Hyundai RM19 Muncul Dengan Konsep Mid-Engine
06
Dec
2019
0 Comment Share Likes 557 View

Mobil dengan model hatchback kini makin populer, entah itu untuk daily drive hingga untuk balapan atau motorsport. Beberapa  mobil hatchback seperti Ford Fiesta dan Toyota Yaris bahkan telah cukup memiliki nama di beberapa cabang motorsport seperti Rally Misalnya. Untuk brand Hyundai, mereka memiliki Hyundai Veloster sebagai salah satu andalan mereka di  dunia motorsport.

Setelah sebelumnya sempat terpergok sedang melakukan uji coba di Nurburgring, pada event Los Angeles Auto Show Hyundai memperkenalkan model prototype ambisius mereka yang dinamakan Hyundai RM19. RM yang merupakan singkatan dari Racing Midship adalah proyek mobil mid engine milik Hyundai yang diharapkan mampu bersaing di dunia balap. RM19 sendiri mengambil Hyundai Veloster sebagai dasar dalam proyek koversinya.

N Performance (divisi racing Hyundai) mengatakan bahwa mobil ini nantinya akan menawarkan performa dan handling yang menyerupai level supercar. Mesin yang diambil dari Hyundai i30 dan Veloster TCR yang dipakai dalam dunia balap touring diletakkan di tengah tepat di belakang kursi pengemudi. Mesin empat silinder dan berkapasitas 2 liter ini dilengkapi turbocharge sehingga mampu mengeluarkan tenaga sekitar 390HP. Dilengkapi dengan transmisi sequential 6 percepatan yang menyalurkan tenaganya ke roda belakang, mobil ini dapat mencapai kecepatan 100km/jam kurang dari empat detik saja.  Untuk top speed nya diperkirakan hanya sekitar 250km/jam saja. Dan kedepannya ada kemungkinan akan dikembangkan versi elektriknya.

RM19 secara tampilan sangat nampak siap untuk langsung digunakan balapan, terlihat dari splitter besar di bagian depan dan ventilasi udara di bagian kap mesin. Dibagian samping juga terlihat ventilasi udara yang menggantikan kaca samping bagian belakang yang ditujukan untuk memberikan sirkulasi udara di bagian ruang mesin. Sayap besar juga terlihat menempel bersamaan dengan diffuser lebar di bawahnya.

Untuk bagian interiornya, RM19 masih mempertahankan penampakann interior dari Veloster. Namun telah diberikan sedikit penambahan perangkat seperti sport seats dan racing steering wheel.

Perihal akankah RM19 akan masuk ruang produksi massal masih belum adalah penjelasan resmi, untuk saat ini RM19 masih hanyalah sebuah produk yang diciptakan untuk menunjukkan kemampuan divisi N Performance milik Hyundai. Beberapa test drive yang telah dilakukan ileh Motor1.com dan Caranddriver.com menunjukkan tanggapan yang cukup bagus dari segi performa dan handling, ini membuka peluang untuk Hyundai agar terus memberikan improvement sehingga mungkin saja mobil ini nantinya akan segera terlihat dipergunakan di suatu ajang balap yang resmi.

SAMPAIKAN KOMENTAR