Fakta Unik Tentang Produsen Mobil Bugatti
15
Apr
2020
2 Comment Share Likes 966 View

Tidak bisa dipungkiri bahwa Bugatti merupakan salah satu produsen yang namanya paling dihormari saat ini. Diluncurkannya Veyron pada tahun 2005 yang kini melegenda tampaknya menjadi sebuah rekor bagi Bugatti dan produsen mobil ini juga terus mengeluarkan model-model supercar barunya yang jauh lebih mutakhir.

Belum lama ini, dunia otomotif global dihebohkan dengan salah satu mobil buatan Bugatti, yakni Bugatti Chiron. Supercar yang satu ini memang dibuat untuk menunjukkan apa saja yang bisa dilakukan oleh sebuah supercar.

Tetapi perlu diketahui bahwa nama Bugatti ini tidak hanya terbatas pada dua contoh model mobil tersebut. Berdiri pada tahun 1909, produsen mobil yang satu ini memiliki sejarah yang menarik dan bisa dibilang cukup mengejutkan.

Berkat mobil-mobil buatannya yang berbeda dari yang lainnya, produsen mobil Bugatti berhasil merefleksikan kepribadian dari pendirinya, yakni ambisius dan luar biasa. Kali ini kita akan bahas lebih dalam mengenai beberapa fakta unik dari Bugatti yang belum banyak diketahui orang.

 

  1. BERAWAL DARI ITALIA, PERANCIS, DAN JERMAN

Ettore Bugatti, pendiri dari perusahaan asli Bugatti, mulai membuat mobil-mobilnya di Italia, mendapatkan hak patennya ketika dia mendaftarkan mobil Type 2 buatannya pada ajang Milan Trade Fair pada tahun 1901 silam. Mobil buatannya ini berhasil membuat kagum Baron Adrien de Turckheim dan membuat mereka menjalin sebuah kemitraan, hingga membuatnya mendesain mobil di Perancis. Bertahun-tahun kemudian, Bugatti meninggalkan kemitraan tersebut, dan kemudian pada tahun 1904, perusahaan ini dipindahkan ke Strasbourg, Jerman.

 

  1. LOGO ASLI BUGATTI

Identitas dari sebuah brand tentu saja tercermin dari logonya. Logo Bugatti didesain khusus untuk menampilkan kelebihan dan sisi elegan dari Bugatti. Logo ini terdiri atas tiga warna dasar. Merah melambangkan passion dan kegembiraan, putih untuk sisi elegan dan royal, hitam untuk keberanian dan keunggulan, dan kesan mewah pun ditambahkan dengan 60 mutiara di sekitar ovalnya, dipengaruhi oleh ayah Etorre Bugatti, Carlo Bugatti, yang merupakan ahli perhiasan terkenal.

 

  1. GRILLE KHAS BUGATTI

Selain memiliki passion dalam bidang otomotif, salah satu passion lain dari Ettore Bugatti adalah kuda. Memiliki, menaiki, dan bahkan mengembangbiakkan jenis kuda yang mahal, Bugatti bahkan mendesain harness dan pembuka pintu untuk kuda-kudanya. Kecintaanya terhadap kuda ini menimbulkan sebuah teori bahwa grille khas Bugatti yang kita kenal sekarang terinspirasi dari bentuk sepatu kuda. Padahal, Bugatti mengaku bahwa grille ini merupakan bentuk telur yang diusulkan ayahnya untuk mempercantik mobil-mobil buatannya.

 

  1. PESAWAT BUATAN BUGATTI

Meskipun Bugatti Veyron berhasil memecahkan rekor kecepatan, mobil ini masih tidak bisa menandingi Bugatti 100. Pada tahun 1938, Bugatti mulai membuat pesawat yang akan digunakan oleh seorang pembalap dalam ajang Deutsch de la Meurthe Cup. Dibuat dari kayu ringan dan ditenagai oleh mesin kembar Bugatti 50P, desain pesawat yang dibuat oleh Bugatti ini kemudian menerima beberapa hak paten atas desain mesin dan sayapnya.

