Honda City Hatchback, Sang Pengganti Honda Jazz
17
May
2021
0 Comment Share Likes 99 View

Perjalanan Honda Jazz di Indonesia harus terhenti setelah 18 tahun mengaspal. Mobil hatchback 5 pintu ini pun digantikan dengan saudaranya, Honda City Hatchback dengan berbagai tambahan fitur-fitur teranyar yang diharapkan bisa menjadi senjata untuk merebut pasar lebih baik lagi. Bagaimana perjalanan Honda City Hatchback dan apa yang membuatnya istimewa? Yuk, kita ulas!

 

Awal Mula Honda City Hatchback

Jepang menjadi tempat debut pertama Honda City Hatchback pada tahun 1981. Awalnya, ia hadir dengan tipe hatchback 3-pintu, sementara pasar Australia menerima tipe dengan gaya convertible dua pintu. Mobil ini ditenagai oleh mesin bensin 1.231 cc yang disertai transmisi manual dengan 5 percepatan dan 3-percepatan untuk yang tipe otomatik. 

Pada 1982 lahirlah versi turbo yang diracik oleh tim Mugen. Honda City Hatchback generasi pertama ini pun bertahan sampai 1986 dan baru enam tahun kemudian ia mengalami pembaruan. Generasi keduanya hadir menawarkan sesuatu yang sedikit berbeda dari segi tampilan, yakni menggunakan lampu berbentuk kotak pada bagian lampu utama. Sementara itu, mesin SOHC empat silinder segaris yang menghasilkan 75 hp dan 98 Nm disusupi ke dalam mobil ini dan pada transmisi otomatis sudah memiliki 4-percepatan. 

Memasuki 1988, mesin baru pun mulai diperkenalkan yakni MPFI 1,3 liter inline-4 SOHC yang menghasilkan tenaga 98,6 hp dan torsi 113,8 Nm. Setelah menjadi produksi terlama, sejarah Honda City Hatchback harus berakhir sementara di tahun 1994.

 

sumber

 

Napas Baru Honda City Hatchback

Beberapa dekade terlewati, kini sang hatchback memulai comeback-nya dengan resmi diperkenalkannya di Indonesia pada 2020 lalu dan resmi diluncurkan pada 3 Februari 2021 ini. Kabarnya, mobil ini digadang-gadang sebagai pengganti Honda Jazz yang sudah harus pensiun dari pabrik produksi. Indonesia bukan negara pertama yang mengucapkan selamat datang pada Honda City Hatchback RS, pasalnya sebelumnya model ini telah debut global pada 2020 lalu di Thailand.


Honda City Hatchback RS menawarkan eksterior dengan cutting edge design, dengan full LED Headlight with LED Daytime Running Light, LED Fog Light, dan Rear Combi Light dengan LED light bars. Pada bagian dalamnya, Honda City Hatchback RS memiliki kabin yang lapang. Joknya pun menjadi lebih mewah dan sporty dengan Suede-Fabric-Leather Combi Trimmed Seats dengan aksen merah.

 

sumber

 

Dengan ramainya produksi Indonesia yang bukan lagi menjual “kebandelan” tapi juga fitur yang mumpuni, Honda City Hatchback RS pun menawarkan berbagai inovasi, seperti penggunaan remote mobil sehingga pengguna bisa langsung menghidupkan mesin dan AC tanpa perlu masuk ke ke dalam. Cocok banget untuk kondisi Indonesia yang panas, ya! Tampilan kamera belakang dari mobil ini juga disuguhi dengan fitur canggih. Bukan hanya satu tampilan, pada Honda City Hatchback RS ini bisa melihat dari berbagai perspektif dari normal, wide, hingga tampilan atasnya. 

Bicara mengenai mesin, mobil yang satu ini  dibekali mesin berkapasitas 1.5 liter i-VTEC DOHC. Tenaga yang diproduksi pun mampu mencapai 119 dk dan torsi sebesar 145 Nm. Jelas, kualitasnya lebih meningkat dari Honda Jazz yang memproduksi 118 dk.

 

Menarik ya Bro Honda City Hatchback RS ini? Kira-kira, ada yang minat untuk segera ganti mobil baru?

SAMPAIKAN KOMENTAR