Honda S2K Spoon, Mahakarya Pengepul Mobil
11
Feb
2021
0 Comment Share Likes 365 View

Pada beberapa artikel sebelumnya, Intersport telah memberikan beberapa informasi seputar Honda S2000, salah satu mobil bertipe roadster asal pabrikan Honda. Dan beberapa waktu yang lalu Intersport juga telah menjabarkan mobil dari salah satu Pria Intersport yaitu bro Subronto Laras yang menggunakan tema modifikasi dari J’S Racing, salah satu mobil yang disegani pada ajang Touge Battle.

Namun kali ini Intersport akan mencoba membahas satu mobil lagi dengan tipe Honda S2000 dari tanah air, yaitu S2000 (yang sebelumnya) milik Pengepul Mobil. Mobil yang mengambil tema tampilan eksterior dari salah satu bengkel tuning ternama asal Jepang yaitu Spoon Racing. Banyak sekali bengkel tuning khusus performa asal Jepang yang spesialisasikan bengkelnya menjadi bengkel khusus mobil-mobil Honda, diantaranya J’S Racing dan Spoon Racing.

 

Sekilas Tentang Spoon Racing

Hal yang membuat bengkel tuning ini menarik adalah sejak awal dibangunnya bengkel ini, sang founder Tatsuru Ichishima yang membangun kerajaan otomotifnya sendiri saat berumur 33 tahun. Tatsuru memulai debutnya dengan memodifikasi mobilnya sendiri yaitu Civic Hatchback tahun 80an.

Dengan Civic miliknya, Tatsuru mengikuti ajang Japanese Grand Prix Seri A tahun 1988 dimana bahkan sang produsen mobil Honda tidak mengikuti ajang tersebut. Ajang Grand Prix yang mayoritas diikuti berbagai mobil dari Jepang dan Eropa ini berhasil ditaklukan oleh Tatsuru. Ia berhasil membawa pulang trophy dan reputasi yang baik sejak saat itu. Ajang Grand Prix tersebut menjadi cikal bakal dari Spoon Racing sebagai salah satu bengkel tuning ternama.

Dari jejak positif itulah mulai banyak bermunculan mobil-mobil Honda lainnya yang ikut mendapatkan treatment spesial dari Spoon. Salah satunya Honda S2000 yang diaplikasikan oleh Pengepul Mobil. Honda S2000 merupakan salah satu mobil dengan desain yang tak lekang oleh waktu, tampilan yang sporty serta mesin yang mumpuni membuat mobil ini menjadi salah satu idaman dari para pecinta otomotif di seluruh dunia.

Pengepul Mobil mendapatkan unit S2000 ini pada tahun 2019 dalam keadaan standar. Seiring berjalannya waktu, perubahan dan perombakan mobil ini kerap dilakukan untuk menambahkan nilai estetika hingga performa yang mengagumkan. Modifikasi yang dilakukan oleh Pengepul Mobil pada S2000 miliknya terbilang sangat rapih dan dikerjakan dengan baik.

 

Bagian Eksterior 

Pada bagian eksterior mobil, S2000 yang tampil mencolok dengan warna kuning ini terlihat clean dan memiliki karakter racing yang kental. Pengepul Mobil memberikan body kit dari Spoon Racing lengkap dari mulai bemper depan-belakang, side skirt hingga fender. Yang menarik pada body kit asal Spoon ini, adalah fakta bahwa body kit ini dibuat dan dikembangkan untuk racing purpose, sehingga setiap bentuk lekukan atau lubang yang ada pada body kit ini, merupakan kebutuhan dari kegiatan racing.

Menggunakan body kit Spoon tipe S-Tai yang memang khusus diperuntukkan kegiatan balap, mobil S2000 Pengepul Mobil ini memberikan tampilan yang lebih sporty. Apalagi pada bagian bawah bemper depan, Pengepul Mobil juga menyematkan front splitter dari NS Custom berbahan dasar carbon fiber, yang semakin mempertegas bahwa mobil ini memang mobil yang diperuntukkan ajang balap.

