Indonesia Motorsport Heritage Museum Wannabe, Obsesi dan Passion Mengumpulkan Mobil Balap Retro
30
Apr
2021
0 Comment Share Likes 1040 View

Mungkin bagi sebagian orang mengumpulkan mainan atau diecast mobil menjadi hal yang lumrah. Tapi bagaimana jika ada seseorang yang hobi mengumpulkan mobil. Bahkan mobil yang dikumpulkan merupakan mobil dengan status mobil balap baik asli maupun replika?

Jelas bagi sebagian orang ini adalah hal yang gila. Sebab mengumpulkan mobil tentu yang ada di kepala kita adalah membutuhkan uang yang sangat banyak. Hal inilah yang coba dilakukan oleh Anthon Novianto, orang yang berniat mendirikan museum mobil balap bernama Indonesia Motorsport Heritage Museum Wannabe.

 

sumber

 

Pria ramah tersebut mengaku mulai mengumpulkan mobil-mobil ini sejak pertengahan tahun 2000-an. “Awalnya itu saya beberapa kali menemukan mobil balap yang kondisinya mengenaskan. Saya berpikir ini adalah salah satu bagian dari sejarah yang tidak boleh kita lupakan. Bahkan beberapa mobil balap ini statusnya cukup langka,” ucap Anthon dikutip dari berbagai sumber.

Ia mengaku sangat sedih, banyak mobil balap retro tahun 1970-an dan 1980-an terbengkalai. Di balik besi rongsok tersebut, sebenarnya ada cerita yang bisa digali. Anthon mengaku mendapatkan inspirasi saat menimba ilmu di Jepang. “Dulu pernah pendidikan sambil bekerja di Jepang. Di sana saya sering melihat dealer yang memajang mobil balap legendaris. Ibaratnya mereka sangat menghargai nilai dari mobil tua yang ada. Di sini, saya ingin mencoba melakukan hal itu,” sambungnya.

Kisah tersebut bermula di tahun 2012. Kala itu Anthon membeli Toyota Celica dengan menggunakan livery ala GT-Four. Sejak saat itu, ia semakin getol berburu berbagai mobil balap yang pernah menghiasi Tanah Air. 

 

“Salah satu influence saya sebenarnya adalah kenangan saat melihat ajang balap dulu di Sirkuit Ancol. Era-era inilah yang semakin membangkitkan keinginan saya untuk mengumpulkan mobil yang saat saya kecil ‘berdansa’ di atas lintasan sirkuit,” terang pria yang membangun museum tersebut di kawasan Fatmawati, Jakarta Selatan.

Kini ada beberapa mobil berstatus langka yang menghiasi garasinya. Sebut saja Ford TX-3, Mazda RX-7 Savanna SA22C, Toyota Starlet KP47, Mitsubishi Galant VR4, Toyota Sprinter Trueno TE47, Toyota Celica ST185 dan ST205.

 

sumber

 

Selain mobil, Anthon juga gemar mengumpulkan barang-barang retro lain seperti jaket, konsol game, pelek, hiasan-hiasan lain berbau klasik. Seluruh mobil yang dikumpulkan Anthon bisa dibilang merupakan saksi sejarah balap di Indonesia. Sebab, mobil yang dikumpulkan olehnya memang asli mobil balap yang digunakan di era 1980-an dan 1990-an. Bahkan di sebelah mobil balap juga dipampang foto dari mobil tersebut ketika beraksi di lintasan sirkuit beserta nama pembalapnya.

 

sumber

 

“Kita juga wajib tahu tentang dunia balap yang ada di Indonesia. Saya hanya mencoba menyelamatkan sekeping sejarah balap yang sudah sangat terlupakan oleh banyak pecinta otomotif di Indonesia,” bebernya. 

Anthon pun dengan senang hati jika ada orang yang ingin melihat koleksinya atau ingin bercengkrama dengannya. Sebab, ia sangat menghargai orang yang ingin mengetahui sejarah dan mencoba berbagi informasi agar sejarah balap di Indonesia tetap terjaga. 

Penasaran? Coba deh mampir ke laman Instagramnya di @anthonnovianto. Dari situ lo bisa tahu, apa aja sih isi dari Indonesia Motorsport Heritage Museum Wannabe ini.

SAMPAIKAN KOMENTAR