Ford Mustang 2020 Vs Ford Mustang 1960
26
Mar
2020
1 Comment Share Likes 185 View

Para pecinta otomotif pasti setuju, tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman berkendara yang diberikan oleh mobil klasik khas tahun 1960-an seperti Mustang. Walaupun mobil ini mungkin tidak sesempurna atau semutakhir mobil-mobil lainnya yang ada di zaman sekarang, mobil klasik tetaplah mobil klasik berkat pengalaman berkendara yang menari dan unik yang mereka tawarkan.

Tetapi terlepas dari aspek emosional dari mobil tersebut, faktor-faktor pendukung lain seperti kegunaan dan teknologi yang dimilki mobil di zaman sekarang, rasanya sulit melihat mobil klasik Mustang ini selain sebagai titik awal dari hadirnya mobil-mobil Mustang yang ada di zaman sekarang. Mobil Mustang klasik tersebut bisa dibilang sebagai titik awal perkembangan dan pertumbuhan mobil Mustang hingga bisa menjadi model yang kita kenal saat ini.

Nah, tetapi mobil mana yang sebenarnya lebih baik? Hal ini seringkali menjadi perdebatan di kalangan pecinta otomotif. Maka itu, kali ini Intersport akan bahas mengenai mobil mana yang lebih baik: Ford Mustang 2020, atau Ford Mustang 1960?

  1. FITUR INTERIOR

Meskipun memang sulit untuk dipungkiri bahwa mobil Mustang manapun tidak bisa menandingi keindahan dari eksterior Mustang original, bagian interiornyalah yang paling penting ketika kita mengendarainya. Memang, Ford Mustang klasik keluaran tahun 1960 memiliki interior yang sangat luar biasa, dengan memiliki gaya khas muscle car yang membuat mobil ini sangat digemari. Tetapi jika sudah bicara soal fiturnya, rasanya sulit bagi mobil klasik ini untuk menyamai fitur yang dimiliki Ford Mustang 2020 terbaru.

Sebagai awalannya, mobil generasi pertama dari Mustang memiliki fitur interior yang kurang rapi dan terkesan tersebar di sana sini. Fitur-fitur ini meliputi sebuah pemantik rokok dan asbak, pengatur iklim, dan sebuah radio. Fitur ini memang cukup untuk membuat berkendara tidak terlalu menyebalkan, tetapi fitur ini bukan apa-apa jika kita bandingkan dengan Ford Mustang 2020.

Ford Mustang 2020 ini hadir dengan banyak sekali teknologi dan kenyamanan otomotif masa kini. Fitur-fitur tersebut meliputi steering wheel dengan pemanas, kursi dengan pemanas dan penyejuk, touchscreen infotainment dengan Ford Sync, track mode telemetry monitoring, dan masih banyak lagi fitur lainnya yang akan membuat pengalaman berkendara kita di tahun 2020 ini menjadi lebih nyaman dan menyenangkan.

 

  1. SUSPENSI DAN HANDLING

Ford Mustang memang lahir atas dasar keinginan para generasi muda untuk memiliki mobil yang menyenangkan tetapi tetap terjangkau. Pada tahun 1960 silam, hal ini berarti Ford Mustang harus dibangun dengan basis Ford Falcon dengan sebanyak mungkin part yang sama dengan mobil tersebut untuk mengurangi biaya produksi dan menawarkan mobil ini dengan harga yang terjangkau. Hal ini menyebabkan suspensi yang dimilikinya dulu tidak terlalu bagus dibandingkan dengan yang sekarang. Malahan, banyak pemilik Mustang tahun 1960-an yang mengganti suspensinya dengan collover modern.

Di sisi lain, salah satu fokus utama dari Ford untuk Mustang pertamanya adalah meningkatkan handling yang sebelumnya tidak terlalu baik. Untuk mengatasi hal ini, Ford memberikan Mustang 2020 suspensi Magneride sebagai pilihan.

Magneride suspension memang mengagumkan jika digunakan untuk mobil dengan kisaran harga seperti Ford Mustang 2020, karena suspensi ini memungkinkan penyesuaian langsung dalam handling suspensi. Dengan pilihan electronic mode, hal ini memungkinkan mobil Ford Mustang 2020 memberikan pengalaman berkendara yang halus di jalan tol, tetapi juga bisa menjadi kaku jika digunakan untuk pengendaraan di track balap.

 

  1. MESIN DAN TRANSMISI

Tidak ada yang bisa menggantikan pengalaman berkendara yang diberikan oleh mobil bermesin delapan silinder dengan karburator lama seperti K-Code yang ada pada tahun 1960-an. Tetapi Ford Mustang terbaru berhasil menggantikan perngalaman berkendara tersebut dengan efisiensi dan teknologi mutakhir yang hadir di tahun 2020 ini.

Selain itu, pilihan mesin terbaik yang pernah ditawarkan oleh Ford Mustang adalah mesin delapan silinder K-Code, yang diklaim bisa menghasilkan tenaga sebesar 271 HP. Pilihan transmisinya terbatas pada transmisi manual empat percepatan dan transmisi otomatis tiga percepatan.

Ford Mustang 2020 memungkinkan para konsumennya untuk memilih pilihan transmisi otomatis dual clutch tujuh percepatan, transmisi otomatis sepuluh percepatan, atau transmisi manual enam percepatan. Bahkan mesin yang tampaknya spesifikasinya cukup rendah, yakni mesin empat silinder 2.3L Ecoboost yang menghasilkan 310 HP, masih memiliki 40 HP lebih banyak dibandingkan dengan versi originalnya. Tetapi, mobil ini juga menyediakan tiga jenis pilihan mesin delapan silinder.

 

  1. KEAMANAN

Mobil klasik memang sekilas terlihat cukup aman karena memiliki konstruksi baja yang solid. Tetapi sebenarnya hal ini adalah kebalikan dari apa yang sebenarnya terjadi jika terjadi kecelakaan pada mobil ini.

Misalnya saja crash test yang dilakukan di antara Chevrolet Bel Air keluaran tahun 1959, dan juga Chevrolet Malibu keluaran tahun 2009. and a 2009 Chevy Malibu. Kebanyakan mobil klasik tidak memiliki fitur keamanan sebaik mobil yang ada di zaman sekarang. Dari tes tersebut saja terlihat bahwa interior Bel Air benar-benar hancur, sementara pengendara Malibu hampir tidak tersentuh. Meskipun tes ini tidak bisa mewakilkan ketahanan mobil Ford Mustang secara utuh, tetapi hal ini menunjukan ketahanan kebanyakan mobil yang ada di zaman dulu.

Sementara itu, Ford Mustang 2020 telah terbukti mendapatkan hasil yang bagus dalam crash test. Pada mobil Ford Mustang 2020 ini juga menyediakan fitur pre-collision assist yang dilengkapi dengan automatic emergency braking, lane keeping assist, blind spot monitoring, dan adaptive cruise control.

Tetapi terlepas dari semua perbandingan yang ada, pertimbangan akan kembali pada pembeli masing-masing. Baik Ford Mustang 1960 maupun Ford Mustang 2020, kedua mobil tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

 

SAMPAIKAN KOMENTAR