 

 

Mengambil keuntungan dari model fender S2000 standar yang terbilang sangat besar, body kit asal Spoon ini juga yang memberikan tampilan dan fungsi aerodinamika yang sangat tegas lewat desain dari fender Spoon ini. Walaupun over fender dari Spoon ini masuk ke kategori wide body, namun hal itu tidak terlalu mencolok dan tetap memberikan tampilan yang proper layaknya tampilan standar “yang lebih baik”.

Lalu pada bagian fender belakang menggunakan Spoon Racing yang didesain membulat dan mengikuti lekuk dari lampu belakang S2000 dengan rapi sehingga terlihat seperti kualitas asal pabrikan standar. Pada bagian side skirt, mobil ini sebenarnya masih menggunakan side skirt bawaan dari pabrik, namun fender depan dan belakang dari Spoon ini memberikan kesan yang berbeda karena menyatu juga dengan bagian side skirt-nya, apalagi dengan penambahan splitter carbon fiber oleh NS Racing yang semakin mempertegas tampilan dari mobil ini.

Kemudian pada bagian belakang, bemper belakang asal Spoon ini memberikan kesan mengotak pada bagian atas dan melancip keluar, dengan dibalut 2 lubang besar sekaligus tempat keluarnya jalur exhaust yang diperuntukkan mengurangi koefisien drag pada bagian belakang mobil. Tidak ketinggalan juga spoiler besar yang berada di belakang, lagi-lagi menambahkan tampilan sporty pada mobil ini.

 

sumber

 

Pada bagian bonnet dan trunk mobil ini juga dibekali dengan yang berbahan carbon fiber, jauh lebih ringan dibandingkan dengan bawaan standarnya. Di bagian atap, Pengepul Mobil mendapatkan atap mobil balap Spoon bekas yang dipakai di mobil balap mereka di kelas super taikyu ST-4. Lanjut untuk bagian velg, Pengepul Mobil menyematkan velg CE28 ring 17 yang berbalut dengan ban Advan Neova 235/45 karena terinspirasi dari diecast mobil Spoon yang Pengepul Mobil miliki. Untuk bagian pengereman, mobil ini telah dibekali dengan big brake kit khusus dari WP Pro .

 

Bagian Engine Bay

Beralih ke engine bay dari mobil ini, hal yang spesial jika Pria Intersport dapat melihat langsung bagian engine bay dari mobil ini, mengaplikasikan wire tuck dengan sangat rapi dan hampir sama sekali tidak terlihat kabel-kabel dan selang-selang. Semua berhasil di manage dengan baik oleh pihak Pengepul Mobil.

 

sumber

 

Untuk bagian mesin sendiri, Pengepul Mobil menyematkan custom header yang sangat rapi mulai dari bentuk hingga bagian welding dari header tersebut. Bagian mesin mobil ini masing menggunakan mesin bertipe F20c milik S2000 standar yang sudah di rebuild dan balancing kembali. Mobil ini juga telah menggunakan individual throttle body bermerek  Gen-V Auto yang telah dimodifikasi ulang oleh Pengepul mobil.

Untuk bagian pendinginan, mobil ini telah dibekali dengan radiator M&M asal Honda dengan 2 kipas besar yang dapat mengoptimalkan bagian pendinginan pada mobil ini. Selanjutnya untuk menjaga estetika dari engine bay S2000 ini, Pengepul Mobil menggunakan selang dengan tipe braided berwarna hitam sehingga menjadikan tampilan ruang mesin tetap rapi namun memiliki fungsi dan daya tahan yang baik.

Terakhir pada bagian interior, Pengepul Mobil memutuskan untuk tidak banyak mengganti dan memodifikasinya. Alhasil ketika masuk pada mobil ini, yang akan terlihat jelas hanyalah perubahan pada shift knob. Menurut Intersport sendiri, Interior yang standar yang dipertahankan tetap memiliki nuansa yang sporty namun tetap tidak melupakan sisi keamanan serta kenyamanan dari mobil S2000 ini. Meskipun kini mobil ini telah berpindah tangan, namun menurut Intersport, modifikasi Honda S2000 Spoon Racing ini merupakan mahakarya dari Pengepul Mobil.

SAMPAIKAN KOMENTAR