 

  1. KERETA BUGATTI

Salah satu bukti dari kejeniusan seorang Ettore Bugatti adalah desain dari Railcar System yang sukses dibuatnya. Dimulai pada tahun 1933, ini merupakan sebuah peningkatan teknologi dari kereta-kereta uap yang umum digunakan pada masa itu. Sistem yang dibuat Bugatti ini sudah terbukti efisien, terlihat dari penggunaannya pada kereta-kereta yang beroperasi di French Transport Routes. Sistem ini juga, pada tahun 1934, membuat Bugatti mencetak Rail Speed Record.

 

  1. KAPAL SELAM BUGATTI

Konsep Bugatti yang belum pernah terealisasi adalah idenya membuat transportasi air yang mewah. Kendaraan air ini, menurut desain yang dibuat Bugatti, seharusnya memiliki delapan buah mesin yang menghasilkan tenaga sebesar dua kalilipat tenaga yang dihasilkan Bugatti Veyron, memungkinkan transportasi melalui jalur perairan atlantik bisa ditempuh dalam waktu 50 jam. Tetapi, pada tahun 2015, Bugatti bekerjasama dengan Palmer Johnson dalam sebuah proyek pembuatan yacht untuk menyamai Bugatti Chiron.

 

  1. DI BALIK NAMA MODEL MOBIL BUGATTI

Para pembalap yang memenangkan balapan dengan mobil Bugatti seperti Pierre Veyron dan Louis Chiron memiliki mobil terbaru dari Bugatti yang dinamai menggunakan nama mereka. Kedua mobil tersebut tentu saja adalah mobil Bugatti Veyron dan Chiron yang kita kenal sekarang. Selain itu, Alberto Divo juga memiliki salah satu versi mobil Chiron yang juga dinamai menggunakan namanya. Sebelum menggunakan nama-nama pembalap ini, Bugatti menamakan model mobilnya dengan urutan produksi, seperti Type 1, Type 10, Type 22.

 

  1. KEMBALINYA BUGATTI

Saat perusaan mobil Bugatti yang asli ditutup pada tahun 1952, banyak usaha yang dilakukan untuk mengembalikannya, salah satunya dilakukan oleh anak dari Ettore Bugatti, Roland Bugatti yang sayangnya tidak terwujud. Tetapi pada tahun 1990-an, seorang pebisnis asal Italia bernama Romano Artioli berhasil mengembalikan produksi EB 110 dan mengembalikan brand ini ke tempatnya semula.

Di antara salah satu usaha yang dilakukan untuk mengembalikan nama Bugatti, ada sebuah mobil yang disebut Type 101 sebuah model yang didesain oleh desainer mobil legendaris, Virgil Exner untuk menciptakan sebuah Bugatti yang lebih modern.

 

  1. SUPERCAR ORIGINAL BUGATTI

Sebelum Bugatti Veyron hadir di dunia otomotif, Bugatti EB 110 merupakan salah satu model mobil andalan Bugatti. Di antara supercar lain di masa kejayaannya, Bugatti yang satu ini berhasil membedakan dirinya dengan styling dan kecepatannya yang luar biasa. Meskipun berhasil mengangkat kembali nama Bugatti, mobil ini hanya berumur pendek, akibat dari resesi ekonomi yang terjadi pada masa yang sama.

Dengan harga 40 juta dolar US, mobil yang dimiliki oleh Fashion Designer terkenal, Ralph Lauren ini merupakan salah satu dari dua unit yang tersisa di dunia, membuatnya menjadi mobil yang tidak hanya paling mahal di dunia, tetapi juga salah satu yang paling langka.

 

  1. TETAP EKSKLUSIF, DULU DAN SEKARANG

Sifat eksklusif dan Bugatti memang tampaknya tidak bisa dipisahkan. Selama produksinya, mobil Bugatti Veyron hanya diproduksi sebanyak 450 unit. Kemudian untuk model mobil Bugatti Chiron produksinya juga dibatasi hanya sebaganyak 500 unit. Jika dibandingkan dengan mobil Ferrari LaFerrari dengan jumlah produksi lebih dari 700 unit, atau Lamborghini Aventador dengan 8.000 unit, mobil-mobil Bugatti memang memiliki kelasnya tersendiri berkat eksklusifitasnya ini, baik dulu maupun sekarang.

Sumber artikel dan foto : https://www.hotcars.com/15-surprising-facts-we-just-learned-about-bugatti/ (dengan pengubahan seperlunya)

 

SAMPAIKAN KOMENTAR