Gazoo Racing, Si Bungsu dari Divisi Racing Toyota
04
Feb
2021
0 Comment Share Likes 462 View

Setiap produk yang ditawarkan dengan embel-embel edisi spesial pasti memiliki harga atau nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan edisi biasa atau normal. Sama halnya dengan produk produk dari industri otomotif, jumlah yang terbatas membuat nilai eksklusivitas sangat lekat bagi kalangan-kalangan penggemar produk otomotif.

Walau memiliki kecenderungan yang sama perihal nilai dan nominal dari produk tersebut, pada industri otomotif ada banyak faktor-faktor dan tingkatan eksklusivitas dalam pembuatan sebuah produk. Sebagai contoh kita ambil produk dari salah satu brand otomotif ternama asal Jerman,  BMW.

Lini model BMW yang paling laris manis adalah BMW Seri 3, walaupun sudah memiliki harga yang cukup “mahal'' namun BMW Seri 3 merupakan model dengan tingkatan ekslusivitas yang minim dibandingkan dengan seri BMW lainnya, maka hadirlah BMW seri 3 M Line, atau BMW Seri 3 yang mendapatkan beberapa treatment tambahan ala M-Division. Selain itu ada pula Type M3 , dan Type M3 Competition yang menjadi top of the line dari model Seri 3.

Trend yang marak ditemui pada industri otomotif yang juga diterapkan oleh BMW ini adalah semakin eksklusifnya sebuah rangkaian model, semakin tinggi juga performa yang ditawarkan. Apalagi jika sebuah line up model pada sebuah mobil memiliki badge historical motorsport seperti M-Division milik BMW, AMG milik Mercedes Benz, dan badge GR yang menjadi milik Toyota.

Ya, Toyota, beberapa tahun ke belakang dunia motorsport diguncangkan dengan kemunculan tim balap khusus Toyota yang diberi nama GR atau Gazoo Racing. Gazoo Racing sendiri bermula pada ajang motorsport WRC lewat mobil hatchback laris manis si Toyota Yaris yang dimodifikasi sedemikian rupa untuk memenuhi kebutuhan perlombaan multi-medan WRC.

 

sumber

 

Toyota, TRD dan Si Bungsu Gazoo Racing

Mungkin beberapa dari Pria Intersport akan berpikir bahwa line up Toyota dengan performa lebih tinggi adalah TRD (Toyota Racing Development), memang hal itu tidak juga dapat disalahkan, namun ada beberapa perbedaan antara line up TRD dan juga GR yang ada pada produsen Toyota. 

Meskipun sama-sama fokus terhadap mobil dengan performa tinggi, TRD dan GR memiliki sub fokus yang berbeda. TRD sendiri telah lebih dulu menjadi divisi khusus mobil-mobil Toyota dengan performa yang lebih tinggi, terhitung sudah lebih dari 40 tahun TRD eksis dan memberikan sentuhan-sentuhan atraktif pada mobil-mobil keluaran Toyota. Sehingga TRD memiliki nilai historis yang lebih memadai.

Namun dengan hadirnya GR kini TRD memulai untuk lebih memberikan model-model garapannya, kepada line up truk dan sedan konvensional tanpa kebutuhan dari homologasi khusus, sedangkan GR lebih berfokus terhadap mobil-mobil sport atau homologasi khusus motorsport.

Untuk Gazoo Racing sendiri, walaupun besar dari ajang WRC namun sebenarnya Gazoo Racing pertama kali berkiprah pada ajang balap prestisius Le Mans 24 Hours. Adapun model Toyota yang mendapatkan treatment khusus dari Gazoo Racing adalah Toyota Yaris dan juga Toyota Supra. 

 

Toyota Supra

Toyota Supra yang menjadi salah satu dari beberapa mobil ikonik asal Jepang ini menjadi pilihan Gazoo Racing untuk dijadikan mobil road legal pertama dari rangkaian awal mobil-mobil yang akan mendapatkan treatment khusus ala tim balap motor sport yang kian disegani di seluruh ajang motorsport.

Toyota Supra GR yang lahir atas kerjasama Toyota dan BMW ini, dalam kondisi standar sudah dibekali dengan mesin 1998 (In-line 4) & 2998cc (In-line 6) BMW B48 (255 hp) & B58 (382 hp) Turbo, dilengkapi dengan transmisi otomatis 8 percepatan yang mengirimkan semua tenaga ke roda belakang dan dapat menempuh kecepatan 0-100 kilometer per jam dalam waktu 3.8 detik.

