Hennessey Modif Dodge Challenger SRT Hellcat, Powernya Tembus 1.035DK!
13
Apr
2020
0 Comment Share Likes 638 View

Dodge Challenger adalah mobil yang diproduksi oleh Chrysler dan dipasarkan dengan merk Dodge. Mobil ini dipasarkan dengan 3 generasi berbeda, yang pertama muncul tahun 1969. Generasi pertama Dodge Challenger adalah mobil poni yang menggunakan platform E Chrysler, menggunakan banyak komponen yang sama dengan Plymouth Barracuda. Generasi kedua, 1978 sampai 1983, adalah badge engineered dari Mitsubishi Galant Lambda. Generasi ketiga diluncurkan awal 2008 sebagai rival Ford Mustang generasi kelima dan Chevrolet Camaro generasi kelima.

Pada generasi ketiga ini diberi nama Challenger SRT Hellcat, dengan desain yang diadaptasi dari Challenger R/T 2 pintu tetapi lebih modern lagi dan dikemas dengan teknologi yang mengikuti perkembangan zaman. Mobil ini merupakan salah satu muscle car yang cukup bertenaga di dunia hingga saat ini dengan rival sejatinya yaitu Ford Mustang.

Dodge sendiri mengaku bahwa performa dari Challenger lebih besar ketimbang para muscle car lain, mobil ini dibekali mesin V8 6.200cc supercharger yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 800 dk dan torsi sebesar 958 Nm.

Nama Hellcat menggambarkan mobil ini adalah kucing buas yang siap menerkam mangsanya, di ibaratkan ke dalaam mobil yang siap melaju kencang dan Red eye adalah versi yang sangat kuat dari Muscle Car Dodge Challenger dimana mobil ini menjadi salah satu base model Dodge dengan torehan tenaga yang luar biasa. Mesin V8 6.200cc supercharged versi standar yang dimana tersedia dalam power sebesar 717 tenaga kuda atau 800 tenaga kuda untuk versi model Redeye adalah alasan utama dodge memberi nama Hellcat.

Kedua mesin tersebut di padukan dengan dua sistem transmisi otomatis dan manual. Dodge pun masih mengunakan stick shifting agar pengemudi masih bisa merasahan true driving car pada mobil ini ditambah dengan stick shifting akan memberikan driving experience yang berbeda. Pada track lurus Hellcat adalah tajanya karena mobil ini lebih besar dan lebih berat daripada Ford Mustang dan Chevrolet Camaro, tentu pada track menikung/belokan mobil ini lebih terasa stiff.

Yang jelas mobil ini diciptakan untuk meraih kecepatan di track lurus.mobil ini dapat meraih kecepatan dari 0 ke 100km dalam waktu 3,6 detik saja ini dikarenakan tersedianya supercharger yang siap membuat kaki kalian bergetar saat menekan pedal gas secara full.

Seperti yang kita ketahui, Perusahaan asal Amerika yang terkenal selalu memodifikasi muscle car menjadi sangat bertenaga Hennessey Performance selalu memberikan sentuhan yang sangat epik kepada Dodge Challenger setiap tahunnya. Kali ini mereka akan memaksimalkan performa mesin dari Dodge Challenger SRT Hellcat yang dari pabrikannya sendiri sudah sangat bertenaga dan kencang.

Hennessey Performance memfokuskan ubahan pada mobil ini di jantung pacunya, Dodge Challenger SRT Hellcar mendapatkan paket upgrade yang mereka sebut dengan HPE1000. Paket HPE1000 ini terdiri atas sistem supercharger 2.650cc, supercharger pulley, tube header dari stainless steel dan high-flow catalytic converter.

Selain itu, paket ini juga menyediakan upgrade pada throttle body, katup bypass high-flow supercharger, high-flow fuel injector, high-flow air induction system dan ECU yang dikalibrasi ulang.

Hasilnya, power Dodge Challenger SRT Hellcat ini naik di angka sekitar 235 tenaga kuda, sehingga keluaran tenaganya total kini menghasilkan 1.035 tenaga kuda dari semula hanya 800 tenaga kuda. Tidak heran untuk berakselerasi dari 0-100 km/jam, mobil ini mampu melakukannya hanya dalam waktu 3,4 detik. Lebih cepat 0,2 detik dibanding versi standar Challenger yang membutuhkan waktu 3,6 detik untuk parameter yang sama.

 

Sources : hennesseyperformance, motor1, motorauthority

SAMPAIKAN KOMENTAR