Hyundai Imax N Drift Bus Bisa Nge-Drift Sambil Bawa Delapan Orang!
13
Dec
2019
0 Comment Share Likes 909 View

Drifting bisa menjadi sesuatu yang sangat menyenangkan bagi para penggemar drifting dan para drifter. Jika biasanya para drifter hanya bisa bercerita tentang pengalamannya saat drifting, kini para drifter bisa membawa banyak orang untuk merasakan pengalaman drifting secara langsung. Adalah Hyundai Australia yang memikirkan sebuah ide unik dengan mengubah salah satu van pabrikan Hyundai menjadi sebuah mesin drifting. Hasilnya adalah Hyundai iMax N Drift Bus.

 

Tentang Hyundai iMax N Drift Bus

Jika kita melihat aksi drift menggunakan mobil sedan seperti BMW E36, Nissan Silvia atau Toyota AE86 rasanya pasti sudah menjadi hal yang sangat biasa. Tetapi bagaimana jika aksi drifting tadi dilakukan oleh sebuah mobil minibus yang berbasis Hyundai H1? Hal yang sepertinya mustahil tersebut nyatanya terlah berhasil diwujudkan oleh Hyundai Australia yang menciptakan Hyundai iMax N Drift Bus.

Di Indonesia sendiri, Hyundai iMax N Drift Bus ini lebih dikenal dengan nama Hyundai H1. Mobil pabrikan produsen mobil asal Korea Selatan ini memang merupakan kendaraan Multi Purpose Vehicle (MPV). Untuk versi standarnya, mobil ini menggunakan mesin Diesel CRDi yang memiliki kapasitas mesin 2.500 cc. Mesinnya bernapas melalui bi-modal exhaust, meneriakkan suara segahar tampilannya. Diferensial yang digunakan pun khusus dirancang sebagai pemahat tikungan. Untuk kapasitas angkutnya sendiri, mobil ini bisa menampung hingga 8 penumpang. Mobil ini memungkinkan kedelapan penumpang yang berada di dalam mobil ini merasakan pengalaman drfiting yang sebenarnya.

Sejak Hyundai Australia membawa Hyundai iMax N Drift Bus ke permukaan, mobil tersebut langsung menjadi salah satu ciptaan custom yang spesial yang mendapatkan inspirasinya dari jiwa divisi N, yang merupakan divisi performa dari Hyundai. Mobil ini juga semakin memperjelas bahwa mobil Hyundai iMax N Drift Bus bukanlah model produksi, tetapi bukan pula mobil yang digunakan di jalan raya sehari-hari. Mereka membangun MPV kencang tanpa menanggalkan sisi multifungsi. Pihak Hyundai Australia menyampaikan bahwa mobil Hyundai iMax N Drift Bus diciptakan untuk menunjukkan passion-nya dalam hal pengalaman berkendara yang menyenangkan.  Siapa sangka, ternyata awalnya penciptaan mobil ini terinspirasi dari candaan April Mop Hyundai Jerman. Sayang, Drift Bus hanya dibuat satu unit dan tidak dirilis ke publik.

Usut punya usut, ternyata hal ini dulu pernah dilakukan oleh Ford dan Renault, yang menghasilkan Ford Transit Supervan dan Renault Espace F1. Namun tidak seperti mobil yang diciptakan Ford dan Renault tersebut, Hyundai mempertahankan konfigurasi delapan penumpang pada Hyundai iMax N Drift Bus. Hyundai iMax N Drift Bus berlaga di Sydney Motorsport Park, Australia pada ajang World Time Attack Challenge. Membuktikan renjana Hyundai Australia atas mobil buatan divisi N yang kencang dan menyenangkan.

 

Modifikasi Hyundai iMax N Drift Bus

Agar bisa melakukan drifting, ternyata Hyundai iMax N Drift Bus telah mengalami modifikasi besar-besaran. Modifikasi yang dilakukan terutama pada bagian mesinnya. Mesin standar dari Hyundai H1 diganti dengan mesin enam silinder berkapasitas 3,5 liter yang dilengkapi dengan Twin Turbocharger Twin Diesel. Konfigurasi mesin ini diklaim dapat menghasilkan tenaga sebesar 402 dk dan torsi maksimal 410 lb-ft(setara dengan sekitar 300 kW dan 555 Nm).

Tenaga besar yang dihasilkan mesin tersebut ditransfer langsung ke roda belakang dengan transmisi otomatis delapan percepatan. Tidak hanya sampai di situ, modifikasi juga dilakukan pada sektor suspensi. Suspensinya diganti menjadi sistem elektrik. Perubahan pada sistem pengereman tentunya juga dilakukan agar sesuai dengan performa mesin yang ganas.

Selain pada bagian mesin, Hyundai iMax N Drift Bus ini juga mengalami perubahan pada bagian velg-nya. Kini mobil Hyundai iMax N Drift Bus menggunakan velg dengan ukuran 19 inci yang terbuat dari material alloy. Velg dan performance tire yang digunakan pada mobil tersebut merupakan yang sama dengan yang digunakan pada Hyundai i30 N.

Pembagian distribusi berat 50-50 yang sempurna, membuat mobil ini mudah mendapatkan sudut-sudut maneuver dengan maksimal. Agar mempertahankan balans performa, sektor kaki-kaki dikoreksi divisi N. Peredaman bantingan terkontrol secara elektronik. Daya penghentian meningkat berkat N Performance Brake Package. Pihak Hyundai Australia sendiri mengklaim bahwa mobil ini bisa berakselerasi dari kecepatan 0-100 km per jam hanya dalam waktu kurang dari 5 detik.

Karena bisa digunakan untuk drifting, tidak mengherankan bahwa roda mobil Hyundai iMax N Drift Bus ini akan cepat aus, dan untuk berjaga-jaga pasti dibutuhkan ban cadangan. Tetapi kita tidak perlu khawatir akan kesulitan membawa ban cadangan karena Hyundai menawarkan kapasitas bagasi yang cukup besar untuk Hyundai iMax N Drift Bus ini, yakni hingga 842 liter.

 

Eksterior dan Interior Hyundai iMax N Drift Bus

Penampilan mobil Hyundai iMax N Drift Bus ini tampak agresif berkat penambahan splitter, side skirt, diffuser, dan spoiler belakang. Cat eksteriornya sendiri menggunakan warna biru khas N Performance Hyundai yang dilengkapi trim hitam serta aksen merah melintang. Alhasil, mobil Hyundai iMax N Drift Bus ini tampak seperti mobil kompetisi.

Lalu untuk bagian interiornya, suguhan material khas N Performance Hyundai terpampang jelas di sana. Terdapat lingkar kemudi spesial divisi N lengkap dengan sport seat campuran suede dan kulit. Pengemudi dan penumpang di bagian depan dapat menikmati kursi depan yang sporty dengan bahan suede dan bantal kulit, sementara para penumpang lainnya di bagian belakang, yakni yang berada di baris kedua dan ketiga bisa menikmati bench yang memiliki trim suede dan kulit yang senada.

SAMPAIKAN KOMENTAR