 

sumber

 

Mobil Toyota Supra ini juga dibangun dan dikembangkan bersama salah satu orang paling penting di Toyota yaitu Akio Toyoda. Akio Toyoda yang tidak lain adalah orang nomor 21 Toyota, ikut mengembangkan dan memberi arahan langsung pada pengembangan mobil ini, bahkan hingga video teaser mobil Toyota Supra, Akio Toyoda terlihat melakukan pengetesan kecepatan tinggi secara langsung (mengemudi).

 

Toyota Yaris GR

Untuk varian road legal selanjutnya dari Gazoo Racing adalah sebuah hatchback perkotaan yang lekat dengan mata orang Indonesia. Yaris yang dikenal sebagai mobil perkotaan yang gesit dan lincah ini, pada generasi tahun 2019 nya, Toyota memutuskan untuk memasukkan mobil ini pada kejuaraan WRC (World Rally Championship). Untuk mengikuti ajang sekelas WRC pastinya mobil ini mesti dirombak secara total agar dapat menyelesaikan salah satu ajang motorsport paling sulit di dunia.

Prestasi gemilang dari tim Gazoo Racing pada Toyota Yaris ini, memberikan banyak tanda tanya pada benak motorsport enthusiast. Apakah mobil Yaris versi WRC ini akan dibuatkan tipe homologasi road legal-nya? Ternyata pertanyaan-pertanyaan tersebut disambut baik oleh pihak Toyota, seperti sebuah kalimat populer di dunia otomotif “memenangkan balapan di hari minggu, lariskan jualan di hari senin”  nampaknya berhasil diimplementasikan oleh pihak Toyota.

Toyota mengizinkan Gazoo Racing untuk membuat mobil homologasi khusus ajang WRC yang mereka ikuti dan diaplikasikan ke mobil road legal. Sehingga pada tahun 2020 pada ajang virtual Toyota Jepang, Toyota bersama dengan Gazoo Racing memperkenalkan kepada dunia Toyota Yaris GR.

 

sumber

 

Dengan 3 varian yaitu GR Yaris varian RC maupun RZ yang dibekali mesin 1.618 cc. Mesin ini menghasilkan daya 261 tenaga kuda dan torsi maksimum 360 Nm. Mesin dahsyat DOHC 12-valve yang dilengkapi dengan ball bearing turbo tunggal ini disalurkan ke roda penggerak melalui transmisi manual 6-percepatan (iMT/intelligent Manual Transmission) yang dirancang untuk mengakomodasi tingkat torsi tinggi.

Dengan pengalaman di ajang WRC, mobil ini telah mengalami pengembangan yang presisi, termasuk rasio power to weight yang kuat. Tujuannya adalah untuk membantu memenuhi target performa GR Yaris.

Bodi ringan dan kuat, termasuk polimer serat karbon baru untuk atap. Aluminium digunakan untuk kap mesin, pintu, dan lantai belakang. Hasilnya, Toyota GR Yaris memiliki kekuatan palka performa segmen C tapi bobot mesin segmen B. Dengan rasio power to weight-nya yang hanya 4,9 kg per hp membantu menghasilkan akselerasi 0-100 kilometer per jam dalam waktu kurang dari 5,5 detik dan kecepatan tertinggi yang dibatasi secara elektronik mencapai 230 km per jam.

 

GR Sport

Selain Edisi mobil khusus homologasi balap, Pihak Gazoo Racing juga memberikan sentuhan-sentuhan unik kepada line up mobil Toyota lainnya yang tidak kalah menarik. Seperti pada mobil GT86, Corolla, serta C-HR dan masih banyak lagi. Beberapa sumber mengatakan bahwa kehadiran mobil-mobil GR dari berbagai seri motorsport, dapat menstimulasi kehadiran mobil mobil legendaris Toyota yang akan dihidupkan kembali, dan semoga rumor tersebut benar adanya. Karena jika memang GR akan membantu Toyota untuk menghidupkan kembali mobil-mobil sport legendaris Toyota, maka hal tersebut memang layak ditunggu dan diharapkan.

SAMPAIKAN KOMENTAR