterior, interior, hingga bagian mesin secara menyeluruh, beserta kaki-kakinya. Untuk beberapa orang mungkin akan dengan mudah mengetahui beberapa gejala pada mobil hanya dengan melakukan test drive saja. Namun jika Pria Intersport tidak dapat melakukan hal tersebut, ada baiknya membawa mekanik yang terpercaya untuk mengecek bagian mesin dan kaki-kaki mobil secara keseluruhan.

 

Persiapan, Budgeting dan Hunting Komponen (Tentukan Batasan)

Setelah berhasil meminang mobil project yang diinginkan dan sudah mengetahui kekurangan serta kelemahan dari mobil tersebut, sebelum masuk ke tahap modifikasi, kalian harus mempersiapkan perkiraan budget dari komponen yang akan kalian upgrade.

Pria Intersport bisa membuat gambaran budgeting modifikasi secara umum dengan melihat ke beberapa situs online. Tentu hal ini tidak dapat menjadi acuan utama, karena juga ada faktor-faktor lain yang akan mempengaruhi nilai ekonomis atau waktu pengerjaan.

 

sumber

 

Namun hal ini tentu tetap dibutuhkan untuk menjadi guideline juga bagi kalian sehingga tidak jauh melenceng dari konsep awal dan nilai ekonomis modifikasi yang kalian tentukan. Karena biasanya beberapa Pria Intersport akan “kalap” jika sudah hunting komponen modifikasi dan berpotensi exceed budget. Maka dari itu menentukan batasan juga merupakan hal yang perlu diperhatikan ya.

Jika Pria Intersport masih bingung untuk menentukan komponen apa saja atau tema modifikasi apa yang akan kalian lakukan, Pria Intersport tentu dapat mencari referensi di Intersport.id

 

Utamakan Kesehatan Mesin Terlebih Dahulu

Jika Pria Intersport memulai modifikasi dengan mobil baru (dari dealer) mungkin Pria Intersport akan lebih mudah dalam memulai modifikasi, karena mobil tersebut minim kerusakan atau defect. Berbeda halnya jika Pria Intersport memilih menggunakan mobil second hand untuk mobil project kalian.

Namun bukan berarti menggunakan mobil second hand adalah pilihan yang buruk. Jika pilihan kalian jatuh kepada mobil second hand, utamakan optimalisasi pada mesin mobil kalian terlebih dahulu sebelum banyak melakukan perubahan pada tampilan mobil.

 

sumber

 

Selayaknya tubuh manusia, mesin pada sebuah kendaraan dapat dianalogikan sebagai organ dalam pada tubuh manusia. Sehingga, kerusakan pada salah satu organ dalam akan mengakibatkan sakit yang luar biasa. Maka fokus utama dalam memodifikasi mobil second hand adalah dengan memfokuskan kepada kesehatan dan performa mesin terlebih dahulu. Tidak akan baik bukan jika mobil project kalian yang sudah memiliki tampilan menarik mengalami trouble pada mesin dan tidak dapat digunakan.

 

Modifikasi Sesuai Kebutuhan, Kemampuan dan Selera Pria Intersport

Tidak ada salahnya memulai modifikasi dari dari hal-hal kecil dan perlahan, dan tidak perlu takut untuk salah dalam memodifikasi. Selayaknya berbagai modifikator handal juga pasti pernah melakukan kesalahan. Maka dari itu, ada baiknya dalam memulai modifikasi Pria Intersport dapat melakukan riset, tanya sana-sini seputar modifikasi yang akan dilakukan.


Jangan terburu-buru dalam melakukan modifikasi, dan jangan malu untuk menggunakan part yang memiliki banderol murah. Salah satu Pria Intersport Bro Kiki Anugraha pernah menyampaikan pesannya kepada para modifikator Indonesia lewat interviewnya dengan NMAA pada saat IMX 2020. Ia menyampaikan bahwa tidak apa memulai modifikasi dari barang-barang murah terlebih dahulu (yang penting tidak melupakan nilai keselamatan) karena modifikasi itu bukan tentang mobil siapa yang paling mahal dan paling cepat proses modifikasinya, melainkan modifikasi adalah panggilan dari tiap selera masing-masing.

SAMPAIKAN KOMENTAR