Hanya Kolektor Sejati Yang Tau Fakta Hot Wheels Ini
13
Apr
2020
0 Comment Share Likes 935 View

Mana nih Pria Intersport yang suka koleksi mainan mobil khususnya Hot Wheels?. Sebagai salah satu brand diecast legenda yang telah ada sejak 1968 tentunya Hot Wheels pasti sudah menjadi teman hidup sebagian orang yang kini jelas sudah dewasa, jadi mainan ini tidak terbatas untuk anak kecil saja. Hot Wheels memiliki banyak penggemar fanatik, ada yang memburu edisi terbatas seperti Treasure Hunt, ada yang miniatur mobil asli, dan ada juga yang bertemakan fantasy. Segelintir orang mungkin mengaku kolektor sejati dan telah mengoleksi ratusan atau lebih, namun hanya die-hard fans yang mengetahui fakta-fakta Hot Wheels berikut ini.

  1. Sang Penggagas Hot Wheels Memiliki Istri Yang Juga Menggagas Barbie

 

Pada 1945, Mattel yang kini dikenal sebagai produsen mainan dulunya adalah perusahaan yang memproduksi frame foto. Perusahaan ini didirikan oleh pasangan suami istri Elliot dan Ruth Handler bersama teman mereka Harold Matson. Berawal dari Elliot yang membuatkan furniture rumah boneka untuk sang anak dan kemudian diperjualkan kepada publik sehingga pada 1946 Mattel juga mulai dikenal dengan produksi mainan. Sang istri Ruth memiliki ide untuk membuat boneka tiga dimensi untuk menggantikan boneka kertas ataupun boneka tradisional lainnya, Elliot awalnya memiliki keraguan tetapi nyatanya Barbie melakukan debut pertamanya di 1959. Pada tahun pertama saja Mattel telah menjual 351.000 boneka Barbie.

Barulah pada 1960an Elliot memulai ide Hot Wheels yang akhirnya melakukan debut penjualannya pada 1968.

 

  1. 16 Juta Hot Wheels Terjual Pada Tahun Peluncurannya, 1968

 

Elliot Handler melakukan debut Hot Wheels  nya pada 1968 dengan mainan mobil  berciri khas lebih seperti “hot-rod” stye dengan ban yang lebih besar, cat api, proporsi bagian mobil yang sedikit melebihkan dibandingkan dengan pesaingnya Matcbox. Produksi pertama Mattel meluncurkan 16 mobil yang sering disebut dengan “The Original Sweet 16”

 

  1. Mobil Pertama Yang Diproduksi Adalah Chevrolet Camaro Berwarna Biru Tua

 

Model mobil Chevoret Camaro yang telah dimodifikasi menjadi mobil pertama yang diproduksi dengan pemikiran mobil ini adalah mobil idama para anak-anak pada masa itu. Model ini didesain oleh Harry Bentley Bradley, seorang desainer yangsebelumnya pernah bekerja di General Motors. Mobil ini dibubuhi cat berwarna biru tua mengkilap yang sering dijuluki dengan cat Spectraflame.

  1. 16 Mobil Pertama Dibuat Berdasarkan Mobil Asli Yang Telah Dimodifikasi

 

Seperti Chevrolet Camaro diatas, 15 model mobil lain pertama Hot Wheels semuanya merupakan replika mobil sebenarnya yang telah dimodifikasi ala Hot Wheels. Dodge Deora yang sebenarnya adalah mobil konsep  Chrysler juga ada mobil sebenarnya di dunia nyata.

 

  1. Dodge Deora Adalah Model Pertama Hot Wheels Yang Benar-benar Ada dan Fungsional

 

Model mobil yang ada pada “The Original Sweet 16” memang dibuat berdasarkan mobil nyata, namun 15 model mobil tersebut adalah reinterpretasi dari pihak Hot Wheels sendiri dan hasil interpretasi itu tidak ada di dunia nyata. Tapi ada satu mobil yaitu Dodge Deora yang memang dari awal adalah mobil konsep dan kemudian diproduksi di dunia nyata, jadi Hot Wheels hanya tinggal membuat replika versi kecilnya saja.

 

Mobil Deora yang nyata tersebut benar-benar sangat unik karena pintu depannya berupa pintu yang seperti bagasi yang membuka ke atas.

 

  1. Tahun 1968-1977 Dikenal Dengan Era “Redline”

 

Pada era itu semua model mobil buatan Hot Wheels memiliki garis merah di bagian luar keempat roda. Garis merah itu dikabarkan adalah penggambaran gaya yang pada saat itu sempat tenar denga gaya Hot Rod nya. Pada 1977 era ini berakhir dan garis merah pada roda pun dihilangkan karena Hot Wheels mulai meninggalkan tema Hot Rod dan Muscle Car mereka yang cukup kental. Hot Wheels pun perlaha beralih menggunakan roda hitam yang lebih cocok dengan mobil modern.

 

  1. Selama 48 Tahun Berdiri Hot Wheel Telah Memproduksi 4 Milyar Lebih Model Mobil

 

Hot Wheels menjadi salah satu jajaran diecast paling populer di dunia. Tak hanya anak-anak saja, orang dewasa pun ikut mengkoleksi mobil buatan Hot Wheels. Popularitas Hot Wheels juga tentunya  berskala internasional, karena semua mobil tersebut tersebar di seluruh dunia. Dan dikatakan bahwa selama 48 tahun tersebut 8 buah mainan Hot Wheels terjual tiap detiknya.

 

  1. Hot Wheels Pernah Berkolaborasi dengan NASA

 

Pada 1998, Mattel pernah bekerjasama dengan NASA khususnya Jet Propulsion Laboratory untuk membuat edisi Hot Wheels JPL Sojourners Mars Rover Action Pack. Dalam satu setnya tersebut salah satunya ada replika kendaraan penjelajah bulan. Pada 2012 Mattel kembali berkolaborasi dengan NASA untuk membuat replika dari kendaraan Curiosity Rover

 

Sources : thrillist.com, mentalfloss.com, therichest.com, wikepedia.org, hotwheels.mattel.com, ebay.com

SAMPAIKAN KOMENTAR